Aspal di Jalanan Rusia Mengeluarkan Bau Stroberi, Kenapa?

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 06 Jul 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Jalanan Aspal.
Perbesar
Ilustrasi Jalanan Aspal. (dok. Free-Photos/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Leningrad - Sebuah perusahaan di wilayah Leningrad Rusia baru-baru ini memasukkan sebagian kecil unsur aspal beraroma stroberi sebagai percobaan untuk membantu memecahkan masalah bau yang tidak sedap di jalanan.

Apakah Anda pernah mencium bau aspal panas ketika bagian jalan sedang dibangun atau diperbaiki, tetapi itu bukan bau yang paling menarik di dunia.

Untungnya, sekarang telah ada solusi agar masalah itu tidak bertahan lebih lama lagi, karena perusahaan mulai memberikan solusi untuk masalah tersebut.

Hanya beberapa bulan setelah sebuah perusahaan Polandia membuat aspal beraroma bunga untuk meningkatkan kondisi kerja bagi orang-orang yang bekerja dengannya setiap hari, sebuah perusahaan Rusia telah berhasil membangun jalan sepanjang 700 meter menggunakan aspal beraroma stroberi.

“Kontraktor datang dengan solusi ini, hal tersebut adalah inisiatif mereka sendiri,” kantor berita Rusia Interfax mengumumkan.

“Banyak orang tidak menyukai bau aspal yang terlalu panas, yang menyebar selama proses perbaikan, jadi mereka memutuskan untuk mencobanya.”

Dibangun pada tanggal 30 Juni 2022, di distrik Vsevolozhsk Leningrad, jalan aspal beraroma stroberi sepanjang 700 meter ini merupakan bagian dari proyek nasional Safe High-Quality Roads Rusia.

Sekitar 300 ton campuran aspal beraroma stroberi diproduksi untuk percobaan ini.

Tidak jelas seberapa sukses eksperimen itu sebenarnya, atau berapa lama aroma stroberi bertahan, tetapi kontraktor menyebutkan bahwa aroma stroberi tidak mempengaruhi kualitas aspal sama sekali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Seperti Apa Bau Semut?

Semut - Vania
Perbesar
Ilustrasi Semut/https://unsplash.com/Md_Jerry

Bicara bau, hal yang kerap jadi pertanyaan adalah semut. Menurut data, ada lebih dari 13.000 spesies semut.

Ketika Clint Penick, asisten profesor ekologi, evolusi, dan biologi organisme di Kennesaw State University di Georgia, memberi tahu orang-orang bahwa dia mempelajari makhluk ini, dia sering mendapat pertanyaan ini: "Semut merah atau semut hitam?". Demikian seperti dikutip dari laman Live Science, Minggu (20/2/2022).

Tetapi ada cara yang lebih berguna dan kreatif untuk membedakan spesies semut, kata Penick kepada Live Science. Salah satunya melalui bau.

"Jika saya menemukan spesies yang saya kenal, saya mungkin akan mengambilnya dan menghancurkannya," katanya.

"Baunya terkadang bisa membantu saya mempersempit dari kelompok semut mana itu berasal."


Jenis Bau Semut

Ilustrasi semut di rumah
Perbesar
Ilustrasi semut di rumah. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Tidak semua spesies semut cukup berbau sehingga hidung manusia dapat mendeteksi baunya. Beberapa dari mereka, aromanya mungkin ringan, dan beberapa hanya bisa tercium setelah dihancurkan, kata Penick. Namun, beberapa semut dapat tercium dari kejauhan jika mereka berada dalam koloni yang cukup besar.

Ada empat bau utama yang diketahui dikeluarkan semut. Yang pertama adalah citronella — dari semut citronella yang diberi nama tepat, juga dikenal sebagai semut kuning yang lebih besar ( Lasius interjectus ) dan semut kuning yang lebih kecil ( Lasius claviger ) — meskipun beberapa orang menggambarkan bau semut ini sebagai lemon.

"Bau serai wangi dianggap sebagai sesuatu yang mereka gunakan untuk mempertahankan diri atau membuat mereka tidak disukai pemangsa," kata Penick.

Bau semut perangkap rahang ( Odontomachus ) sama sekali tidak menyenangkan — baunya seperti cokelat. Semut pemangsa ini menghasilkan feromon alarm di kelenjar di kepala mereka untuk memberi tahu anggota koloni lainnya saat mereka dalam bahaya, dan mengeluarkan aroma seperti cokelat. Sayangnya, semut ini harus dihancurkan untuk dicium. 

Beberapa semut, termasuk semut kayu ( Formica) dan semut tukang kayu ( Camponotus ), memiliki bau yang berbeda yang mereka gunakan untuk pertahanan di tempat penyengat.

"Mereka bisa menghentikan beruang dengan asam format jika mereka semua berkumpul dan menyemprot," kata Penick.


Studi: Mencium Bau Badan Pasangan Dapat Menurunkan Stres

Mimpi Pacaran dengan Mantan
Perbesar
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Jonathan

Banyak perempuan suka mengambil pakaian dari pacar mereka dan menikmati baunya. Nah, jika Anda bukan penggemar mengenakan T-shirt pria Anda, maka Anda bisa mengendusnya.

Dan tindakan Anda tidak akan tampak aneh karena bau pasangan Anda adalah alat anti-stres yang sangat baik. Bagaimana mungkin? Berikut penjelasannya.

Penelitiannya

Penelitian ini melibatkan 96 wanita yang mengendus kemeja. Para pria diberikan terlebih dahulu dan diminta untuk memakainya selama 24 jam tanpa menggunakan deodoran, parfum, atau produk lain yang berbau. Mereka juga diminta untuk tidak makan apa pun yang dapat mengubah bau mereka dan tidak merokok.

Tiga Jenis Kemeja

Ada 3 jenis kemeja: satu dikenakan oleh pasangannya, satu dikenakan oleh orang lain, dan kemeja netral yang tidak dikenakan. Dan setiap wanita diberikan dan mengendus hanya satu dari mereka. Kemudian mereka menjalani tes yang meningkatkan stres mereka.

Yakni, wawancara kerja tiruan dan tugas mental. Mereka juga memberikan sampel air liur untuk mengukur tingkat kortisol (hormon stres) dalam tubuh mereka dan mereka ditanyai tentang bagaimana stres yang mereka rasakan.

Hasil penelitian

Hasilnya, ternyata wanita yang mengendus baju pasangannya mengalami lebih sedikit stres baik sebelum dan sesudah tes, dibandingkan mereka yang mengendus baju orang asing. Menariknya, terlepas dari peningkatan kortisol pada mereka yang mendapatkan baju orang asing itu, para wanita itu sendiri tidak mengatakan bahwa mereka merasa stres.

Pada saat yang sama, mereka yang mengenali bau pasangannya bahkan kurang stres. Ini memberi peneliti alasan untuk berpikir bahwa efek dari bau pacar Anda, bahkan saat dia tidak ada, akan lebih kuat jika Anda tahu bahwa pakaian atau barang itu miliknya.

Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP
Perbesar
Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya