Franck Kessie Resmi Tinggalkan AC Milan dan Kini Gabung di Barcelona

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 05 Jul 2022, 16:52 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 17:19 WIB
Foto: Menang di Giornata ke-19 Liga Italia, Duo Milan Sambut Liburan dengan Senyuman
Perbesar
Tak mendapatkan perlawanan sengit, AC Milan berhasil menuntaskan laga dengan skor 4-2. Dua gol Rossoneri diciptakan melalui Franck Kessie pada menit ke-12 dan ke-42. (LaPresse via AP/Marco Bucco)

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona telah mengkonfirmasi penandatanganan mantan gelandang AC Milan, Franck Kessie dengan status bebas transfer.

Dilansir dari laman Goal.com, Selasa (5/7/2022), Franck Kessie membangun reputasi sebagai salah satu gelandang top di Italia selama tiga tahun terakhir, membawa permainannya ke level berikutnya setelah pindah permanen ke Milan dari Atalanta pada 2019.

Spekulasi tentang masa depan pemain berusia 25 tahun itu telah berkobar saat ia mendekati beberapa bulan terakhir kontraknya di San Siro, dan Barca kini telah memenangkan perlombaan untuk mendapatkan tanda tangannya.

Sebelum bergabung dengan Barcelona, Kessie menyelesaikan tes medis sebelum menandatangani kontrak empat tahun di Camp Nou, dan sekarang akan bergabung dengan anggota lainnya untuk pra-musim.

Barca dilaporkan telah memberi pemain internasional Pantai Gading itu pendapatan senilai €6,5 juta (Rp 100 miliar) per tahun yang bisa meningkat berdasarkan add-on berbasis kinerja.

Barcelona telah mengkonfirmasi bahwa kontrak Kessie mencakup klausul pelepasan yang tinggi.

Setiap pelamar potensial harus membayar € 500 juta untuk menghadiahkan gelandang itu dari Blaugrana sebelum kontraknya berakhir pada 2026.

Dalam karirnya, Kessie mencetak 37 gol dan memberikan 16 assist dalam 223 penampilan untuk Milan, termasuk yang diperolehnya selama masa pinjaman dua tahun di San Siro.

Gelandang itu masuk dalam tim Serie A Tahun Ini untuk 2020-21, dan meninggalkan klub dengan membantu mereka mengangkat Scudetto pertama mereka dalam 11 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Profil Franck Kessie

Foto: AC Milan Menang Besar atas Lazio, Semifinal Copa Italia Bakal Dipanaskan dengan Derby della Madonnina
Perbesar
Franck Kessie sukses menambah keunggulan sekaligus gol penutup kemenangan 4-0 AC Milan pada menit ke-70. Ia sukses emanfaatkan kekacauan di kotak penalti Lazio usai Daniel Maldini melancarkan terndangan bebas. (AP/Antonio Calanni)

Kessie,  pemain kelahiran 19 Desember 1996, merupakan pemain sepak bola profesional Pantai Gading yang sebelumnya bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Serie A AC Milan dan tim nasional Pantai Gading.

Lahir di Ouragahio, Kessié memulai karirnya di Stella Club d'Adjamé, bergabung dengan tim muda mereka pada tahun 2010.

Pada tahun 2014, ia dipromosikan ke tim utama.

Dia memulai karirnya sebagai pemain bertahan sentral di tim muda Stella Club d'Adjamé, yang bermain di divisi pertama Pantai Gading, di mana dia juga melakukan debutnya di tim utama.

Dalam cetakan Yaya Touré dan Essien, ia bermain sebagai gelandang di musim pertamanya di Italia ketika dipinjamkan ke Cesena dari  Atalanta, mencetak empat gol berkat fisiknya dan kemampuannya di zona ofensif. 

Setelah kembali ke Atalanta, pada musim 2016/17, ia mencetak empat gol dalam tiga pertandingan pertama Serie A. Ia direkrut AC Milan pada  musim panas 2017 lalu.

Dalam empat musim ia telah memainkan hampir semua pertandingan, dengan setidaknya 34 pertandingan di setiap musim liga. Di penghujung musim 2020/21 ia telah mencapai total 184 penampilan dan 30 gol, setelah mencetak 14 gol di musim yang membawa Rossoneri kembali ke Liga Champions. 

Dia juga telah membuat 48 penampilan dan mencetak empat gol untuk Pantai Gading, memainkan dua Piala Afrika dan telah ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo 2020. 


Gaji di Barcelona

Foto: 5 Pemain Bintang dengan Label Gratisan yang Akan Tersedia Pada Musim Panas 2022
Perbesar
Franck Kessie banyak dikaitkan dengan kepindahannya ke Barcelona pada musim panas 2022 usai kontraknya yang akan habis di AC Milan. Musim ini, Pemain berusia 25 tahun itu telah tampil dalam 30 pertandingan di Liga Italia musim ini, dengan mencatatkan lima gol. (AFP/Alberto Pizzoli)

Kontrak Kessie di AC Milan berakhir pada Juni 2022, sementara kontrak terbarunya dengan Barca akan berjalan hingga Juni 2026.

Di Barca, ia akan menerima gaji tahunan sebesar 6,5 juta euro atau setara Rp 102,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.400). 

Jumlah gaji itu pun belum termasuk bonus yang nantinya diterima Kessie. Franck Kessie, yang bergabung ke AC Milan dari Atalanta dengan status pinjaman awal pada tahun 2017 telah membuat lebih dari 200 penampilan untuk pemimpin Serie A sejauh ini.

Dilansir dari laman Transfermarkt, nilai pasar Franck Kessie kini tercatat sebesar 45 juta euro atau Rp 711,7 miliar. 

Tak hanya Kessie, Barcelona juga dikabarkan sedang mentargetkan transfer lain untuk musim panas, dengan winger Leeds Raphinha yang menjadi salah satu incaran mereka. 

Namun, belum ada ada pembicaraan Barca-Leeds tentang transfer, tetapi pembicaraan telah dilakukan dengan agen pemain, Deco.

Infografis 3 gelandang Barcelona
Perbesar
Tiga gelandang terbaik Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya