Sukses

Israel Tembak Jatuh Drone Hizbullah yang Memata-matai Kilang Minyak Lepas Pantai

Pihak berwenang di Israel mengatakan mereka telah menembak jatuh tiga drone Hizbullah menuju salah satu rig gasnya di daerah Mediterania yang disengketakan.

Liputan6.com, Tel Aviv - Pihak berwenang di Israel mengatakan mereka telah menembak jatuh tiga drone Hizbullah menuju salah satu rig gasnya di daerah Mediterania yang disengketakan.

Pejabat militer mengatakan drone itu diluncurkan dari Lebanon dan ditembak jatuh oleh kombinasi jet tempur dan rudal yang dipasang di kapal.

Hizbullah mengonfirmasi telah meluncurkan drone tersebut dalam sebuah pernyataan singkat, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (3/7/2022).

Ketegangan telah meningkat antara Israel dan Lebanon atas kepemilikan ladang gas Karish.

Utusan energi AS Amos Hochstein sedang menengahi antara kedua negara untuk menyelesaikan perselisihan yang sudah berlangsung lama. Israel mengatakan bidang itu terletak di dalam zona ekonomi eksklusif yang diakui PBB, tetapi Lebanon juga telah mengklaim sebagian darinya.

Hizbullah mengatakan telah menargetkan rig itu sebagai bagian dari penerbangan pengintaian.

"Misi telah selesai dan pesan itu diterima," kata pernyataan itu.

Pekan lalu, pemimpin kelompok itu, Hassan Nasrallah, mengancam akan menggunakan kekuatan untuk mencegah Israel mengoperasikan rig tersebut.

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan kelompok Islamis itu "mencegah negara Lebanon mencapai kesepakatan mengenai perbatasan maritim, yang sangat penting bagi ekonomi dan kemakmuran negara Lebanon itu".

Serangan Hizbullah yang dilaporkan terjadi di tengah ketidakstabilan politik di Israel. Pada Hari Kamis anggota parlemen memilih untuk membubarkan parlemen dan mengadakan pemilihan kelima dalam empat tahun.

Pemungutan suara, yang datang setelah runtuhnya koalisi multi-partai mantan Perdana Menteri Naftali Bennett, menawarkan Benjamin Netanyahu, pemimpin oposisi sayap kanan, kesempatan untuk kembali berkuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perang Terselubung Israel-Iran, Operasi Intel Rahasia

Pria yang akan menjadi perdana menteri sementara Israel minggu depan telah melakukan perjalanan mendesak ke Turki di tengah kekhawatiran serangan terhadap turis Israel di sana oleh agen-agen Iran - karena perang bayangan yang sudah berlangsung lama antara musuh-musuh pahit menjadi lebih terbuka.

Selama bertahun-tahun, kedua belah pihak telah terlibat dalam tindakan klandestin terhadap satu sama lain, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (25/6/2022).

Israel melihat Iran, yang menyerukan penghapusannya, sebagai ancaman terbesarnya; Iran melihat Israel sebagai musuh yang berpihak pada Amerika Serikat dan benteng pertahanan melawan pertumbuhannya sebagai kekuatan regional.

Peristiwa berubah sangat dramatis pada tahun 2020, ketika para pemimpin Iran menyalahkan Israel atas pembunuhan ilmuwan nuklir topnya, Mohsen Fakhrizadeh, yang ditembak mati saat mengendarai mobil di jalan di luar Teheran, diduga dengan senapan mesin yang dikendalikan dari jarak jauh. 

3 dari 3 halaman

Israel Tidak Menyangkal

Israel tidak mengkonfirmasi atau menyangkal keterlibatan dalam kematian Fakhrizadeh, yang merupakan ilmuwan nuklir Iran kelima yang telah dibunuh sejak 2007. Namun The New York Times menjalankan laporan terperinci yang menggambarkan bagaimana Israel melakukannya.

Namun, mantan kepala Mossad itu kemudian mengungkapkan bahwa ilmuwan itu telah menjadi target "selama bertahun-tahun", menambahkan bahwa badan intelijen itu prihatin dengan pengetahuan ilmiahnya. Badan-badan intelijen Barat percaya Fakhrizadeh adalah kepala program rahasia untuk membangun hulu ledak nuklir.

Selama bulan-bulan berikutnya, ketika Joe Biden menjadi presiden AS dan berusaha untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir dengan Iran yang ditinggalkan oleh pendahulunya Donald Trump, Iran dan Israel tampaknya melanjutkan operasi rahasia satu sama lain.

Israel mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan dugaan rencana pembunuhan Iran; Iran membanggakan operasi drone di dalam Israel; kedua negara diduga saling menyerang kapal kargo masing-masing; dan Iran pekan lalu mengatakan Israel berada di balik serangan sabotase di situs nuklir bawah tanah. Hanya beberapa hari yang lalu, Iran mengatakan akan mengadili tiga orang dengan dugaan keterkaitan dengan Mossad, yang telah didakwa berencana membunuh ilmuwan nuklir Iran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.