Sukses

Pengakuan Sopir soal Temuan Puluhan Jasad Imigran dalam Truk di Texas

Tersangka pengemudi truk yang membawa 53 jasad imigran yang meninggal dalam perjalanan karena panas di Texas tidak tahu bahwa AC telah berhenti bekerja, kata seorang informan.

Liputan6.com, Texas - Tersangka pengemudi truk yang membawa 53 jasad imigran yang meninggal dalam perjalanan karena panas di Texas tidak tahu bahwa AC telah berhenti bekerja, kata seorang informan.

Menurut dokumen tuntutan yang diajukan di pengadilan federal, Homero Zamorano tidak mengetahui masalah ini, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (2/7/2022).

Para pejabat mengatakan dia ditemukan bersembunyi di dekat truk.

Orang Texas itu adalah salah satu dari empat orang yang didakwa dalam insiden perdagangan manusia paling mematikan dalam sejarah AS.

Beberapa anak yang ditemukan di truk masih dirawat di rumah sakit.

Zamorano (45) dan tersangka konspirator Christian Martínez (28) dituduh mengirim pesan teks satu sama lain tentang operasi penyelundupan baik sebelum dan sesudah truk ditemukan dalam suhu terik.

Seorang informan rahasia pemerintah yang bekerja untuk Imigrasi dan Penegakan Bea Cukai dan polisi Texas mengatakan kepada para pejabat bahwa keduanya telah berbicara setelah kematian dilaporkan.

Mr Martínez diduga mengatakan kepada informan, "Pengemudi tidak menyadari bahwa unit AC berhenti bekerja dan merupakan alasan mengapa orang-orang itu meninggal," menurut dokumen pengadilan.

Dokumen-dokumen itu menambahkan bahwa informan dan Mr Martínez berdiri dalam jarak beberapa meter satu sama lain ketika percakapan dengan pengemudi berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersembunyi di Semak-Semak

Zamorano ditemukan bersembunyi di semak-semak dekat truk. Para pejabat Meksiko mengatakan dia awalnya mencoba untuk menyerahkan dirinya sebagai salah satu yang selamat.

Dia ditangkap ketika foto-foto pengawasan menunjukkan dia mengemudikan truk melewati pos pemeriksaan Patroli Perbatasan AS di Laredo, Texas, pada hari Senin. Menurut seorang anggota kongres Texas, dia sangat menyukai metamfetamin ketika dia ditangkap.

Kedua pria itu menghadapi hukuman mati jika terbukti bersalah atas tuduhan penyelundupan dan konspirasi.

Dua pria lain yang dituduh terlibat, Juan Claudio D'Luna-Méndez dan Francisco D'Luna-Bilbao, telah didakwa dengan kepemilikan senjata api dan berada di AS secara ilegal. Keduanya adalah warga negara Meksiko.

Pihak berwenang Meksiko mengatakan total 67 migran berada di dalam truk, sementara jaksa penuntut di San Antonio telah menempatkan jumlahnya di angka 64.

Pada hari Jumat, kantor pemeriksa medis Bexar County mengatakan telah "secara meyakinkan mengidentifikasi" enam dari 53 korban dari insiden hari Senin.

Selain itu, 42 "identifikasi potensial" telah dibuat. Lima masih belum teridentifikasi.

Para korban sejauh ini termasuk 27 warga Meksiko, serta 14 warga Honduras, tujuh orang Guatemala dan dua orang Salvador.

 

3 dari 3 halaman

Jasad Pekerja Migran Ditemukan dalam Truk di Texas Bertambah Jadi 51

Puluhan jasad pekerja migran ditemukan di sebuah truk besar yang terbengkalai di San Antonio, Texas, Amerika Serikat pada Senin 27 Juni. Penemuan jasad-jasad ini menjadi kasus penyelundupan manusia paling mematikan dalam sejarah modern AS.

Korban tewas tragedi itu naik menjadi 51 pada Selasa 28 Juni sore, kata pejabat Bexar County pada konferensi pers, dan beberapa dari mereka yang meninggal kemungkinan adalah usia remaja, seperti dikutip dari laman NBC News, Rabu (29/6/2022).

Sebagian besar korban ditemukan tewas di trailer-traktor di Texas yang terik, kata para pejabat.

Sementara itu, kematian tiga pasien yang dirawat di Baptist Medical Center, di mana dua orang yang selamat masih dalam kondisi kritis, kata juru bicara rumah sakit Patti Tanner.

Enam belas orang, termasuk empat anak, awalnya dirawat di rumah sakit, kata Kepala Pemadam Kebakaran San Antonio Charles Hood. Tak satu pun dari anak-anak itu meninggal.

Korban tewas termasuk 39 laki-laki dan 12 perempuan, kata pejabat Bexar County pada konferensi pers sore. Tom Peine, asisten petugas informasi publik untuk kantor manajer wilayah, mengatakan mungkin beberapa orang belum mencapai usia dewasa.

“Potensinya ada di antara mereka yang berusia di bawah 18 tahun,” katanya. "Ini adalah orang-orang yang berpotensi di bawah 18 tahun - saya akan mengatakan dalam rentang usia remaja, bukan lebih muda."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.