Sukses

Benda Seni Indonesia Jadi Koleksi Baru di Museum Seni Riga Bourse Latvia

Museum Seni Riga Bourse di Latvia mendapatkan koleksi baru benda seni dari Indonesia.

Liputan6.com, Riga - Museum Seni Riga Bourse di Latvia mendapatkan koleksi baru benda seni dari Indonesia. Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyerahkan benda seni Indonesia berupa Keris, Songket Bali, Songket Palembang dan Gunungan kepada Direktur Jenderal Museum Seni Nasional Latvia, Māra Lāce untuk dipajang sebagai koleksi permanen pada pojok Indonesia di Museum Seni Riga Bourse.

Penyerahan koleksi permanen 'Gift of Indonesia' tersebut disaksikan Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, Kamapradipta Isnomo, anggota BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana, Irine Yusiana Roba Putri, Arkanata Akram, Direktur Museum Seni Riga Bourse, DR. Daiga Upeniece, dan Konsul Kehormatan RI untuk Republik Latvia, Valdis Tigalis.

Pada sambutannya, Fadli Zon menyampaikan, "Ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan kerja sama budaya dan people to people contact antara Indonesia dan Latvia. Saya berharap minat masyarakat Latvia untuk mempelajari budaya Indonesia semakin meningkat di tahun-tahun mendatang."

Dubes Kamapradipta, dalam keterangan tertulis KBRI Riga, Jumat (1/7/2022) menambahkan, "Museum adalah 'gerbang' yang efektif untuk mempelajari budaya dan peradaban suatu bangsa. Oleh karena itu, adanya koleksi permanen benda seni Indonesia yang dipajang di Museum Seni Riga Bourse dapat menjadi gerbang bagi masyarakat Latvia untuk mengetahui dan meningkatkan minat berkunjung ke Indonesia."

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Songket hingga Patung Garuda

Museum Seni Riga Bourse terletak di pusat kota Riga, Latvia dan memiliki berbagai koleksi benda seni dari Asia Timur dan Tenggara, termasuk Indonesia. Benda seni asal Indonesia yang sebelumnya telah dipajang antara lain kain Songket Palembang, Kain Tenun Sumba, wayang kulit, Patung Asmat, Topeng Bali dan patung garuda.

Kunjungan Delegasi BKSAP DPR RI merupakan bagian dari rangkaian kunjungan dalam menghadiri pertemuan On the Road Meeting of the OECD Global Parliamentary Network di Riga, Latvia, 30 Juni hingga 1 Juli 2022 yang diselenggarakan oleh Parlemen Latvia, Saeima.

Indonesia telah menjalin hubungan bilateral dengan Latvia sejak 1993. Latvia adalah mitra dagang terbesar Indonesia untuk kawasan Baltik sementara wisatawan Latvia yang berkunjung ke Indonesia tercatat sebagai wisman terbesar dari Baltik.

3 dari 3 halaman

Infografis Hari Museum Internasional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.