Sukses

Menimbang Kesuksesan Jokowi Jadi Juru Damai Ukraina-Rusia

Liputan6.com, Jakarta - Usai kunjungan yang dilakukan presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia, misi perdamaian tersebut mendapat sorotan berbagai pihak.

Ada yang menilai ini sukses, namun ada pula yang belum. Menurut Dosen HI dan Kajian Eropa Timur dari Universitas Airlangga, Radityo Dharmaputra kunjungan ini bisa dilihat dari dua sisi.

"Ada aspek suksesnya, tapi juga ada aspek gagalnya. Suksesnya terkait aktivisme Indonesia dan pelaksanaan politik luar negeri bebas-aktif. Selama ini kan hanya "bebas-nya" saja yang didorong, tapi sekarang juga telah mencoba berkontribusi aktif," ujar Radityo yang saat ini sedang menjadi peneliti doktoral di University of Tartu, Estonia saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

"Juga bagus untuk image pak Jokowi secara domestik maupun di antara negara-negara berkembang, karena sudah membawa isu pangan."

"Gagalnya lebih karena harapan yang terlalu tinggi dari masyarakat dan dari narasi pemerintah kita sendiri sebagai 'juru damai.' Belum ada arah pada perdamaian. Malah, ada banyak miskom yang terjadi kalau Indonesia mau memainkan peran sebagai juru damai."

Radityo memberi contoh misalnya, ucapan pak Jokowi soal dia membawa pesan dari Zelensky itu dikritik Jubir Zelensky, yang mengatakan bahwa semua pernyataan Zelensky akan disampaikan secara publik.

"Bahkan, ucapan Jokowi soal Putin yang memberi jaminan soal pangan dan pupuk itu juga tidak ada di pernyataan resmi Putin."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mungkinkah Gencatan Senjata Terjadi dengan Cepat di Ukraina dan Rusia?

Guna melanjutkan semangat dan pesan damai tersebut, Radityo menilai bahwa perlu melanjutkan dialog. Misalnya, mengundang langsung perwakilan Ukraina dan Rusia ke Jakarta untuk bertemu.

"Tapi sangat sulit dilakukan. Sepertinya memang fokusnya berhenti sampai 'upaya mendamaikan' kemarin saja," ujar Radityo.

Radityo juga menilai bahwa gencatan senjata sangat sulit dicapai. Bagi Ukraina, tidak ada gencatan senjata dan negosiasi kecuali Rusia mundur dari wilayah yang didudukinya.

"Apalagi setelah pembantaian di Bucha dan Kramatorsk serta serangan misil ke Mall di Kremenchuk," kata Radityo.

"Bagi Rusia, untuk apa gencatan senjata? Posisinya masih di atas angin saat ini, dan dia ingin dapat bargaining power lebih ketika nanti akhirnya ada negosiasi."

"Kalau yang ini, tidak bisa diselesaikan oleh Indonesia, karena bahkan Turki dan Israel saja tidak bisa, padahal mereka lebih dekat dengan Putin secara personal."

3 dari 4 halaman

Ucap Syukur Menlu Retno

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengucap syukur atas sukses dan kelancaran perjalanan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

"Alhamdulillah, perjalanan mendampingi presiden Jokowi dan ibu negara ke Kiev, Ukraina (29/6) berjalan lancar dan selamat," tulis Retno Marsudi dalam akun Instagramnya.

Setelah selesai membawa misi perdamaian ke kedua negara yang tengah berkonflik, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) Jumat (01/07/2022) sekitar pukul 02.15 waktu setempat.

Saat turun dari pesawat, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Menteri Energi dan Infrastruktur PEA Suhail Mohammed Al Mazroei, Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis beserta istri, Duta Besar PEA untuk Indonesia Abdullah Aldhaheri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Atase Pertahanan di KBRI Riyadh, Brigjen TNI Putut Witjaksono Hadi beserta istri.

Di Abu Dhabi, mengawali agendanya pada pagi hari nanti, Presiden Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan pebisnis dan investor PEA, demikian dikutip dari laman setkab.go.id.

Pada siang harinya, Presiden Jokowi dan Presiden PEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan diagendakan akan melaksanakan salat jumat berjemaah bersama sebelum keduanya melakukan pertemuan bilateral.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada sore hari nanti.

4 dari 4 halaman

Pengamat HI: Jokowi Sukses Bawa Misi Perdamaian Ukraina-Rusia

Misi perdamaian yang dibawa Presiden RI Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia disebut sukses. Hal ini disampaikan oleh Pengamat hubungan international sekaligus pendiri Synergy Policies, Dinna Prapto Raharja.

Menurut Dinna Prapto Raharja, sukses saat dilihat dari bagaimana Presiden Jokowi diterima oleh Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin.

"Ya, sukses dilihat dari penerimaan dari Zelensky dan Vladimir Putin yg aman, sangat positive dan penuh gesture hormat pada President Jokowi, kata Dinna saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

"Pesan damai tersampaikan, permintaan Indonesia soal pangan dan energi diterima. Kemungkinan besar kecuali ada dinamika lain dari G7, Ukraine dan Rusia akan hadir di G20 summit."

Dinna Prapto Raharja turut menyebut bahwa tugas Indonesia setelah pertemuan dengan pemimpin Ukraina dan Rusia adalah upaya untuk menciptkan kembali perdamaian dengan negara-negara di kawasan.

"Joko Widodo merapatkan barisan pendukung perdamaian dan multilateral approach to war di kawasan dan di tingkat global, termasuk dengan negara-negara non blok."

Dalam pernyataan pers-nya usai bertemu dengan Zelensky maupun Putin, Jokowi tidak menyebutkan permintaan soal gencatan senjata. Apakah gencatan senjata masih dari kata jauh?

Dinna Prapto Raharja menjawab bahwa tidak disebut pada media bukan berarti tidak diangkat.

"Dlm situasi saat ini, penuh ketegangan dan ketidakpastian, President Joko Widodo kemungkinan besar menghindar dari megaphone diplomacy (diplomasi yang mengungkap segala detil ke media demi menekan negara-negara lain) agar hasilnya lebih positif dan dialogue damai dibuka dahulu."

"Lagipula sumber masalahnya bukan Rusia vs Ukraine, ada masalah NATO, EU, US-NATO juga."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.