Sukses

Marcos Jr Puji Ayahnya dalam Pidato Pertama Sebagai Presiden Filipina

Marcos Jr memuji sang ayah dalam pidatonya setelah ia menjabat jadi presiden Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Ferdinand Marcos Jr telah menjanjikan pemerintahan yang akan memenuhi kebutuhan warga Filipina selama pidato pelantikannya, bahkan saat ia memberikan penghormatan kepada warisan ayah diktatornya, yang pemerintahannya ditandai dengan korupsi yang meluas dan pelanggaran hak.

Dilansir dari laman The Guardian, Kamis (30/6/2022), Marcos Jr, yang memulai masa jabatannya sebagai presiden Filipina pada hari Kamis, mengatakan dia akan meniru ayahnya.

"Saya pernah mengenal seorang pria yang melihat sedikit yang telah dicapai sejak kemerdekaan di negeri orang-orang dengan potensi pencapaian terbesar. Namun mereka miskin. Tapi dia menyelesaikannya. Terkadang dengan dukungan yang dibutuhkan, terkadang tanpa dukungan. Begitu juga dengan anaknya. Anda tidak akan mendapatkan alasan dari saya," kata Marcos Jr.

Ibunya, Imelda Marcos (92) yang pernah menyebut bahwa sudah menjadi takdir putranya untuk menjadi presiden, duduk beberapa meter darinya saat dia berbicara pada upacara publik di Museum Nasional di Manila.

Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr (64) memenangkan pemilihan bulan lalu dengan telak, 36 tahun setelah ayahnya, yang memerintah selama lebih dari dua dekade, diusir dari Istana Malaka oleh pemberontakan rakyat.

Kemenangan pemilihan Marcos Jr dipicu oleh disinformasi yang tersebar luas di media sosial, mengagungkan kekuasaan ayahnya.

Ferdinand Marcos Jr mengatakan pada upacara itu bahwa dia tidak ada di sana untuk berbicara tentang masa lalu, tetapi merujuk pada ayahnya pada beberapa kesempatan. Dia akan menyembuhkan perpecahan, katanya, dengan menyatakan, "Perubahan yang kita cari akan menguntungkan semua dan tidak akan merugikan siapa pun."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dapat Dukungan

Pada Kamis pagi, saat pelantikan sedang berlangsung, para penyintas rezim ayahnya berkumpul untuk mengambil sumpah mereka sendiri “untuk menjaga dari tirani, kepalsuan, dan menginjak-injak hak dan kebebasan rakyat”.

Mereka berkumpul di Bantayog ng mga Bayani, sebuah monumen, museum dan pusat penelitian yang didedikasikan untuk ribuan orang yang dipenjara, disiksa atau dibunuh selama pemerintahan Marcos Sr. Marcos Jr telah meremehkan atau menyangkal pelanggaran semacam itu.

Marcos Jr menggantikan Rodrigo Duterte, yang tetap populer di dalam negeri tetapi telah menarik kecaman internasional atas aksi "perang melawan narkoba".

Sebanyak 30.000 orang tewas akibat pembunuhan ekstra-yudisial yang terkait dengan kampanye tersebut, menurut perkiraan yang dikutip oleh pengadilan pidana internasional, yang sedang menyelidiki masalah tersebut.

3 dari 3 halaman

Didampingi Sara Duterte

Dalam pidatonya, Marcos Jr memuji Duterte karena membangun infrastruktur, tetapi juga mengakui “kekurangan dalam tanggapan COVID-19”, yang dia janjikan untuk diperbaiki.

Analis telah mengomentari dinamika yang rumit antara kedua pemimpin.

Marcos Jr menjabat bersama dengan putri presiden Sara Duterte, yang sekarang menjadi wakil presiden – pengaturan yang tidak menyenangkan Rodrigo Duterte, yang ingin putrinya berkampanye untuk jabatan puncak.

Duterte tahun lalu menyebut Marcos Jr sebagai "anak manja" dan "pemimpin yang lemah" dan menyiratkan bahwa dia menggunakan kokain. Namun, Marcos Jr memiliki kekuatan untuk memblokir jaksa ICC memasuki Filipina untuk menyelidiki Duterte.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.