Pertemuan Presiden Jokowi dan Volodymyr Zelenskyy di Ukraina Jadi Sorotan Media Asing

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 30 Jun 2022, 09:14 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 09:39 WIB
FOTO: Presiden Jokowi Disambut Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersalaman dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kiri) saat disambut setibanya di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Presiden Jokowi tiba sekitar pukul 15.00 waktu setempat. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022), pukul 15.00 waktu setempat. Jokowi disambut langsung oleh Presiden Zelenskyy di pintu masuk Istana.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama. Jokowi dan Presiden Zelenskyy kemudian melakukan pertemuan tete-a-tete.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan pertemuannya dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy pun menjadi sorotan media asing. 

Media Reuters mengangkat isu ini dalam artikelnya yang berjudul: "Indonesian president offers to take message from Ukraine's leader to Putin."

"Presiden Indonesia Joko Widodo menawarkan pada hari Rabu untuk menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymr Zelenskiy kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk mencoba meningkatkan harapan perdamaian.

Tidak segera jelas bagaimana Zelenskiy menanggapi tawaran yang dibuat oleh Jokowi - panggilan akrab Presiden Widodo - selama pembicaraan di Kyiv atau apakah pemimpin Ukraina itu memiliki pesan yang ingin dia kirim ke Putin," tulis media tersebut. 

Selain itu, media Nikkei Asia juga ikut mengangkat isu ini dengan judul: "Indonesia's Jokowi offers to broker peace in meeting with Zelenskyy."

"Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo bertemu Volodymyr Zelenskyy di Kyiv pada Rabu, menawarkan untuk berperan sebagai perantara perdamaian antara pemimpin Ukraina dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Widodo tiba di ibukota Ukraina pada pagi hari dan diterima oleh Zelenskyy di Istana Mariinsky pada sore hari. Dia kembali ke Polandia tidak lama setelah pertemuan itu, dan diperkirakan akan berangkat Kamis ke Moskow, di mana dia dijadwalkan untuk bertemu dengan Putin," tulisnya. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Disorot Media Asing

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana telah menyelesaikan lawatannya di Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Rabu 29 Juni 2022 (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana telah menyelesaikan lawatannya di Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Rabu 29 Juni 2022 (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selain itu, media DW pun tak ketinggalan menyorot kunjungan Jokowi ke Ukraina dalam artikelnya yang berjudul: "Indonesia: Jokowi visits Ukraine and Russia amid global food crisis."

Seperti diketahui, Jokowi membawa misi khusus dalam kunjungannya Ukraina dan Rusia yakni, mengupayakan perdamaian kedua negara yang berkonflik tersebut. Jokowi dijadwalkan akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky.

Jokowi menyampaikan dirinya akan mengajak Presiden Ukraina Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian. Dia menilai perang harus segera dihentikan.

"Akan bertemu dengan Presiden Zelensky misinya adalah mengajak presiden Ukraina untuk membuka ruang dialog, dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi, Minggu 26 Juni 2022.


Selanjutnya Bakal Temui Vladimir Putin

Potret Kompak Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi Kenakan Sneaker Saat Lakukan Kunjungan ke Ukraina
Perbesar
Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Ukraina, ia pun tampil kompak dengan Ibu Iriana (instagram/jokowi)

Setelah dari Ukraina, Jokowi akan melanjutkan misi perdamaian dengan melakukan kunjungan ke Rusia.

Nantinya, dia akan menemui Presiden Vladimir Putin dengan misi yang sama dibawanya ke negara sebelumnya.

"Dari Ukraina saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, sekali lagi dengan misi yang sama. Saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," jelas dia.

Infografis Pengamanan Ekstra Ketat Jokowi Saat Kunjungi Ukraina-Rusia
Perbesar
Infografis Pengamanan Ekstra Ketat Jokowi Saat Kunjungi Ukraina-Rusia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya