Pesawat Ruang Angkasa China Berhasil Peroleh Gambar Planet Mars

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 29 Jun 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Planet Mars
Perbesar
Ilustrasi Planet Mars (Aynur Zakirov/Pixabay).

Liputan6.com, Beijing - Sebuah pesawat ruang angkasa China tanpa awak telah memperoleh data citra yang mencakup seluruh Mars, termasuk visual dari kutub selatannya, setelah mengelilingi planet itu lebih dari 1.300 kali sejak awal tahun lalu, media pemerintah melaporkan pada Rabu (29 Juni).

Tianwen-1 China berhasil mencapai Planet Merah pada Februari 2021 dalam misi perdana negara tersebut di sana. Sebuah robot rover telah dikerahkan di permukaan saat pengorbit mengamati planet dari luar angkasa. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (29/6/2022). 

Di antara gambar yang diambil dari luar angkasa adalah foto kutub selatan Mars pertama China, di mana hampir semua sumber air planet ini terkunci.

Pada tahun 2018, sebuah penyelidikan yang mengorbit yang dioperasikan oleh Badan Antariksa Eropa telah menemukan air di bawah es kutub selatan planet tersebut.

Menemukan air di bawah permukaan adalah kunci untuk menentukan potensi planet untuk kehidupan, serta menyediakan sumber daya permanen untuk setiap eksplorasi manusia di sana.

Gambar Tianwen-1 lainnya termasuk foto ngarai Valles Marineris sepanjang 4.000 m, dan kawah dataran tinggi di utara Mars yang dikenal sebagai Arabia Terra.

Tianwen-1 juga mengirimkan kembali citra resolusi tinggi dari tepi kawah Maunder yang luas, serta pemandangan Ascraeus Mons setinggi 18.000 m, gunung berapi perisai besar yang pertama kali terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa NASA Mariner 9 lebih dari lima dekade lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Teknologi untuk Manusia Bernapas di Mars

Planet Mars (NASA).
Perbesar
Planet Mars (NASA).

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA/National Aeronautics and Space Administration) baru saja menyetujui studi beberapa konsep teknologi futuristik, termasuk yang bisa membuat manusia bernapas di Mars.

Proyek-proyek eksplorasi masa depan tersebut merupakan bagian dari program NASA Innovative Advanced Concepts.

NASA telah menyetujui pendanaan untuk studi tahap awal pada berbagai jenis teknologi futuristik, termasuk pakaian luar angkasa baru dan pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk menjelajahi planet luar.

Salah satu teknologi paling menarik yang disetujui NASA untuk pendanaan tahap awal adalah portable O2 generation untuk membuat udara di Mars ramah manusia.

"Misi NASA untuk menjelajahi alam semesta membutuhkan teknologi baru dan cara baru dalam melakukan sesuatu," kata Jim Reuter, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Teknologi Luar Angkasa NASA.

Ia menambahkan mempelajari ide-ide kreatif adalah langkah pertama untuk mengubah fiksi ilmiah menjadi fakta ilmiah. Demikian sebagaimana dilansir BGR, Selasa (8/3/2022).

Pada dasarnya, oksigen generator ini bisa menjadi stasioner dan portabel. Saat diatur, itu akan menggunakan proses yang disebut penyerapan/desorpsi ayunan termal (TSSD/thermal swing sorption/desorption) untuk menghasilkan oksigen dari atmosfer Mars.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya