Tokyo Alami Gelombang Panas Terparah Sejak Tahun 1875

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 29 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 14:00 WIB
Tokyo Alami Cuaca Panas 27 Derajat Celcius
Perbesar
Orang-orang berjalan di atas penyeberangan pejalan kaki di bawah terik matahari di Tokyo, Senin (30/5/2022). Cuaca panas pada hari Senin telah ditetapkan dengan suhu naik lebih dari 27 derajat Celcius (80,6 derajat Fahrenheit) di Tokyo, menurut Badan Meteorologi Jepang. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Liputan6.com, Tokyo - Jepang mengalami suhu terik untuk hari keempat berturut-turut pada Selasa (28 Juni), karena panas ibu kota memecahkan rekor selama 150 tahun untuk bulan Juni dan pihak berwenang memperingatkan pasokan listrik tetap cukup ketat untuk meningkatkan momok pemotongan.

Suhu tertinggi 36 derajat celcius diprediksi terjadi di Tokyo pada hari Selasa, setelah tiga hari berturut-turut suhu mencapai 35 derajat Celcius - rentetan cuaca panas terburuk pada bulan Juni sejak pencatatan dimulai pada tahun 1875. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (28/6/2022). 

Kasus rawat inap akibat sengatan panas meningkat di pagi hari, dengan banyak orang di ibu kota terus melanggar saran pemerintah dengan terus memakai masker wajah di luar ruangan - warisan lebih dari dua tahun pandemi COVID-19.

Untuk hari kedua, pihak berwenang meminta konsumen di wilayah Tokyo untuk menghemat listrik guna menghindari pemadaman listrik yang mengancam. Gelombang panas datang kurang dari dua minggu sebelum pemilihan nasional di mana lonjakan harga - termasuk listrik - dinilai menjadi perhatian utama bagi pemilih dalam jajak pendapat yang menunjukkan peringkat persetujuan pemerintah tergelincir.

Hingga pukul 9 pagi waktu setempat, 13 orang telah dibawa ke rumah sakit dengan dugaan serangan panas, kata Fuji News Network. Setidaknya dua orang diyakini telah meninggal karena sengatan panas, kata media, mendorong pihak berwenang untuk memoderasi seruan mereka untuk penghematan listrik.

"Tampaknya ada beberapa orang tua yang mematikan AC mereka karena kami meminta orang untuk menghemat energi, tapi tolong - ini panas - jangan ragu untuk mendinginkannya," kata menteri perdagangan dan industri Koichi Hagiuda dalam konferensi pers.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penghematan Energi

Tokyo Alami Cuaca Panas 27 Derajat Celcius
Perbesar
Orang-orang berjalan di bawah terik matahari di Tokyo, Senin (30/5/2022). Cuaca panas pada hari Senin telah ditetapkan dengan suhu naik lebih dari 27 derajat Celcius (80,6 derajat Fahrenheit) di Tokyo, menurut Badan Meteorologi Jepang. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Pemerintah memperingatkan pada hari Senin bahwa kapasitas pembangkit cadangan bisa turun di bawah 5 persen pada Selasa sore, mendekati minimal 3 persen yang menjamin pasokan yang stabil, di Tokyo dan delapan prefektur sekitarnya. Kapasitas cadangan di bawah 3 persen berisiko kekurangan listrik dan pemadaman.

Kantor-kantor pemerintah pada hari Senin - termasuk Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) - mematikan beberapa lampu di sore dan malam hari, dengan METI menghentikan penggunaan 25 persen lift di gedungnya.

Sekitar 21 persen responden survei Yahoo Jepang mengatakan menggunakan AC membantu mereka mengatasi panas, dengan tetap terhidrasi di slot teratas sebesar 53 persen. Hanya 12 persen mengatakan mereka telah berhenti memakai masker meskipun ada pedoman pemerintah bahwa mereka tidak perlu lagi dipakai di luar.

Meskipun diperkirakan akan berhasil dalam pemilihan 10 Juli untuk majelis tinggi parlemen, partai berkuasa Perdana Menteri Fumio Kishida menghadapi tantangan dari kenaikan harga, diperburuk oleh penurunan nilai yen yang membuat impor lebih mahal.

Persetujuan kabinet Kishida mencapai 50 persen dalam survei pemilih yang dilakukan oleh lembaga penyiaran publik NHK pada 24-26 Juni, turun dari 55 persen pekan lalu.

Infografis: Bumi Makin Panas, Ancaman Nyata Bagi Manusia (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
Infografis: Bumi Makin Panas, Ancaman Nyata Bagi Manusia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya