10 Bulan Tenggelam di Dasar Sungai, IPhone Milik Pria Inggris Masih Menyala

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 28 Jun 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 21:00 WIB
WhatsApp iPhone
Perbesar
Ilustrasi menggunakan WhatsApp di iPhone. Credits: pexels.com by Anton

Liputan6.com, London - Seorang pria yang kehilangan iPhone-nya 10 bulan lalu saat berkano di sungai di Inggris dan terkejut karena iPhone-nya dikembalikan dengan baik oleh seseorang yang melihatnya di dasar sungai yang sama.

Awal bulan ini, Miguel Pacheco sedang berkano bersama keluarganya di Sungai Wye, di Cinderford, Gloucestershire, ketika dia melihat sesuatu yang biru di air.

Ternyata itu adalah iPhone yang tertutup lumpur dan penuh air, tetapi alih-alih melemparkannya kembali, Pacheco memutuskan untuk membawanya dan melihat apakah masih berfungsi.

Kemungkinannya kecil, mengingat di mana telepon itu ditemukan, tetapi setelah menggunakan kompresor udara untuk mengeringkannya dan meletakkannya di lemari yang ditayangkan semalaman, Miguel Pacheco terkejut melihat ikon pengisian daya muncul di layar ketika dia mencolokkannya.

“Di pagi hari ketika saya mengisinya, saya tidak bisa mempercayainya,” kata Pacheco.

“Saya tidak berpikir itu bagus. Itu penuh dengan air.”

iPhone tidak hanya sedang mengisi daya, tetapi juga menyala, memperlihatkan foto seorang pria dan wanita sebagai screensaver, dengan tanggal 13 Agustus, yang ternyata adalah hari pemiliknya hilang di Sungai Rye yang sama.

Pacheco menceritakan kisahnya di media sosial, berbagi foto iPhone dengan foto yang diduga pemiliknya, dan tak lama kemudian, seseorang mengenalinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Posting ke Facebook

Ilustrasi Facebook - Media sosial
Perbesar
Ilustrasi Facebook - Media sosial (Foto: Unsplash.com/William Iven)

Setelah memposting foto di grup Facebook Cinder Noticeboard lokalnya, postingan itu dibagikan lebih dari 4.000 kali, dan mencapai teman orang-orang di screensaver, Owain Davis dan tunangannya Fiona Gardner, yang tinggal di Edinburgh, Skotlandia.

Ketika dia melihat telepon, Owain Davies tidak percaya. Lagi pula, dia merasa itu jatuh dari saku belakangnya selama kecelakaan kano lebih dari 10 bulan yang lalu dan mengira itu hilang selamanya.

Sekarang itu kembali dalam kepemilikannya dengan semua kenangan yang tersimpan di dalamnya utuh dan dalam kondisi kerja yang sempurna.

“Saya berada di kano dua orang dan pasangan saya mungkin seharusnya tidak berdiri, dan tentu saja kami jatuh,” kenang Davies.

“Ponsel itu ada di saku belakang saya dan begitu berada di dalam air, saya menyadari bahwa telepon itu hilang.”

Pemilik iPhone jelas terkesan dengan upaya Miguel Pacheco untuk mengeringkan telepon dan mencarinya di media sosial, mengakui bahwa jika itu dia, dia mungkin akan membuangnya ke tempat sampah terdekat.

“Saya tahu jika saya kehilangan ponsel saya, saya punya banyak foto anak-anak saya, saya tahu saya ingin itu kembali,” jelas Miguel.

Menariknya, ini bukan pertama kalinya iPhone yang jatuh ke air selama beberapa bulan diambil dalam kondisi berfungsi. Tahun lalu, kami menulis tentang iPhone 11 yang ditemukan di dasar danau setahun setelah dijatuhkan oleh pemiliknya. Itu masih berhasil.


Jika IPhone atau IPad Hilang, Lakukan Cara Ini untuk Menemukannya

Port Lightning iPhone
Perbesar
Port Lightning Port pada iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Punya perangkat ponsel pintar sama seperti punya tempat penyimpan rahasia atau data seluruh hidup Anda.

Mulai dari akun email, metode pembayaran, ID digital dan lain-lain.

Semua itu disimpan di iPhone Anda. Tapi itu juga bisa membuatnya lebih stres jika iPhone (atau perangkat Apple lainnya) hilang atau dicuri.

 

  

Jika aplikasi Find My Apple diaktifkan di perangkat, Anda harus memulai pencarian dengan menuju ke iCloud.com/Find dan memasukkan ID Apple atau membuka aplikasi Find My di perangkat Apple yang lain.

Jika perangkat yang hilang sedang online, Anda seharusnya dapat melihat lokasinya di peta. Namun, perangkat offline tidak akan muncul di peta, tetapi hanya akan muncul dengan tanda hilang.

Aktifkan fitur itu, dan Anda akan dapat mengatur pesan yang akan muncul di layar IPhone hilang, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (4/2/2022).

Anda dapat, misalnya mencantumkan nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi jika seseorang menemukan perangkat tersebut.

Seperti yang ditunjukkan MacRumors, Anda bahkan dapat menyebutkan hadiah untuk pengembaliannya ponsel jika dikembalikan dalam kondisi aman.

Setelah Anda mengaktifkan Mode Hilang, pilih "Beri tahu Saat Ditemukan."

Jika suatu saat perangkat Anda kembali online dan dapat mengirimkan lokasinya melalui 'Notify When Found', Anda akan menerima email.


Upaya Terakhir Melindungi Data Pribadi

Baru Melirik iPhone, Kenali Perbedaan iPhone 11, XR, dan XS
Perbesar
iPhone11. (Shutterstock/Framesira)

Mode Hilang juga menonaktifkan akses ke beberapa data pribadi yang mungkin Anda khawatirkan jika diakses oleh orang asing, seperti Apple Pay (termasuk Transit Ekspres) dan ID pribadi yang ada di Apple Wallet Anda.

Telepon masuk dan panggilan FaceTime masih dapat dijawab, tetapi pesan dan pemberitahuan lainnya tidak akan muncul.

Jika benar-benar putus asa untuk memulihkan iPhone, Anda juga dapat memilih layanan "Hapus Perangkat Ini" melalui Find My.

Itu akan sepenuhnya menghapus semua data dari ponsel yang hilang. Ini adalah upaya terakhir yang tidak dapat dibalik. Siapa pun dengan AppleCare+, perlindungan Pencurian dan Kehilangan dapat mengabaikan opsi ini dan mengajukan klaim di sini untuk mendapatkan telepon pengganti.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya