Bisakah Timnas Israel Bertanding di Piala Dunia U-20 Indonesia? Ini Jawaban Kemlu RI

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 26 Jun 2022, 15:05 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 15:32 WIB
Bendera Israel. (AFP Photo/Thomas Coex)
Perbesar
Bendera Israel berkibar di dekat Gerbang Jaffa di Kota Tua Yerusalem (20/3). Gerbang Jaffa adalah sebuah portal yang dibuat dari batu yang berada dalam deret tembok bersejarah Kota Lama Yerusalem. (AFP Photo/Thomas Coex)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional Sepak Bola Israel memastikan posisinya untuk maju ke putaran final Piala Dunia U-20 pada tahun 2023. Dengan demikian Israel akan bertanding di Indonesia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Ini menjadi kali pertama Israel sukses merebut tiket berlaga di putaran final Piala Dunia U-20. Kepastian lolosnya Israel ke Indonesia didapat pada Minggu (26/6/2022) dini hari WIB.

Menanggapi pemberitaan yang ramai diperbincangkan soal partisipasi Israel di Indonesia 2023 mendatang, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah menyebut bahwa keikutserataan Israel dimungkinkan.

"Untuk event internasional dan Indonesia sebagai tuan rumah (contohnya pertemuan IPU yg baru lalu), kesertaan dimungkinkan karena undangan berasal dari pihak ketiga/badan-badan internasional. Untuk event bola tersebut pengundang adalah FIFA," ujar Faizasyah dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Minggu (26/6/2022).

Sebelumnya, anggota parlemen Israel pernah hadir pada acara Inter-Parliamentary Union (IPU) yang diselenggarakan di Bali, Indonesia. Dua anggota dewan itu yaitu Avi Ditcher dari Partai Likud dan Nira Shpak dari Yesh Atid.

Pada konteks pertemuan IPU, Indonesia sebagai tuan rumah bisa memberikan visa ke delegasi Israel yang statusnya sebagai anggota IPU. Menanggapi itu Jubir Faizasyah menjawab; "presedennya demikian."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Israel Lolos Piala Dunia U-20

Ilustrasi Bendera Israel dan Yerusalem (AFP)
Perbesar
Ilustrasi Bendera Israel dan Yerusalem (AFP)

Israel lolos ke Indonesia setelah menjadi runner-up Grup B di Piala Eropa U-19 2022. Sebagai runner-up grup, Israel juga melaju ke semifinal Piala Eropa U-19 2022.

Pada laga terakhir Grup B, Israel sebenarnya kalah 0-1 dari Inggris lewat gol tunggal pemain berbakat Manchester City Liam Delap. Namun Israel tetap lolos berhak hasil di laga lainnya.

Serbia yang bisa menyalip Israel malah kalah 2-3 dari Austria. Di babak semifinal Piala Eropa U-19 2022, Israel akan bertemu dengan Prancis.

Lolosnya Israel sempat mengundang pertanyaan apakah akan diperbolehkan tanding di Indonesia. Pasalnya Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik.

Sebelumnya pernah kejadian atlet bulu tangkis Israel Misha Zilberman hampir gagal tanding di Kejuaraan Dunia 2015 yang berlangsung di Indonesia.

Saat itu Mischa kesulitan mendapatkan visa ke Indonesia. Misha akhirnya baru bisa datang di saat-saat akhir jelang pertandingan. Jadwal tandingnya diubah menjadi lebih awal dengan alasan keamanan.

 


Menpora

Menpora Zainudin Amali
Perbesar
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan meninjau sekaligus memberikan motivasi pemain timnas Indonesia U-19 untuk persiapan World Cup U-20 tahun 2023, Rabu (2/3) sore di Stadion Madya, Jakarta.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Dengan lolosnya Israel maka sudah ada lima negara yang dipastikan ikutan Piala Dunia U-20 2023. Selain Indonesia dan Israel, ada Prancis, Italia serta Inggris.Beberapa hari lalu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memberikan bocoran. Timnas U-20 Israel tetap akan diperbolehkan datang bertanding di Indonesia.

"Sudah kita bahas dari 2019 semua negara yang lolos jadi peserta FIFA World Cup U-20 2023 akan dipersilakan main," tutur Menpora Amali.

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik, karena itu FIFA sudah menyampaikan pada kita siapapun negara yang lolos itu harus bisa main di Indonesia. Jadi tidak ada masalah," lanjut Amali.

Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021
Perbesar
Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya