Sukses

Sekutu Presiden Rusia: London Jadi Target Pertama Jika Perang Ukraina Meluas di Eropa

Liputan6.com, Moskow - London akan menjadi target strategis NATO pertama yang dihantam rudal Rusia jika perang di Eropa meluas, sekutu dekat pra-serangan Vladimir Putin telah mengklaim.

Berbicara di TV pemerintah Rusia Andrey Gurulyov, seorang anggota parlemen yang duduk di komite pertahanan Moskow, menggambarkan invasi skala penuh terhadap anggota negara Baltik NATO.

Gurulyov, mantan komandan militer dan anggota partai Rusia Bersatu yang pro-Putin, mengatakan: "Kami akan menghancurkan seluruh kelompok satelit ruang angkasa musuh selama operasi udara pertama.

"Tidak ada yang akan peduli apakah mereka orang Amerika atau Inggris, kami akan melihat mereka semua sebagai NATO.

"Kedua, kami akan mengurangi seluruh sistem pertahanan anti-rudal, di mana saja dan 100 persen. Ketiga, kita tentu tidak akan mulai dari Warsawa, Paris atau Berlin. Yang pertama terkena adalah London.

"Sangat jelas bahwa ancaman terhadap dunia berasal dari Anglo-Saxon (Inggris)," demikian seperti dikutip dari the Independent, Sabtu (26/6/2022).

Dia mengatakan invasi adalah satu-satunya cara untuk mencegah Barat memblokade Kaliningrad - semi-eksklave Rusia antara Lithuania dan Polandia.

Gurulyov melanjutkan dengan mengatakan Eropa barat akan "terputus dari pasokan listrik", yang katanya juga akan dihancurkan, dan "tidak bergerak."

"Pada tahap ketiga, saya akan melihat apa yang akan dikatakan AS kepada Eropa Barat tentang melanjutkan perjuangan mereka dalam cuaca dingin, tanpa makanan dan listrik," lanjutnya. "Saya bertanya-tanya bagaimana mereka (AS) akan berhasil menyingkir."

"Ini adalah rencana kasarnya, dan saya sengaja meninggalkan momen-momen tertentu karena tidak akan dibahas di TV."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bulan Kelima Perang Ukraina

Ancaman sekutu Putin datang ketika perang Rusia memasuki bulan kelima, yang menyebabkan kekhawatiran 'kelelahan' atas konflik yang sedang berlangsung dan mematikan.

Pada hari Sabtu Boris Johnson memperingatkan tekanan akan tumbuh untuk memaksa Ukraina menuju "perdamaian yang buruk" karena tekanan ekonomi yang dipicu oleh konflik.

Ditanya di kediaman Komisaris Tinggi di Kigali apa yang dia maksud dengan kekhawatiran kelelahan Ukraina, Johnson berkata: "Saya tahu ini sulit. Saya tahu ini sulit di Inggris. Saya tahu biaya makanan telah naik. Semua orang melihat ini dan terlalu banyak negara mengatakan ini adalah perang Eropa yang tidak perlu.

"Ini adalah masalah ekonomi yang tidak kita butuhkan dan karenanya tekanan akan tumbuh untuk mendorong, memaksa mungkin Ukraina untuk perdamaian yang buruk.

"Saya pikir risikonya adalah bahwa orang akan gagal untuk melihat bahwa sangat penting untuk melawan agresi ... jika Putin lolos dari agresi di Ukraina, jika dia lolos dengan penaklukan telanjang atas wilayah orang lain, maka pembacaan untuk setiap negara di sini benar-benar dramatis.

"Runtuhnya sistem yang disengaja dan kegagalan untuk membela perbatasan internasional, mereka mendapatkan itu. Dan itu akan menjadi bencana ekonomi jangka panjang."

 

3 dari 3 halaman

Rusia Kecam Uni Eropa Gandeng Ukraina dan Moldova sebagai Anggota

Rusia pada Jumat (24/6) mengatakan keputusan para pemimpin Uni Eropa (EU) untuk memberikan status calon anggota EU kepada Ukraina dan Moldova akan menimbulkan konsekuensi negatif.

Rusia juga mengatakan pemberian status tersebut bisa berarti "memperbudak" negara-negara tetangga EU.

Juru bicara kementerian luar negeri Rusia Mariz Zakharova menyebut langkah EU tersebut sebagai upaya untuk merangsek ke lingkup pengaruh Rusia di Persemakmuran Negara-negara Independen (CIS), yang terdiri dari negara-negara bekas Soviet.

"Dengan memutuskan untuk memberikan status kandidat kepada Ukraina dan Moldova, Uni Eropa menegaskan terus secara aktif mengeksploitasi CIS pada tingkat geopolitik, menggunakannya untuk 'menahan; Rusia," katanya melalui pernyataan sebagaimana dikutip dari Reuters, dikutip dari Antara, Sabtu (25/6/2022).

"Mereka tidak memikirkan konsekuensi negatif yang timbul dari langkah seperti itu," ujarnya.

Dengan memperluas keanggotaan ke Ukraina dan Moldova --dua republik bekas Soviet, Zakharova mengatakan EU sedang mengorbankan ideologi demokratik melalui "ekspansi tak terkendali serta perbudakan politik dan ekonomi pada negara-negara tetangganya."

Proses yang dijalani sebuah negara untuk menjadi anggota Uni Eropa bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Kendati demikian, keputusan EU untuk menerima Ukraina dan Moldova sebagai calon anggotanya merupakan simbol niat kelompok negara Eropa tersebut untuk menjangkau lebih dalam ke bekas Uni Soviet.

Moskow mengatakan pihaknya perlu mengirimkan pasukan ke Ukraina, sebagian, untuk mencegah wilayah negara itu digunakan untuk menyerang Rusia.

Negara-negara Barat maupun pemerintah Ukraina mengatakan pernyataan Rusia itu merupakan alasan tak berdasar untuk membenarkan perampasan tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.