Sukses

Kiriman Pertama Panzerhaubitze 2000, Senjata Berat Paling Kuat Jerman Tiba di Ukraina

Pengiriman pertama senjata berat dari Jerman dilaporkan telah tiba di Ukraina untuk membantu melawan Rusia.

, Kiev - Pengiriman pertama howitzer Jerman dan senjata berat lainnya telah tiba di Ukraina pada Selasa 21 Juni 2022. Pemerintah di Berlin menerbitkan daftar lengkap bantuan militer yang dikirim atau dijanjikan ke Kiev.

"Pengiriman pertama senjata berat yang dijanjikan oleh pemerintah Jerman telah tiba di Ukraina", kata Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov pada hari Selasa seperti dikutip dari DW Indonesia, Kamis (23/6/2022).

Kedatangan senjata itu menjadi jawaban dari permintaan Kiev yang berulang kali mendorong bantuan senjata dan amunisi yang lebih baik untuk menahan serangan militer Rusia di Ukraina timur.

Panzerhaubitze 2000 akhirnya menjadi bagian dari gudang senjata Ukraina.

Artileri yang mampu bergerak sendiri, howitzer self-propelled, Panzerhaubitze 2000, adalah senjata berat kiriman pertama Jerman yang tiba di Ukraina. Pada bulan Mei, Berlin berjanji untuk mengirim tujuh sistem artileri, menambah lima howitzer yang dijanjikan oleh Belanda.

Panzerhaubitze 2000 adalah beberapa senjata artileri paling kuat dalam persediaan militer Jerman. Howitzer dapat mencapai target yang terletak hingga 40 kilometer jauhnya.

Reznikov memuji rekannya dari Jerman, Christine Lambrecht, dan Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren atas pengiriman tersebut.

"Panzerhaubitze 2000 akhirnya menjadi bagian dari persenjataan howitzer 155 mm artileri Ukraina," tulis Reznikov di Twitter.

Dia menyebut pengiriman itu sebagai "contoh kerja sama internasional dalam mendukung Ukraina."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Lagi yang Dikirim Jerman?

Ketika howitzer self-propelled tiba di Ukraina, pemerintah Jerman menerbitkan daftar lengkap senjata yang dikirim ke Ukraina untuk pertama kali. Pemerintah Jerman juga menyebut barang-barang yang dijanjikannya masih dalam pengaturan.

Selain pengiriman tujuh howitzer baru-baru ini, Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan telah mengirim 14.900 ranjau anti-tank, 500 rudal pertahanan udara STINGER, dan 2.700 rudal anti-pesawat.

Selain itu, Jerman telah memasok Ukraina dengan 16 juta butir amunisi untuk pistol, serta 100.000 granat tangan, untuk menyebutkan beberapa entri yang paling menonjol dalam daftar.

Di bawah pasokan itu, Jerman juga menyediakan bantuan berupa 175 kendaraan (termasuk truk, bus, dan kendaraan off-road), 23.000 helm tempur, 10.000 kantong tidur, 1.200 tempat tidur rumah sakit, dan 100 tenda.

Daftar kiriman pemerintah Jerman juga termasuk senjata dan amunisi yang dijanjikan Jerman ke Ukraina, tetapi sedang dalam proses pengiriman. Daftar senjata yang akan dikirimkan termasuk 30 tank Gepard (Cheetah) dan tiga peluncur roket ganda MARS II.

3 dari 4 halaman

Pengiriman Senjata Tuai Kritik

Invasi Rusia ke Ukraina pada akhir Februari mendorong seruan mendesak untuk bantuan militer.

Pemerintahan Kanselir Jerman Olaf Scholz telah membuat perubahan besar untuk mengirim senjata ke zona konflik, tetapi langkah itu dikritik karena tidak dilakukan lebih cepat. Berlin awalnya ragu-ragu untuk menjanjikan pengiriman senjata berat dan justru menawarkan untuk mengirim pasokan, seperti helm tempur.

Menyusul perubahan kebijakan pemerintah Jerman dan berjanji untuk mendukung Ukraina dengan sistem senjata yang lebih modern, Ukraina berulang kali mengeluh tentang jumlah waktu yang dibutuhkan untuk senjata tiba.

Pemerintah Jerman membela penundaan dengan mengatakan perlu memastikan bahwa pasukan Ukraina menerima pelatihan tentang sistem senjata baru dan bahwa protokol industri pertahanan perlu diubah secara radikal untuk mengakomodasi pengiriman.

Pemerintah Ukraina telah mengimbau sekutu Barat untuk mengirim lebih banyak senjata guna meningkatkan persenjataan era Sovietnya. Kiev mengatakan akan membutuhkan 1.000 howitzer, 500 tank, dan 1.000 drone untuk membantu mencegah pasukan Rusia.

4 dari 4 halaman

Scholz: Pengiriman Senjata adalah Keputusan yang Tepat

Scholz mengatakan kepada anggota jika Partai Sosial Demokrat (SPD) bahwa keputusan untuk memasok senjata Jerman ke Ukraina adalah keputusan yang tepat.

"Ini perlu sekarang," kata Scholz. "Itu adalah hal yang benar untuk diputuskan sekarang dan dalam situasi ini."

Dia juga mengatakan kepada anggota parlemen bahwa publik Jerman mendukung keputusan tersebut. Scholz menegaskan bahwa Rusia harus mengakhiri perang dan menekankan hak Ukraina untuk hidup. "Semua yang kami lakukan bertujuan untuk itu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.