Satu Anak Elon Musk Jadi Transgender, Ini Profil 7 Putra-Putri Lainnya

Oleh Tommy Kurnia pada 22 Jun 2022, 20:06 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 07:39 WIB
FOTO: Elon Musk Jadi Saksi Sidang Akuisisi SolarCity
Perbesar
Elon Musk berjalan dari pusat peradilan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Senin (12/7/2021). CEO Tesla tersebut menjadi saksi pertama dalam persidangan terkait masalah akuisisi SolarCity. (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Los Angeles - Bos Tesla Elon Musk kembali menjadi sorotan di media massa. Biasanya, ia diliput media karena ucapannya yang sensasional, seperti ketika memaksa karyawan Tesla untuk WFO, atau ketika ia ribut dengan pemimpin lembaga pangan PBB, namun kini ia disorot karena hal yang tidak disangka. 

Salah satu anak kembar Elon Musk menyatakan ingin menjadi perempuan. Ia pun ingin mengganti namanya dari Xavier menjadi Vivian. 

Vivian adalah satu dari delapan anak Elon Musk. Miliarder itu memang memiliki sepasang anak kembar dan juga anak kembar tiga. Mereka lahir dari program bayi tabung.

Berikut profil delapan anak Elon Musk seperti dilansir situs People.com, Rabu (22/6/2022):

- Nevada

Nevada Musk lahir pada 2002 dan merupakan putra sulung dari Elon Musk dan istri pertamanya: Justine Wilson. Ketika bayi, Nevada meninggal dunia secara mendadak karena sudden infant death syndrome (SIDS).

Justine berkata Nevada sedang tidur siang ketika ia berhenti bernapas dan dinyatakan brain dead. Selama tiga hari, bayi itu dirawat dengan alat bantu, kemudian di hari ketiga Nevada dan Elon memutuskan mencabut alat bantu tersebut. 

- Vivian dan Griffin

Beberapa tahun setelah kepergian Nevada, Elon dan Justin mengunjungi klinik bayi tabung, sebab Justine ingin kembali hamil.

Dan dari program tersebut lahirlah sepasang anak kembar laki-laki bernama Xavier dan Griffin. 

Pada 2022, Xavier yang menginjak usia 18 tahun meminta secara legal agar mengganti nama dan gender ke pengadilan. Ia mengaku tidak ingin lagi berhubungan dengan ayahnya. 

"Saya tidak ingin lagi hidup atau ingin terkait dengan ayah biologis saya dengan cara, bentuk, atau jenis apapun," tulis Vivian dalam petisinya ke pengadilan.

Posisi Elon Musk terhadap komunitas LGBT masih fluktuatif. Pada satu sisi, ia senang ketika perusahaannya dinyatakan sebagai tempat aman bagi komunitas LGBT. Di sisi lain ia diketahui sedang mendukung Partai Republik yang notabene tidak begitu ramah transgender.

Ia pun pernah menyindir komunitas transgender dengan berkata bahwa "pronoun" adalah hal yang menyebalkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kembar Tiga

Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool via AP, File)
Perbesar
Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool via AP, File)

- Kai, Saxon, dan Damian 

Justine Wilson kemudian memiliki tiga anak kembar (triplet) pada 2006 yang bernama Kai, Saxon, dan Damian. 

Beberapa foto lama yang beredar di dunia maya menampilkan Elon Musk sangat akrab dengan kelima putranya yang masih kecil. 

- X Æ A-Xii

Anak bungsu Elon Musk ini sempat viral di media sosial karena namanya. Ia merupakan putra dari Elon Musk dan musisi Kanada bernama Grimes. Usia Grimes 16 tahun lebih muda dari Elon.

Musisi bernama asli Claire Boucher itu menjelaskan bahwa anaknya dipanggil X (eks). Ia juga mengungkap makna nama anaknya. Æ terinspirasi dari Artificial Inteligence (AI). A-Xii merupakan cikal bakal dari pesawat favorit Elon dan Grimes, yakni SR-12. 

"Grimes berkata pesawat itu tidak memiliki kekuatan senjata atau pertahanan, melainkan hanya kecepatan. Hebat dalam pertempuran, tapi tidak membahayakan," ujar Grimes melalui Twitter. 

- Exa Dark Sideræl

Elon dan Grimes sebenarnya telah berpisah, namun mereka menyambut satu anak lagi melalui metode surrogate mother. Bayi perempuan itu juga punya nama unik, yakni Exa Dark Sideræl. 

Exa terinspirasi dari exaFLOPS yang merupakan supercomputer, Dark merepresentasi hal yang tidak diketahui, dan Sideræl adalah referensi ke kata sidereal dan Galadriel, sang Ratu Peri di Lord of the Rings.


Profil Xavier Alexander, Anak Elon Musk yang Ganti Nama Jadi Vivian

Elon Musk dalam Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)
Perbesar
Elon Musk dalam Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)

Sebelumnya dilaporkan, putri transgender Musk, Vivian, secara resmi mengajukan pergantian nama dan jenis kelaminnya ke pengadilan California, Amerika Serikat. Sebelumnya, dia dikenal dengan nama Xavier Alexander Musk.

Diketahui, permohonan ini sudah diajukan pada bulan April lalu, ketika dia berulang tahun ke-18. Namun, ini akhirnya bocor ke media hampir dua bulan kemudian.

Adapun, alasan perubahan dalam petisi yang dibagikan secara daring adalah: "Identitas gender dan fakta saya tidak lagi hidup dengan atau ingin berhubungan dengan ayah kandung saya dengan cara, atau bentuk apa pun."

Mengutip New York Post, Rabu (22/6/2022), remaja 18 tahun ini pun mengajukan pergantian namanya menjadi Vivian Jenna Wilson, mengambil nama belakang ibunya, karena "dia ingin diakui sebagai perempuan."

Sidang untuk permohonan ganti nama ini rencananya akan digelar pada hari Jumat mendatang waktu setempat.

Vivian Wilson, atau sebelumnya dikenal dengan nama Xavier Musk, lahir pada tahun 2004 dari pasangan Elon Musk dan Justine Wilson. Dia diketahui memiliki saudara kembar bernama Griffin Musk.

Keduanya sebenarnya juga memiliki kakak perempuan bernama Nevada Alexander Musk yang lahir di 2002. Namun, anak Elon Musk ini meninggal karena sindrom kematian bayi mendadak pada usia 10 pekan.


Kisah di Balik Nama Vivian Jenna Wilson

Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool Photo via AP, File)
Perbesar
Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool Photo via AP, File)

Elon Musk, salah satu orang terkaya di dunia sekaligus bos Tesla, kini sedang menjadi bahan pembicaraan. Belum lama ini, anak kandung Musk yang terlahir dengan nama Xavier Alexander, membuat publik terbelalak lantaran ia mengganti namanya menjadi Vivian Jenna Wilson.

Menurut Hollywood Life, Selasa (21/6), keputusan Xavier menjadi transgender bernama Vivian Jenna Wilson itu membuat Justine Wilson, ibu Vivian yang kini adalah mantan istri Elon Musk, bangga. Pasalnya, ada kisah sentimentil di balik penggunaan nama Vivian. Justine Wilson rupanya memiliki andil besar dalam pemilihan nama, melansir New York Post, baru-baru ini.

Penulis cerita fantasi asal Kanada yang kini berusia 49 tahun itu mengungkapkan bahwa sempat ada percakapan manis dengan salah satu anak kembarnya itu. Rupanya, Xavier memutuskan namanya diganti secara resmi menjadi Vivian agar ia bisa memutuskan hubungan dengan ayahnya. 

Melalui Twitter, Selasa (21/6/2022), Justine Wilson yang juga ibu lima orang anak dari Elon Musk, membeberkan percakapan kecil yang ia sebut disampaikan oleh salah satu anaknya.

"'Aku memiliki masa kecil yang aneh,' kata anak saya yang berusia 18 tahun kepada saya," kicau Justine Wilson menanggapi berita soal petisi ganti nama dan jenis kelamin Vivian yang beredar di dunia maya.

Sang ibunda mengaku bangga dengan keputusan anaknya. Justine mengatakan bahwa ia menyampaikan kabar itu kepada Xavier.

"'Aku sangat bangga padamu.' Dan anak itu menjawab, 'Aku bangga pada diriku sendiri!'" ujar Justine Wilson.

 

Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya