Sukses

Kebiasaan Main Handphone Sebelum Tidur? Ini Dampaknya untuk Tubuh Anda

Dampak kesehatan jika terbiasa main handphone atau gadget sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Anda kemungkinan besar pernah berjanji pada diri sendiri untuk tidur lebih awal namun pada akhirnya hanya berkutat dengan main gadget sebelum tidur.

Sulit untuk meninggalkan ponsel Anda di meja dan melupakannya sejenak, bahkan untuk beberapa jam.

Tetapi menggunakan ponsel Anda tepat sebelum tidur dapat memengaruhi kesehatan Anda lebih dari yang Anda sadari.

Dilansir dari laman Bright Side, Selasa (21/6/2022), berikut adalah sejumlah dampak jika Anda terbiasa main gadget sebelum tidur:

1. Menggangu Kesehatan Mata

Jika Anda pernah merasa seperti penglihatan Anda tiba-tiba kabur setelah Anda menghabiskan berjam-jam bermain dengan gadget Anda, Anda pasti tidak sendirian.

Saat Anda kelamaan menggunakan ponsel Anda, hal itu dapat menyebabkan kelelahan mata , juga dikenal sebagai mata lelah. Untuk melindungi mata Anda, coba turunkan kecerahan layar dan hindari menggunakan ponsel terlalu lama.

2. Mengganggu Waktu Tidur Anda

Ketika Anda akhirnya tidur di penghujung hari yang panjang, Anda mungkin tergoda untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk memeriksa pesan Anda atau membaca berita. Tapi kebiasaan ini tidak berbahaya seperti yang terlihat, dan menggunakan ponsel Anda mendekati waktu tidur mungkin membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak.

Cahaya biru dari ponsel Anda tidak hanya memengaruhi penglihatan Anda, tetapi juga dapat mengganggu siklus tidur Anda, yang pada gilirannya dapat menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menyebabkan Nyeri Leher

Jika Anda terbiasa dengan sensasi nyeri leher yang mengganggu, maka menggunakan ponsel di tempat tidur dapat memperburuk kondisi yang ada. Saat Anda memiringkan kepala ke depan untuk melihat layar, otot-otot di leher akan tegang, menyebabkan rasa sakit.

Jika Anda tidak bisa meninggalkan handphone sebelum tidur, coba menggenggamnya setinggi mata untuk menghindari ketegangan otot.

4. Kulit Menua Lebih Cepat

Anda mungkin menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit yang mahal, tetapi sesuatu yang sederhana seperti menggunakan ponsel di tempat tidur dapat merusak semua upaya Anda. Ketika Anda melihat ponsel Anda, itu menyebabkan Anda mengembangkan garis dan lipatan di leher Anda, yang pada gilirannya dapat membuat Anda terlihat tua sebelum waktunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.