Sukses

Presiden Zelensky Sebut Afrika Jadi Korban Sandera dari Perang Rusia-Ukraina

Presiden Volodymyr Zelenskyy menyebut bahwa Afrika jadi sandera dari perang antara Rusia dan Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebut Afrika sebagai "sandera" perang Rusia dalam pidatonya di Uni Afrika (AU), Senin (20/6).

Invasi Rusia, dan blokade ekspor biji-bijian Ukraina, telah memicu kekurangan biji-bijian dan pupuk dan menempatkan jutaan orang dalam bahaya kelaparan. Demikian seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (21/6/2022). 

Ketua komisi AU mengatakan ada "kebutuhan mendesak untuk dialog" untuk memulihkan stabilitas global.

Negara-negara Barat telah mendesak Rusia untuk melepaskan toko gandum besar Ukraina.

Blokade telah membuat harga pangan melonjak.

"Afrika sebenarnya adalah sandera... dari mereka yang melancarkan perang melawan negara kita", kata Zelensky dalam pidatonya.

Dia mengatakan pemerintahnya terlibat dalam "negosiasi rumit" untuk membuka blokir cadangan biji-bijian yang terperangkap di pelabuhan Laut Hitam Ukraina."Perang ini mungkin tampak sangat jauh bagi Anda dan negara Anda," katanya kepada AU.

"Tapi harga pangan yang melonjak drastis telah membawa [perang] ke rumah jutaan keluarga Afrika."

Pidato AU Zelensky datang hampir 10 minggu setelah dia pertama kali meminta untuk berbicara di badan kontinental itu.

Seperti diketahui ada 55 kepala negara diundang ke sesi virtual, tetapi hanya empat yang hadir. Sementara itu, negara-negara lain mengirim perwakilan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Afrika

Negara-negara Afrika terpecah dalam menanggapi perang Rusia di Ukraina. 

Pada bulan Maret, 17 negara Afrika abstain dalam pemungutan suara PBB untuk mengutuk invasi tersebut.

Tetapi pada hari Senin, ketua AU Macky Sall berterima kasih kepada Zelensky karena telah berbicara dengan serikat pekerja.

Sall mengatakan bahwa "Afrika tetap berkomitmen untuk menghormati aturan hukum internasional, resolusi damai konflik dan kebebasan perdagangan".

Awalnya, AU tidak ingin ditangani oleh Zelensky, dan tidak sepenuhnya setuju dengan apa yang dia katakan - mereka ingin dialog untuk menyelesaikan krisis, seperti yang selalu mereka lakukan.

3 dari 3 halaman

Dampak Perang

Awal bulan ini, Sall mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia mengatakan kepada Putin bahwa negara-negara Afrika adalah korban yang tidak bersalah dari perang di Ukraina dan Rusia harus membantu meringankan penderitaan mereka.

Sebelumnya pada hari Senin, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan tentang blokade Rusia: "Ini adalah kejahatan perang yang nyata, jadi saya tidak dapat membayangkan bahwa ini akan berlangsung lebih lama."

Borrell bertemu dengan para menteri luar negeri Uni Eropa di Luksemburg pada hari Senin untuk membahas krisis tersebut.

Dia menggambarkan tindakan Moskow sebagai "upaya yang disengaja untuk menciptakan kelaparan di dunia". 

Dia menolak klaim Rusia bahwa krisis pangan saat ini adalah akibat dari sanksi UE, menambahkan bahwa mereka "tidak melarang" negara-negara di luar UE melakukan perdagangan makanan dengan Rusia atau negara lain.

Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna mengatakan bahwa "Rusia harus berhenti bermain dengan kelaparan global" karena mencari pengaruh atas Barat.

"Membiarkan gandum diblokir berbahaya bagi stabilitas di dunia," katanya.

Kepala kantor perdana menteri Polandia, Michal Dworczyk, berbicara dengan menteri infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov tentang perubahan yang akan mempercepat pemeriksaan truk di perbatasan Polandia-Ukraina untuk membantu mengekspor lebih banyak gandum dari Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.