4 Rahasia Cara Tumbuhkan Rambut Sehat Secara Alami

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 20 Jun 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 20 Jun 2022, 21:00 WIB
Menguatkan Rambut dan Menyehatkan Kulit Kepala
Perbesar
Ilustrasi Rambut Sehat Terawat Credit: pexels.com/Pingo

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda ingin menumbuhkan rambut yang lebih tebal, lebih panjang, dan lebih sehat, prosesnya bisa terasa susah dan panjang.

Rata-rata, rambut tumbuh sekitar 0,5 inci per bulan. Itu setara dengan sekitar 6 inci pertumbuhan rambut setiap tahun.

Namun seringkali, pertumbuhan itu terasa minimal, terutama ketika kebanyakan orang kehilangan antara 50 dan 100 helai rambut setiap hari.

Dilansir dari laman Bright Side, Senin (20/6/2022), berikut adalah sejumlah cara alami untuk menumbuhkan rambut sehat:

1. Menggunakan Minyak Bawang

Orang dapat mengatakan bahwa bawang adalah bahan utama dasar di setiap dapur, tetapi bawang juga dapat membantu Anda mendapatkan rambut impian Anda.

Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk mengatakan apakah minyak bawang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan pasti, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak bawang mungkin perlu ditambahkan ke rutinitas perawatan rambut Anda.

Sebagai permulaan, Journal of Dermatology percaya bahwa mengoleskan minyak bawang ke kulit kepala dapat membantu pertumbuhan kembali rambut. Juga, satu penelitian menunjukkan bahwa orang dengan alopecia areata yang mengoleskan minyak bawang dua kali sehari ke kulit kepala mereka melihat pertumbuhan rambut setelah 2 minggu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Pijat Kulit Kepala

Ternyata, Banyak Khasiat Kecantikan dari Memijat Kulit Kepala
Perbesar
Ternyata, banyak khasiat kecantikan yang bisa didapat dari meminjat kulit kepala. Apa saja kira-kira?

Salah satu dari banyak cara untuk mempercepat proses pertumbuhan dan membuat rambut Anda lebih panjang dalam waktu singkat adalah dengan memijat kulit kepala Anda. Tujuan dari peretasan ini adalah untuk meregangkan sel-sel folikel rambut dan memicunya untuk menghasilkan rambut individu yang lebih tebal. Menurut sebuah studi tahun 2019 , hampir 69% peserta melaporkan bahwa alopecia mereka telah membaik berkat latihan yang gratis dan mudah ini.

3. Menggunakan Minyak Rosemary

Jika Anda menginginkan rambut tebal, kemungkinan besar Anda mencari produk dan bahan yang bermanfaat bagi kesehatan mereka secara keseluruhan. Masalahnya adalah bahwa ada produk yang tak ada habisnya, dan mengikuti tren perawatan rambut bisa sangat banyak dan bahkan berbahaya.

Salah satu tren yang didukung oleh ilmu pengetahuan adalah minyak rosemary. Faktanya, sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa minyak esensial rosemary sama efektifnya dengan minoxidil (obat yang digunakan untuk menyembuhkan rambut yang menipis).


4. Menyisir Rambut dengan Lembut

Malas Menyisir Rambut
Perbesar
Ilustrasi Menyisir Rambut Credit: pexels.com/Selena

Anda harus terlebih dahulu mengurai rambut Anda sebelum menatanya. Mengurai rambut di malam hari menjamin rambut tetap bebas kusut saat tidur dan membuat penataan rambut lebih mudah di pagi hari.

Untuk memastikan pengalaman bebas kerusakan, luangkan waktu Anda, menyisir dalam bagian-bagian kecil, melembabkan rambut Anda, gunakan sisir kayu bergigi lebar , dan mulai dari ujung sebelum bekerja ke atas.

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi
Perbesar
Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya