Pria di Australia Pecahkan Rekor Dunia Push-up 3.182 Kali dalam Sejam, Ada yang Mampu Saingi?

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 18 Jun 2022, 20:10 WIB
Diperbarui 18 Jun 2022, 20:10 WIB
Push up
Perbesar
Ilustrasi push up (Sumber: PIxabay)

Liputan6.com, Canberra - Seorang atlet Australia memecahkan Rekor Dunia Guinness keduanya dengan melakukan 3.182 push-up dalam satu jam.

Daniel Scali, yang sebelumnya memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk waktu terlama dalam posisi tersebut, demikian dikutip dari laman UPI, Sabtu (18/6/2022).

Secara resmi ia memecahkan rekor push-up paling banyak dalam satu jam (pria), Guinness mengumumkan.

Organisasi pemegang rekor mengatakan, Scali melakukan lebih dari 100 push-up lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya Jarrad Young, yang menyelesaikan 3.054 push-up dalam satu jam pada tahun 2021.

Scali mengatakan, dia harus mengatasi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sindrom nyeri regional yang kompleks, yang dia alami sejak lengannya patah pada usia 12 tahun.

"Otaknya mengirim pesan yang salah ke lengan saya, yang merupakan area yang terkena. Jadi apapun seperti sentuhan lembut, gerakan, angin atau air akan membuat saya sakit," kata Scali kepada Guinness.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Push Up Adalah Olahraga Melatih Otot Bisep dan Trisep

ilustrasi push up/unsplash
Perbesar
ilustrasi push up/unsplash

Push up adalah suatu jenis olahraga kekuatan yang berfungsi untuk melatih otot bisep maupun trisep. Push up adalah salah satu latihan sederhana yang bisa dilakukan di rumah tanpa memerlukan alat fitness yang mahal. Olahraga ini juga dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita.

Dengan kata lain,  push up adalah olahraga yang bermanfaat untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas. Fungsi push up adalah untuk melatih trisep, otot dada, dan bahu. Jika dilakukan dengan bentuk yang tepat, olahraga ini juga dapat memperkuat punggung bawah dengan menarik otot perut.

Meskipun terlihat sederhana, namun olahraga push up harus dilakukan dengan teknik yang banar, supaya bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Masih banyak orang, terutama para pemula, yang tanpa sadar melakukan kesalahan saat push up, sehingga gerakan tersebut menjadi tidak efektif, bahkan menyebabkan cedera.

Berikut ini penjelasan mengenai pengertian push up menurut para ahli beserta manfaat push up dan gerakannya yang benar yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber.


Pengertian Push Up Menurut Para Ahli

Push up
Perbesar
Push up

Secara sederhana, push up adalah latihan kekuatan otot. Namun ada perbedaan pendapat mengenai pengertian push up menurut para ahli berikut ini:

Collins English Dictionary

Push up adalah latihan untuk menguatkan otot lengan dan dada. Ini dilakukan dengan berbaring dengan wajah menghadap ke lantai dan mendorong dengan tangan untuk mengangkat tubuh hingga lengan lurus.

Merriam Webster

Push up adalah latihan pengkondisian yang dilakukan dalam posisi tengkurap dengan mengangkat dan menurunkan tubuh dengan meluruskan dan menekuk lengan sambil menjaga punggung tetap lurus dan menopang tubuh pada tangan dan kaki.

Cambridge Dictinary

Push up adalah latihan fisik di mana kita berbaring dengan wajah menghadap ke lantai dan mencoba mendorong tubuh dengan lengan sambil menjaga kaki dan punggung tetap lurus.


Manfaat Push Up Untuk Kebugaran Tubuh

Ingat Bocah Viral Push Up 4.000 Kali di Usia 7 Tahun? Ini 6 Potret Terbarunya
Perbesar
Potret terbaru Andrey, bocah yang sempat pecahkan rekor push up 4.000 kali. (Sumber: Instagram/andreykostash)

Berikut ini beberapa manfaat push up untuk kebugaran tubuh, yaitu:

1. Tingkatkan Kekuatan Fungsional melalui Aktivasi Seluruh Tubuh

Fungsi push up yang pertama adalah untuk meningkatkan kekuatan fungsional melalui aktivasi seluruh bagian tubuh. Saat menurunkan tubuh ke lantai, sensasi "terbakar" akan mulai meliputi otot karena banyaknya jumlah otot yang digunakan. Saat Anda melakukan latihan ini, secara harfiah setiap otot utama di tubuh terpanggil untuk melakukannya. Kelompok otot utama seperti bisep, otot inti, trisep, deltoid anterior, dan kelompok otot tubuh bagian bawah diaktifkan untuk menopang tubuh sekaligus menstabilkan gerakannya. 

2. Meregangkan Otot untuk Kesehatan dan Vitalitas

Fungsi push up yang lainnya adalah meregangkan otot untuk kesehatan dan vitalitas. Ini adalah salah satu manfaat push up yang sering diremehkan, yakni memberikan peregangan pada otot bisep dan punggung Anda. Saat menurunkan tubuh ke lantai, otot punggung akan teregang secara efektif, dan saat Anda mendorong tubuh ke posisi awal, bisep meregang penuh. Push up tidak hanya meningkatkan kelenturan tubuh, yang membantu mencegah cedera, tetapi otot yang diregangkan dengan baik menampilkan penampilan tubuh yang kokoh dan menarik.

3. Tingkatkan Sistem Kardiovaskular

Fungsi push up yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kardiovaskular tubuh. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, push up diklasifikasikan sebagai latihan gabungan karena membutuhkan banyak kelompok otot. Ketika tubuh secara bersamaan melibatkan kelompok otot besar, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengirimkan darah yang kaya oksigen ke jaringan otot. Pada akhirnya, aktivitas ini menghasilkan latihan kardiovaskular yang efektif, yang mendukung kesehatan jantung dan mendorong pengurangan lemak tubuh yang tersimpan.

4. Meningkatkan Otot Seluruh Tubuh

Fungsi push up yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kekuatan otot seluruh tubuh. Sepanjang gerakan push up, tubuh merekrut beragam otot utama dan menstabilkannya. Semakin banyak massa otot yang digunakan dalam latihan kekuatan, semakin besar produksi dan pelepasan hormon khusus yang disebut HGH, atau hormon pertumbuhan manusia.

Sebagai seorang pria atau wanita muda, tubuh Anda mengeluarkan konsentrasi besar dari hormon khusus ini untuk mendukung pertumbuhan alami seluruh tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, pelepasan alami HGH menurun, yang membuat pembentukan otot menjadi tugas yang menantang bagi orang dewasa yang lebih tua. Dengan memanggil berbagai macam otot, produksi HGH dipicu, yang pada akhirnya menyebabkan hipertrofi otot atau pertumbuhan otot. Untuk memaksimalkan fungsi push up, Anda harus memasukkan latihan ini ke dalam program olahraga reguler.

Infografis Ancaman Gelombang PHK Massal Akibat Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ancaman Gelombang PHK Massal Akibat Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya