Sukses

Ratusan Pengungsi Ukraina Jadi Tunawisma di Inggris

Pengungsi yang menyelamatkan diri dari Ukraina menjadi tunawisma di Inggris.

Liputan6.com, London - Ratusan keluarga Ukraina telah kehilangan tempat tinggal di Inggris setelah tiba dengan visa yang dirancang untuk mengamankan mereka tempat tinggal, angka resmi mengungkapkan.

Dilansir dari laman The Guardian, Jumat (17/6/2022), sejak akhir Februari, setidaknya 480 keluarga Ukraina dengan anak-anak dan 180 orang dewasa lajang telah mengajukan permohonan ke dewan untuk bantuan tunawisma.

Meskipun pemerintah bersikeras bahwa "Rumah untuk Ukraina" dan skema visa keluarga akan memastikan bahwa pengungsi memiliki perumahan, keduanya membuat para pengungsi berjuang ketika prosesnya gagal.

Data tersebut memperlihatkan celah yang sudah muncul dalam skema Rumah untuk Ukraina, dengan 145 penempatan telah berakhir dengan tunawisma pada 3 Juni. Dari jumlah tersebut, 90 berakhir karena pengaturan gagal dan 55 lainnya tidak pernah turun dengan benar karena akomodasi tidak tersedia atau tidak sesuai pada saat kedatangan.

Lauren Scott, direktur eksekutif Refugees at Home, mengatakan: “Kami frustrasi dan sedih tetapi tidak terkejut melihat penempatan mulai rusak. Mengharapkan pengungsi yang rentan dan trauma untuk mengandalkan niat baik orang asing yang mereka temui di Facebook selalu berisiko.

“Kami sangat membutuhkan rencana cadangan nasional gabungan untuk membantu keluarga yang penempatannya salah. Di seluruh negeri tidak ada pendekatan yang konsisten untuk mencocokkan tamu dengan tuan rumah baru, tidak ada cara standar bagi warga Ukraina untuk mengubah sponsor visa mereka, dan tidak ada mekanisme tunggal untuk memindahkan dana dari satu tuan rumah ke tuan rumah lainnya.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tunawisma

Banyak otoritas lokal memperlakukan keluarga Ukraina sebagai tunawisma daripada mencoba untuk mencocokkan mereka dengan tuan rumah baru, meninggalkan mereka di hostel dan hotel, seperti yang terjadi dengan pengungsi Afghanistan. Dari 145 penempatan Homes for Ukraina yang gagal , hanya 20 yang dicocokkan ulang dengan host baru.

Scott berkata: "Ini adalah situasi mimpi buruk - situasi yang sangat kami harapkan untuk dihindari."

Anna (37) melarikan diri dari Kiev bersama suaminya dan putra mereka yang berusia tiga tahun ketika perang pecah. Mereka datang ke Inggris pada akhir Maret setelah mencocokkan dengan keluarga empat yang tinggal di sebuah rumah besar di Northampton.

3 dari 4 halaman

Diperlakukan Berbeda

Setelah awalnya ramah, tuan rumah mereka menjadi kurang antusias dalam beberapa minggu. “Kami tidak mengerti apa yang terjadi karena mereka mengubah suasana hati mereka dengan sangat cepat,” kata Anna.

Anna dan keluarganya dipindahkan ke paviliun. Tuan rumah mengatakan dia menginginkan kunci untuk itu dan mereka setuju selama dia memperingatkan mereka sebelum masuk, tetapi tak lama kemudian dia menelepon dewan untuk mengatakan dia ingin menghentikan sponsornya.

“Mereka tidak menjelaskan apapun kepada kami,” kata Anna. 

“Mereka belum siap untuk berbagi rumah. Mereka berusaha menyingkirkan kita sesegera mungkin.”

Keluarganya ditempatkan di Travelodge selama beberapa hari oleh dewan, berbagi satu kamar tanpa fasilitas memasak. Mereka tidak tahu harus pergi ke mana. “Kami putus asa dan merasa tidak punya pilihan lain selain kembali ke Ukraina,” kata Anna.

Akhirnya, setelah mencari informasi di internet, mereka menemukan "Refugee at Home", yang membantu menempatkan mereka dengan keluarga lain.

4 dari 4 halaman

Kehilangan Rumah

Mereka masih terluka dari pengalaman. “Kami kehilangan rumah kami di Ukraina, dan ketika kami datang ke sini kami pikir kami aman, tetapi sebenarnya tidak dan kami kehilangan rumah untuk kedua kalinya.”

Skema visa keluarga, yang telah berjalan paling lama, menyumbang 455 aplikasi tunawisma. Dalam banyak kasus, keluarga yang putus asa untuk mengeluarkan kerabat mereka dari Ukraina mengajukan permohonan visa tetapi tidak pernah memiliki ruang bagi mereka untuk tinggal.

Kepala eksekutif Dewan Pengungsi, Enver Solomon, mengatakan: “Sangat mengkhawatirkan melihat keluarga Ukraina yang putus asa yang telah melarikan diri dari perang, mengalami trauma dan patah hati, tiba di sini, mempercayakan keselamatan mereka di tangan kita, dibiarkan jatuh ke dalam bahaya tunawisma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.