Sukses

Media China Klaim Pengobatan Tradisional Bantu Lawan COVID-19

Media pemerintah China menyebut bahwa pengobatan tradisional dapat membantu perjuangan global dalam melawan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Media pemerintah China, Xinhua mengklaim bahwa obat tradisional telah membantu perjuangan global dalam melawan COVID-19. Bahkan obat tradisional China disebut telah terbukti efektif mengobati pasien COVID-19.

"Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM), yang diperkenalkan dan digunakan secara luas dalam perang antipandemi global sejak awal COVID-19, terbukti sangat efektif," tulis Xinhua

Dilansir dari laman Xinhua, Kamis (16/6/2022), dalam laporan yang dirilis akhir Maret, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkonfirmasi bahwa obat tradisional china bermanfaat dalam pengobatan COVID-19, terutama kasus ringan hingga sedang.

Dari Asia hingga Afrika dan Eropa, semakin banyak dokter dan pasien yang mencoba TCM dan menikmati manfaatnya. Panggilan telah berkembang untuk mengintegrasikan TCM dan pengobatan Barat untuk meningkatkan pengejaran kesehatan manusia tanpa henti dan melawan penyakit seperti COVID-19.

Selama tahap awal pandemi COVID-19 di Zimbabwe, seperti di tempat lain di seluruh dunia, sedikit yang diketahui tentang virus ini dan kepanikan tidak jarang terjadi. Beberapa bulan setelah negara itu mengkonfirmasi kematian pertama terkait virus corona pada Maret 2020, tim medis Tiongkok tiba untuk membantu memerangi virus.

Di antara 12 anggota tim adalah Sun Shuang, seorang ahli TCM dalam penyakit pernapasan. Dia pergi ke negara Afrika dalam misi bantuan medis selama 498 hari. Sebagai satu-satunya dokter TCM dalam tim, Sun terutama bertanggung jawab atas pembangunan Pusat Pengobatan dan Akupunktur Tradisional Tiongkok Zimbabwe-China dan pekerjaan anti-pandemi.

"Saya telah merawat lebih dari 1.400 pasien COVID-19 secara total, online dan offline. Tingkat efektif keseluruhan pengobatan pengobatan tradisional Tiongkok dan Barat yang terintegrasi telah mencapai lebih dari 92 persen, jadi ini sangat meyakinkan Kementerian Kesehatan (Zimbabwe) dan publik," katanya kepada Xinhua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Obat COVID-19

Menurut Kementerian Luar Negeri Tiongkok, statistik yang tidak lengkap menunjukkan bahwa Tiongkok pada bulan April telah membagikan diagnosis dan pedoman pengobatan TCM dengan lebih dari 150 negara dan wilayah, menyediakan produk TCM ke lebih dari 10 negara dan wilayah yang membutuhkan, dan mengirim pakar TCM untuk membantu pengendalian epidemi di sekitar 30 negara dan wilayah.

Pada bulan Maret tahun lalu, Tiongkok mengadakan "Forum Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Kerjasama Internasional untuk Memerangi Pandemi COVID-19", di mana para pemimpin politik, pejabat pemerintah, perwakilan WHO, dan pakar dari 28 negara dan wilayah melakukan pertukaran mendalam melalui video.

Eddie Sanyama, seorang penduduk di Harare, ibu kota Zimbabwe, dan istrinya tertular COVID-19 pada Januari 2021. Saat gejala seperti sakit kepala, pilek, dan mual terjadi, mereka meminta bantuan TCM.

"Itu adalah kursus lima hari. Dan kemudian pada hari kedua, saya mulai merasa jauh lebih baik. Dan pada hari keempat, saya pulih sepenuhnya," kata Sanyama kepada Xinhua. 

"Saya merasa ini sangat efektif dan murah, dan saya akan merekomendasikan agar warga Zimbabwe dapat meminum obat ini. Saya pikir ini sangat efektif."

3 dari 4 halaman

Efektivitas

Ketika Mohammad Dawood, seorang desainer grafis di Kuwait City, ibu kota Kuwait, terinfeksi virus corona, ia menderita gejala seperti batuk kering dan demam.

"Seorang teman saya menyarankan saya dengan obat China dan itu memiliki efek yang besar dalam meredakan gejala dan menurunkan suhu," katanya kepada Xinhua.

Setelah pertemuan ahli yang diadakan oleh WHO tentang evaluasi efektivitas TCM dalam pengobatan COVID-19, laporan pertemuan diterbitkan pada bulan Maret, mencatat, "Ada data yang menjanjikan yang menunjukkan bahwa TCM bermanfaat dalam mengurangi risiko perkembangan dari penyakit ringan- kasus sedang hingga COVID-19 yang parah."

“Untuk kasus ringan hingga sedang, ada bukti yang menggembirakan bahwa TCM yang diteliti, ketika diberikan sebagai intervensi tambahan untuk pengobatan konvensional, dapat mempersingkat waktu untuk pembersihan virus, resolusi gejala klinis, dan lama rawat inap jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional. pengobatan saja," tambah laporan itu.

4 dari 4 halaman

Tradisi Tiongkok

Di Inggris, dengan sistem kesehatan yang didasarkan pada pengobatan Barat, TCM juga semakin populer. Chen Zanyu, presiden Federasi Praktisi Pengobatan Tradisional Tiongkok, mengatakan dia dan rekan-rekannya menjadi jauh lebih sibuk terutama sejak pandemi COVID-19 pecah.

COVID-19 pernah menyebabkan jantung berdebar pada Charles Bell, seorang pasien Inggris di London tenggara, dan itu seperti 10 atau 15 detik dua kali sehari. 

"Ramuan itu menenangkan dan membantu itu," katanya. 

"Dan herbal, mereka hanya membuat saya merasa lebih seimbang dan lebih mampu berfungsi."

Chen mengatakan kepada Xinhua bahwa mereka telah merawat ribuan pasien COVID-19 di Inggris. 

“Bahkan, mungkin tidak ada satu pun herbal yang sengaja membunuh atau menghilangkan virus itu sendiri,” katanya. 

"Tetapi hal yang baik tentang pendekatan China adalah kita mencoba untuk menyesuaikan kembali sistem kekebalan tubuh atau keseimbangan energi atau keseimbangan lima elemen (air, kayu, api, tanah atau logam) atau yin dan yang."

Itu seperti jika seseorang ingin menyingkirkan gulma, dia bisa menargetkan gulma, tetapi juga tanah di mana gulma tumbuh, Chen menjelaskan dengan analogi. 

"Jadi itulah kebijaksanaan Tiongkok yang telah kami praktikkan selama ribuan tahun."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.