Sukses

Indonesia Raih UN Population Award, Komitmen Bidang Populasi Kian Dimaksimalkan

Indonesia meraih award di bidang populasi PBB. Pada 13 Juni 2022 di New York, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), menerima United Nations on Population Award, oleh Komite UNPA dan UNFPA.

Liputan6.com, New York - Indonesia meraih award di bidang populasi PBB. Pada 13 Juni 2022 di New York, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), menerima United Nations on Population Award, oleh Komite UNPA dan UNFPA.

"Penghargaan diberikan kepada BKKBN, sebagai rekognisi atas kepemimpinan BKKBN di bidang populasi, termasuk di sektor kerja sama internasional, pemberdayaan pemuda, inisiatif kependudukan berbasis keagamaan (faith-based), stunting, serta pemberdayaan older persons," ujar PTRI New York seperti dikutip dari situs Kemlu RI, Kamis (15/6/2022).

"Population Award ​dari PBB merupakan bentuk kepercayaan komunitas internasional kepada Indonesia. Momentum ini harus dimaksimalkan untuk dorong kepemimpinan Indonesia di isu kependudukan dan populasi," ujar Wakil Tetap Indonesia untuk PBB di New York, Duta Besar Arrmanatha Nasir dalam pertemuan dengan, Prof. Rizal Damanik (Deputi bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN).

Dubes yang karib disapa Tata itu menyampaikan juga bahwa penghargaan ini merefleksikan besarnya harapan komunitas internasional atas kepemimpinan Indonesia. Lebih lanjut, ia menekankan ada banyak opportunity yang dapat dimanfaatkan guna mendukung kiprah Indonesia dalam isu kependudukan di tingkat internasional.

Termasuk di antaranya adalah Triangular Cooperation dan mekanisme Indonesia AID.

Menyambut pandangan tersebut, Prof. Rizal menyatakan komitmen BKKBN yang berupaya mendorong secara maksimal kerja sama internasional di bidang kependudukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepercayaan Atas Kepemimpinan Indonesia

Pada Awarding Ceremony, Direktur Eksekutif UNFPA, Natalia Kanem menyampaikan pandangan sejalan.

"Penghargaan kepada Indonesia menunjukkan kepercayaan negara-negara kepada kepemimpinan Indonesia dalam berbagai bidang terkait isu populasi. Salah satu yang paling utama adalah Kerja Sama Selatan-Selatan," ujar Natalia.

Natalia juga menyebut dukungan Indonesia untuk peningkatan kapasitas negara lain telah turut mendukung pemajuan isu populasi di negara-negara tersebut.

Dalam pidatonya saat Awarding Ceremony, Prof. Rizal menyatakan bahwa peran aktif Indonesia ini dapat terlaksana atas dukungan berbagai aktor di dalam negeri. Apresiasi disampaikan kepada Presiden RI, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, Perutusan Tetap RI di New York, dan pegiat isu populasi di BKKBN di lapangan.

UN Population Award merupakan penghargaan tahunan yang diserahkan UNFPA sebagai apresiasi terhadap kontribusi dan kinerja individu dan instansi dalam pemajuan isu populasi. Penentuan penerima UN Population Award dilaksanakan berdasarkan voting anggota Komite UNPA yang terdiri dari 7 negara, UNFPA, dan UN DESA.

Pada tahun 2022 BKKBN terpilih sebagai penerima UN Population Award dalam kategori institusi. Bersama BKKBN, dari kategori individu, terpilih Emma Theofelus Menteri Muda dan aktivis dalam isu Kesehatan reproduksi di Namibia.

3 dari 4 halaman

Indonesia Raih Penghargaan dari Ho Chi Minh City Berkat Program Penangangan COVID-19

Sebelumnya, atas bantuan kepedulian penangangan COVID-19, Indonesia menerima penghargaan dari Komite Rakyat Ho Chi Minh City. Pemberian penghargaan "Certificate of Merit" dilakukan pada Rabu 26 Januari 2022.

Pemberian "Certificate of Merit" dari pemerintah Ho Chi Minh City hanya untuk beberapa Konsulat Jenderal Asing yang dianggap telah memberikan kontribusi secara signifikan, dalam penanganan pandemi COVID-19 di Ho Chi Minh City pada tahun 2021.

Penghargaan ini merupakan hasil nyata dari kepedulian para WNI dan perusahaan Indonesia yang berada di HCMC untuk membantu sesama yang mengalami penderitaan.

Seperti diberitakan Kemlu RI, Kamis (3/2/2022), KJRI Ho Chi Minh City mempunyai program “Indonesia Peduli, Indonesia Berbagi” yang merupakan kerja sama dengan para WNI dan Perusahaan Indonesia yang melakukan rangkaian kegiatan dan kontribusi secara konkret kepada penanganan COVID-19.

Kegiatan pertama berupa penyerahan sumbangan beras sebesar 1 ton dari pengusaha Indonesia pada tanggal 20 Agustus 2021.

Kegiatan kedua adalah kegiatan donor darah yang diikuti para WNI pada tanggal 24 Agustus 2021.

Kegiatan ketiga berupa penyerahan uang tunai senilai VND 169.450.000 dan sejumlah produk Indonesia berupa mie instan, makanan kering dan produk olahan daging dengan total commercial value sebesar VND 177.192.427 pada tanggal 1 Oktober 2021 kepada Vietnam Fatherland Front Komite HCMC.

 

4 dari 4 halaman

Indonesia Raih Penghargaan Destinasi Pariwisata Terbaik di Belanda

Sebelumnya lagi, mengawali tahun 2019, Indonesia menerima penghargaan Reisgraag Award sebagai the Best Destination di Belanda yang merupakan penghargaan pertama yang diterima Indonesia sejak pertama kali diluncurkannya penghargaan tersebut pada tahun 2011.

Penghargaan tersebut diserahkan secara resmi pada Networking and Gathering Event Indonesia di hari pertama penyelenggaraan Pameran Pariwisata Vakantiebeurs 2019 di Utrecht, Belanda, demikian seperti dikutip dari KBRI Den Haag, Jumat (11/1/2019).

Pameran Vakantiebeurs 2019 merupakan pameran pariwisata terbesar di wilayah Benelux (Belgia, Netherland atau Belanda, dan Luxembourg atau Luksemburg), yang dikunjungi oleh calon-calon wisatawan yang datang bukan hanya dari negara-negara Benelux, namun juga dari negara-negara Eropa lainnya yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka sepanjang tahun 2019 dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata unik di berbagai belahan dunia.

Melalui Vakantiebeurs 2019, para pengunjung dapat memperoleh informasi terbaru mengenai travel trends, destinasi-destinasi liburan terbaru, dan juga tips-tips saat mengunjungi destinasi favorit mereka. Selain dihadiri ratusan ribu pengunjung, Vakantiebuers 2019 juga diliput oleh sekitar 100 media dari berbagai negara dan travel bloggers.

Pada pameran yang berlangsung tanggal 9-13 Januari 2019 di Jaarbeurs, Utrecht, kali ini, Kementerian Pariwisata RI menggandeng 21 industri pariwisata yang terdiri dari 11 travel agent/tour operator, 10 hotel/akomodasi, 2 organisasi kepariwisataan dan Garuda Indonesia.

Di Paviliun Wonderful Indonesia, pengunjung tidak hanya akan mendapatkan informasi seputar destinasi-destinasi wisata unik dan menarik di Indonesia, namun juga bisa menikmati beragam aktivitas, termasuk cultural performance untuk memberikan sajian tentang kekayaan budaya Indonesia dalam pertunjukan tarian, karnaval, musik, dan juga body painting dengan menggunakan henna serta pemutaran film di information screen yang mengajak pengunjung untuk mengeksplorasi keindahan alam, kesenian dan kerajinan yang unik, musik yang khas, kekayaan gastronomi, dan destinasi wisata di Indonesia.

Tak lupa Paviliun Indonesia juga menyajikan hospitality corner yang merupakan representasi keramahan masyarakat Indonesia dengan sajian makanan khas, kopi, dan minuman tradisional lainnya yang dibagikan cuma-cuma sebagai mini experience yang kental suasana Indonesia.

Paviliun Wonderful Indonesia dibuka dengan menyelenggarakan kegiatan Networking and Gathering oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja didampingi oleh Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional IV/Eropa Kementerian Pariwisata RI, Agustini Rahayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.