Sukses

Pertama Kali ke Timur Tengah, Joe Biden Bakal Temui Pangeran MBS

Presiden AS Joe Biden akan mengunjungi Timur Tengah dan menemui Pangeran Mohammed Bin Salman.

Liputan6.com, Jakarta Gedung Putih telah mengkonfirmasi rincian perjalanan pertama Presiden AS Joe Biden ke Timur Tengah, termasuk pemberhentian kontroversial di Arab Saudi dan pertemuan yang diharapkan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Pemerintahan Biden pada hari Selasa mengumumkan bahwa perjalanan tersebut, yang sebelumnya telah dilaporkan oleh media AS, akan berlangsung antara 13 dan 16 Juli. Biden juga akan mengunjungi Israel dan Tepi Barat yang diduduki. Demikian seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Rabu (15/6/2022). 

Perhentian di Arab Saudi – dan khususnya pertemuan dengan MBS – mewakili perubahan wajah bagi Biden, yang sebagai kandidat mengatakan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, yang kemudian secara langsung dihubungkan oleh intelijen AS dengan putra mahkota, menjadikan kerajaan itu “pariah ”.

Khashoggi dibunuh dan dimutilasi oleh sekelompok agen Saudi di dalam konsulat negara itu di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Pejabat Saudi awalnya mengklaim Khashoggi telah meninggalkan gedung, tetapi di tengah tekanan publik, kemudian mengakui bahwa dia terbunuh di sana.

Pada 2019, penyelidikan PBB menyimpulkan bahwa pembunuhan Khashoggi adalah "eksekusi di luar hukum yang direncanakan".

Namun Riyadh bersikeras bahwa pembunuhan itu dilakukan oleh agen jahat tanpa persetujuan pejabat tinggi, termasuk putra mahkota. MBS dengan keras membantah memerintahkan atau memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pembunuhan itu. Kerajaan juga menangkap dan mengadili beberapa warga atas insiden tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan AS

Selama kunjungannya pada bulan Juli, Biden secara luas diharapkan untuk mencoba mengamankan peningkatan produksi minyak Saudi, karena pemerintahannya berjuang untuk menjinakkan biaya bahan bakar yang melonjak – didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina – dan inflasi di dalam negeri yang diproyeksikan akan merugikan Partai Demokratnya. dalam pemilihan kongres paruh waktu mendatang.

Dalam sebuah pernyataan, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan bahwa saat berada di Jeddah, Biden akan menghadiri pertemuan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) plus Mesir, Irak, dan Yordania.

Dengan kepemimpinan Saudi, presiden AS akan “membahas berbagai masalah bilateral, regional, dan global”, kata Jean-Pierre, termasuk untuk melanjutkan gencatan senjata yang dimediasi PBB dalam pertempuran di Yaman, di mana Riyadh telah memimpin koalisi memerangi pemberontak Houthi sejak 2015.

3 dari 4 halaman

Perluasan Kerja Sama

Biden “juga akan membahas cara untuk memperluas kerja sama ekonomi dan keamanan regional, termasuk inisiatif infrastruktur dan iklim yang baru dan menjanjikan, serta mencegah ancaman dari Iran, memajukan hak asasi manusia, dan memastikan energi global dan ketahanan pangan,” katanya.

Jean-Pierre kemudian mengkonfirmasi komentar dari seorang pejabat senior AS yang mengatakan kepada wartawan bahwa Biden akan bertemu MBS selama kunjungan tersebut.

"Ya, kita bisa mengharapkan presiden untuk melihat putra mahkota," katanya.

4 dari 4 halaman

Bahas Soal Hak Asasi Manusia

Gedung Putih sebelumnya telah mengindikasikan setelah intelijen AS secara langsung mengaitkan MBS dengan pembunuhan Khashoggi bahwa Biden tidak akan berurusan dengan MBS secara langsung, seperti yang telah dilakukan pendahulunya Donald Trump. Sebaliknya, Gedung Putih mengatakan tahun lalu bahwa presiden AS hanya akan terlibat langsung dengan rekannya, Raja Salman.

Pejabat AS, yang telah berbicara kepada wartawan dengan syarat anonim sebelum pengumuman, menolak bahwa Biden mundur dari prinsipnya dalam perjalanan mendatang.

“Kebijakan AS menuntut kalibrasi ulang hubungan” setelah pembunuhan Khashoggi, “bukan perpecahan,” kata pejabat itu.

Pejabat itu menambahkan bahwa “tidak ada keraguan” bahwa hak asasi manusia akan menjadi bagian dari diskusi Biden selama perjalanannya, tetapi sumber itu menekankan pentingnya aliansi dengan Riyadh.

“Arab Saudi telah menjadi mitra strategis Amerika Serikat selama delapan dekade,” kata pejabat itu. “Dan kami berbagi sejumlah kepentingan dengan Arab Saudi, mulai dari menahan Iran, hingga kontraterorisme, hingga membantu melindungi wilayahnya di mana, yang terpenting, 70.000 orang Amerika tinggal dan bekerja.”

Ketika ditanya selama wawancara di MSNBC pada hari Selasa apakah Biden akan membahas pembunuhan Khashoggi dengan MBS, pejabat Dewan Keamanan Nasional John Kirby menolak untuk membahas secara spesifik, tetapi mengatakan “hak asasi manusia selalu menjadi agenda ketika kami bertemu dengan rekan-rekan di seluruh dunia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.