Sukses

Terima Kasih Guru Penemu Jasad Eril Anak Ridwan Kamil dari Netizen Instagram Indonesia

Akun Instagram Geraldine Beldi, mendapat banyak ucapan terima kasih dari netizen Indonesia, karena telah menemukan jasad Eril anak Ridwan Kamil.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Eril anak Ridwan Kamil ditemukan di sekitar bendung Engehalde oleh guru SD bernama Geraldine Beldi, Rabu 8 Juni 2022 pagi waktu setempat.

Ridwan Kamil mengabarkan ini lewat akun Instagram terverifikasinya, Jumat 10 Juni 2022 malam waktu Indonesia, sembari mengunggah momen pertemuannya dengan Geraldine Beldi, baru-baru ini.

Pantauan Liputan6.com di akun Instagram Geraldine Beldi, pada Selasa (14/6/2022), banyak netizen Indonesia yang mengucapkan terima kasih kepadanya telah menemukan jenazah Eril.

"Thank You & Danke 🙏🙏🙏 from people of west java province. 🇮🇩🙏🤝🙏🇨🇭," tulis salah satu netizen Indonesia dari akun abahabyanainayya.

Ucapan terima kasih kepada Geraldine Beldi disematkan pada satu-satunya unggahan di akun Instagram tersebut, yakni video singkat tentang anak berpakaian tebal berwarna pink yang menyertakan hashtag #dankbar #winterwonderland #happy.

Akun Instagram Geraldine Beldi disebutkan sejumlah media telah mengunggah 10 kali. Ia memiliki 3.393 pengikut dan sebanyak 334 akun yang ia ikuti. Di bagian profil tertulis keterangan Switzerland, Nature, dan tagar #forgiveness.

Sejumlah akun dengan nama sang guru penemu jasad Eril Ridwan Kamil juga terpantau muncul di Instagram. Termasuk menyertakan unggahan dengan Ridwan Kamil.

Kendati demikian, tak sedikit pula netizen Indonesia yang turut mengucapkan terima kasih kepada sosok Geraldine Beldi di akun-akun yang banyak bermunculan tersebut.

Cerita Penemuan Jasad Eril

Mendapati jasad Eril, Geraldine Beldi mengontak kepolisian. Tim forensik melakukan identifikasi dan uji DNA. Hasilnya, jasad tersebut terkonfirmasi sebagai Eril, putra sulung Ridwan Kamil.

“Mohon Carikan ibu guru itu, itu arahan saya ke tim di Bern. ‘Saya berkewajiban menghaturkan terima kasih, sebelum pulang ke Tanah Air,’” tulis Ridwan Kamil dalam unggahan terbarunya semalam.

Dengan sabar, Ridwan Kamil dan tim menanti Geraldine Beldi selesai mengajar sekitar pukul 11 waktu setempat. Pertemuan yang dinanti pun terjadi. Ridwan Kamil tak henti berterima kasih.

“Kami warga Kota Bern, tahu semua tentang berita Eril. Dan saya pun punya 2 anak. Jadi saya tiap jalan kaki, selalu melihat ke arah sungai Aare. Dan ternyata saya yang menemukannya. Turut berduka cita ya Pak,” ucap Geraldine dikutip Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat ini sadar, selamanya berutang budi pada Geraldine Beldi. Karenanya, ia membuat sebuah janji yakni memfasilitasi Geraldine Beldi andai ingin berlibur ke Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemakaman Eril Anak Ridwan Kamil Mencuri Perhatian Media Asing

Senin 13 Juni 2022 jenazah Eril atau Emmeril Kahn Mumtadz dimakamkan di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kabupaten Bandung. Sebanyak 186 porsonel gabungan yang berasal dari TNI Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP ikut dikerahkan dalam proses pemakaman Eril.

Pemakaman Eril Anak Ridwan Kamil tak hanya jadi sorotan warga Tanah Air khususnya Bandung dan Jakarta, ternyata juga sejumlah media asing.

Media tetangga Singapura, Straits Times, memuat kabar pemakaman Eril melalui tulisan bertajuk "Indonesians mourn governor's son found dead in Swiss river".

"Puluhan ribu orang memenuhi jalan-jalan di kota Bandung pada Senin (13 Juni) untuk mendoakan putra seorang gubernur, yang ditemukan meninggal di sungai Swiss pekan lalu setelah pencarian yang jadi sorotan di Indonesia," tulis media tersebut yang dimuat Senin (13/6/2022).

Media dari Negeri Jiran Malaysia, New Straits Times dan Malaysia Now, juga memuatnya dengan judul serupa. Menyebut kerumunan besar-besaran berkumpul pada hari Senin di Bandung, ibu kota Jawa Barat, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada putra politikus menjelang siaran pemakaman Eril di televisi nasional, di mana pelayat yang menangis terlihat melambaikan tangan kepada keluarganya saat mereka melakukan perjalanan ke pemakaman di samping jenazah almarhum.

Sementara itu, situs Coconut.co dari Coconuts Media yang berbasis di Hong Kong, memuat kabar pemakaman Eril Ridwan Kamil dengan judul "We will meet again’: Ridwan Kamil’s family accepts loss of Eril".

Media dari Amerika Serikat juga ikut serta mengulas isu tersebut. Situs Barron's memuat tulisan dengan judul Indonesians Mourn Governor's Son Found Dead In Swiss River, mengutip kantor berita Prancis Agence France-Presse (AFP).

3 dari 4 halaman

HomeShowBizSelebritis Atalia Praratya Sebut Pemakaman Eril Anak Ridwan Kamil Paripurna, Diantar Jutaan Doa dari Pelosok Negeri

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril anak Ridwan Kamil dikebumikan di pemakaman keluarga daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022).

Lautan manusia mengantar anak Ridwan Kamil ke peristirahatan terakhir. Lantunan doa mengiringi kepergiannya. Menyaksikan ini, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, terharu.

Selasa 14 Juni pagi, istri Gubernur Jawa Barat mengunggah video dokumentasi pemakaman Eril dilatari lagu Shanna Sannon berjudul “Rela” di akun Instagram terverifikasinya.

Menyertai unggahan ini, Atalia Praratya menyebut proses pemakaman sang putra sulung ditunaikan secara paripurna. Ada banyak hikmah di balik tragedi yang menimpa Eril.

“Alhamdulillah hak a Eril sudah kita tunaikan secara paripurna. Diantar jutaan doa dari berbagai pelosok negeri. Masya Allah banyak hikmah dalam kejadian ini,” tulis Atalia Praratya.

Dalam video tampak masyarakat menyaksikan iring-iringan mobil jenazah. Mereka mengabadikan momen ini dari pinggir jalan hingga jembatan layang. Tak sedikit yang melambaikan tangan sebagai salam perpisahan buat Eril.

4 dari 4 halaman

Lukisan Eril yang Dibawa ke Pemakaman Ternyata Karya Zara Putri Ridwan Kamil

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, anak Ridwan Kamil yang karib disapa Eril, telah dimakamkan di Islamic Center, Cimaung, Banjaran pada Senin siang, 13 Juni 2022.

Selama proses pemakaman Eril, sang adik, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara tampak menjadi sorotan publik. Remaja kelahiran 17 Agustus 2004 itu merupakan saksi mata, sekaligus orang terakhir yang bersama Eril sebelum ia terbawa arus dan tenggelam saat mereka berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, beberapa waktu lalu.

Mengenakan busana berwarna hitam, Zara tampak begitu terpukul atas kepergian Eril untuk selama-lamanya. Putri kedua Ridwan Kamil dan Atalia Praratya tersebut sesekali terlihat dipeluk dan dikuatkan oleh kedua orangtuanya.

Bukan itu saja, pada momen ini, gadis berhijab tersebut juga terlihat memegangi lukisan wajah Eril. Ternyata lukisan tersebut secara khusus dibuat sendiri olehnya untuk sang kakak.

Hal ini diketahui oleh akun TikTok @sorryoutoforder, yang diduga merupakan akun milik Zara. Dalam salah satu video, si pemilik mengabadikan proses pembuatan lukisan tersebut, yang ia dedikasikan untuk kakak terbaiknya.

"I dedicate this painting for my dear brother (Aku persembahkan lukisan ini untuk kakakku tersayang)," tulisnya dalam unggahan pada Senin, 13 Juni 2022.  Dalam keterangan video, Zara juga menuliskan pesan yang begitu menyentuh menggunakan bahasa Inggris.

"Terima kasih sudah menjadi kakak terbaik di dunia, telah menjadi sahabatku yang mendengarkan dan bercanda denganku, dan telah menjadi mentorku dalam hidup. Aku mencintaimu selalu, semoga kamu beristirahat dalam cinta A' Eril. Hormatku, adikmu tersayang, Zara," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.