Kedubes India di Jakarta Gelar Yoga Massal di Monas dan Candi Prambanan

Oleh Tanti Yulianingsih pada 14 Jun 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 21:00 WIB
yoga
Perbesar
ilustrasi yoga/Photo by Elly Fairytale from Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar India, Jakarta merayakan 8th International Day of Yoga (IDY) atau Hari Yoga Internasional ke-8 pada 19 Juni 2022 dan 21 Juni 2022, bekerja sama dengan KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia), PPYNI (Perhimpunan Praktisi Yoga Nasional Indonesia) dan komunitas Yoga lainnya.

Dr. Anies Baswedan, Gubernur Jakarta dijadwalkan akan ikut serta acara peringatan Hari Yoga Internasional tersebut sebagai tamu utama pada 19 Juni 2022.

"Lebih dari 1.500 pecinta Yoga Indonesia diperkirakan akan berkumpul dan melakukan Yoga asana (pose) bersama di Plaza Selatan, Tugu Monas," ungkap Kedutaan Besar India di Jakarta dalam keterangan tertulisnya yang dimuat Selasa (14/6/202).

Pada 21 Juni 2022, Protokol Yoga Umum di depan Candi Prambanan yang megah, Yogyakarta akan disiarkan langsung di saluran berita nasional India, DD News. Ini akan menjadi bagian dari estafet perayaan Hari Yoga sedunia mengikuti pergerakan Matahari dari Timur ke Barat.

Tema IDY 2022 adalah “Yoga for Humanity”.

Perayaan IDY dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan setempat. Kedubes India, Jakarta mengundang semua pecinta Yoga untuk menjadi bagian dari perayaan internasional ini.

Perayaan Tahun 2021

Sebelumnya, pandemi COVID-19 tak jadi halangan bagi Kedutaan Indonesia di Jakarta untuk menggelar perayaan Yoga International Day atau Hari Yoga Internasional 2021. Ini merupakan peringatan kedua yang jatuh di tengah wabah Virus Corona yang melanda dunia.

"Pada 20 Juni pukul 09.00 pagi, kami telah mengorganisir pertunjukan terbatas tentang latihan yoga. Standar tentang bagaimana cara merelaksasi tubuh Anda untuk mulai melakukan gerakan yoga dan kemudian diakhiri dengan beberapa latihan pernapasan," ujar Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus program The Ambassador Liputan6.com pada Rabu 16 Juni 2021.

Dubes Manoj mengatakan bahwa ia menggandeng sejumlah ahli yoga di Jakarta untuk gelaran perayaan Yoga International Day 2021 di Kedutaan India.

Ia pun menekankan bahwa meski lebih sedikit orang yang melakukan yoga akan tetap bermanfaat bagi semua orang.

"Seluruh acara ini seharusnya tidak berlangsung lebih dari satu jam, dari pukul 09.00 hingga 10.00. Akan disiarkan langsung," paparnya lagi.

Selain siaran langsung kegiatan yoga di auditorium Kedutaan Besar India di Jakarta, akan ada juga sesi diskusi di kotak obrolan tayangan video di salah satu platform media sosial.

"Orang-orang juga bisa bertanya dan kami jawab secara online di chat box. Mudah-mudahan, orang-orang akan mendapat manfaat," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Awal Perayaan Yoga Internasional Day

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Aktivitas Yoga Credit: pexels.com/Karolina

Hari Yoga Internasional dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 21 Juni sejak 2015, setelah gagasan tersebut dikemukakan oleh PM India Narendra Modi pada September 2014. Para pejabat tinggi dan pejabat senior Indonesia bersama dengan diplomat dari berbagai Kedutaan besar akan menghadiri acara tersebut.

Yoga bukan hanya tentang olahraga; itu adalah cara untuk menemukan rasa kesatuan dengan diri sendiri, dunia dan alam.

Selama masa COVID-19 saat ini, Yoga telah muncul sebagai elemen penting untuk memastikan kesehatan fisik dan mental. Perayaan Hari Yoga Internasional akan merayakan semangat kesehatan dan harmoni di Jakarta dan Yogyakarta.


Dubes India Manoj Kumar Bharti Beber Manfaat Yoga untuk Pasien COVID-19

Duta Besar India untuk Indonesia H.E Manoj Kumar Bharti. (Embassy of India/Liputan6.com/Trie Yasni)
Perbesar
Duta Besar India untuk Indonesia H.E Manoj Kumar Bharti. (Embassy of India/Liputan6.com/Trie Yasni)

Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus program The Ambassador Liputan6.com pada Rabu 16 Juni 2021, mengatakan bahwa ia menggandeng sejumlah ahli yoga di Jakarta untuk gelaran perayaan Yoga International Day 2021 di Kedutaan India.

Berbicara soal yoga, Dubes Manoj pun membeberkan sejumlah manfaatnya. Terlebih belakangan beredar pemberitaan dari Negeri Bollywood kampung halamannya bahwa kegiatan tersebut berguna bagi pasien terinfeksi COVID-19.

"Yoga memiliki karakter yang unik. Yoga bisa memberikan kedamaian untuk mental Anda dan juga untuk tubuh. Menjaga kedamaian dan ketenangan mental itu," jawab Dubes Manoj ketika ditanya soal pendapatnya tentang sesi yoga untuk pasien positif COVID-19 agar mereka tetap sehat secara mental dan fisik.

"Ini adalah langkah besar untuk manusia mana pun, jika Anda dapat mengendalikan pikiran Anda. Itu juga bisa membantu Anda melawan stres di kehidupan, seperti yang semua orang alami," ungkapnya lagi.

Dubes yang pernah bertugas di Ukraina itu kemudian memberi saran latihan yoga dengan melatih pernapasan yang menurutnya sangat berguna.

"Saya akan sangat menganjurkan orang untuk mengetahui informasi dasar tentang latihan pranaya yakni latihan pernapasan, sangat sederhana, mudah dilakukan dan sangat berguna," ucap Dubes Manoj.

Dubes berkaca mata itu pun memberi contoh, seperti apa itu pranaya.

"Dikatakan jika Anda melakukan latihan pernapasan sederhana ini, latihan selama 5 menit artinya sama dengan melakukan 45 menit berlari," jelasnya.

"Itu memberi tubuh Anda energi begitu banyak sehingga setara dengan sekitar 45 menit berlari," bebernya.

 


Latihan Golf Pun Bisa dengan Penerapan Yoga

Ilustrasi bermain golf (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi bermain golf (pixabay)

Ada latihan serupa lainnya, tambah Dubes Manoj, yang memberi Anda kedamaian mental. "Kedamaian yang dapat menghilangkan stres apa pun yang mungkin Anda hadapi."

"Ada latihan lain yang disebut kapalbhati yang baru-baru ini saya tonton di YouTube untuk meningkatkan kemampuan golf. Karena saya mencoba bermain golf tetapi ayunan saya masih salah," ucapnya.

"Jadi saya mencoba menonton video di mana orang yang belajar meningkatkan ayunan pergi ke instruktur yoga, dan diajarkan melakukan beberapa pose asana untuk melatih punggungnya. Sebagai langkah untuk melakukan kapalbhati."

"Dan saya terkejut bahwa instruktur golf menggunakan kapalbhati untuk meningkatkan stabilitas mental dan kedamaian."

Dubes Manoj mengatakan bahwa jika gerakan yoga semacam itu bisa digunakan untuk bermain golf, bisa dibayangkan dampak manfaatnya untuk kehidupan seseorang.

 

Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker
Perbesar
Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya