Sukses

Invasi Rusia ke Ukraina Menambah Ketegangan 9 Negara Bersenjata Nuklir di Dunia

Selain Rusia dan AS, negara lain yang juga memiliki senjata nuklir adalah Prancis, China, Inggris, India, Pakistan, Israel dan Korea Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Invasi Rusia di Ukraina dan dukungan Amerika Serikat beserta sekutunya kepada Kiev telah menambah ketegangan di antara sembilan negara bersenjata nuklir di dunia. Selain Rusia dan AS, negara lain yang juga memiliki senjata nuklir adalah Prancis, China, Inggris, India, Pakistan, Israel dan Korea Utara.

Sejumlah senjata nuklir secara global pun diperkirakan bertambah dalam tahun-tahun mendatang untuk pertama kalinya sejak Perang Dingin, menurut sebuah lembaga kajian Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), Senin (13/6/2022). Risiko senjata itu digunakan juga meningkat ke level tertinggi dalam beberapa dekade, mengutip hasil kajian SIPRI.

Meski jumlah senjata nuklir berkurang sedikit antara Januari 2021 dan Januari 2022, SIPRI mengatakan, cadangannya secara global bisa meningkat lagi dalam waktu dekat jika dunia tidak mengambil tindakan segera.

"Semua negara bersenjata nuklir sedang meningkatkan atau memperbarui arsenal mereka dan sebagian besar mempertajam retorika nuklir dan peran senjata nuklir dalam strategi militer mereka," kata Wilfred Wan, Direktur SIPRI bidang Senjata Pemusnah Massal, dalam buku tahunan 2022 lembaga kajian itu.

"Ini sebuah kecenderungan yang sangat mengkhawatirkan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusia Siagakan Senjata Nuklirnya

Tiga hari setelah invasi Rusia di Ukraina, yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus", Presiden Vladimir Putin memerintahkan agar senjata nuklir Rusia disiapkan dengan kewaspadaan tinggi. Dia juga memperingatkan adanya konsekuensi yang "belum pernah anda lihat dalam sejarah" kepada negara-negara yang menghalangi tindakan Rusia.

Rusia memiliki arsenal nuklir terbesar di dunia dengan 5.977 hulu ledak, sekitar 550 lebih banyak daripada AS. Kedua negara itu menguasai lebih dari 90 persen hulu ledak nuklir yang ada di dunia, tetapi SIPRI mengatakan China sedang meningkatkan arsenalnya dengan 300 lebih rudal baru.

SIPRI mengatakan jumlah hulu ledak nuklir global turun menjadi 12.702 pada Januari 2022 dari 13.080 pada Januari 2021. Sekitar 3.732 hulu ledak diperkirakan telah dipasang pada rudal dan pesawat, dan sekitar 2.000 lainnya –hampir semua milik Rusia atau AS– berada dalam kesiapan yang tinggi.

"Hubungan di antara kekuatan-kekuatan besar dunia makin memburuk ketika umat manusia dan planet ini menghadapi banyak tantangan bersama yang besar dan mendesak, yang hanya dapat diatasi dengan kerja sama internasional," kata Stefan Lofven, ketua dewan pengurus SIPRI dan mantan perdana menteri Swedia.

3 dari 4 halaman

Rusia Memiliki Sekitar 2.000 Senjata Nuklir Taktis

Duta Besar Rusia di Inggris mengatakan bahwa dia tidak percaya negaranya akan menggunakan senjata nuklir taktis dalam perang melawan Ukraina. Andrei Kelin mengatakan bahwa menurut aturan militer Rusia, senjata semacam itu tidak digunakan dalam konflik seperti ini.

Rusia memiliki ketentuan yang sangat ketat untuk penggunaannya, katanya, terutama ketika keberadaan negara terancam. "Ini tidak ada hubungannya dengan operasi saat ini," katanya kepada BBC, dikutip pada Minggu (29/5/2022).

Ketika Vladimir Putin menempatkan pasukan nuklirnya dalam siaga tinggi pada akhir Februari, segera setelah invasi, itu secara luas dianggap sebagai peringatan. Putin menyalahkan perkembangan itu pada agresi oleh Barat dan NATO.

Tetapi Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mencapnya sebagai upaya untuk mengalihkan perhatian orang dari "apa yang salah di Ukraina", mengatakan Rusia berada di belakang jadwal invasinya setelah hanya beberapa hari, dan mencoba untuk "mengingatkan dunia" bahwa rusia memiliki pencegah.

Senjata nuklir taktis adalah senjata yang dapat digunakan pada jarak yang relatif pendek, sebagai lawan dari senjata nuklir "strategis" yang dapat diluncurkan pada jarak yang jauh lebih jauh dan meningkatkan momok perang nuklir habis-habisan.

Tetapi istilah ini masih mencakup banyak jenis senjata, termasuk bom dan rudal yang lebih kecil yang digunakan di medan perang. Rusia diperkirakan memiliki sekitar 2.000 senjata nuklir taktis.

4 dari 4 halaman

Bantah Kekerasan terhadap Warga Sipil Ukraina

Duta besar juga membantah pasukan Rusia menembaki warga sipil dan mengatakan tuduhan kejahatan perang di kota Bucha adalah "rekayasa".

Ditanya pertanyaan, "Mengapa Rusia melakukan perang ini dengan cara ini, melakukan kejahatan perang?" Mr Kelin menjawab: "Walikota Bucha dalam pernyataan awalnya telah mengkonfirmasi bahwa pasukan Rusia telah pergi, semuanya bersih dan tenang, kota dalam keadaan normal.

"Tidak ada yang terjadi, tidak ada mayat di jalan. Tapi selanjutnya, setelah itu selesai - tapi bagaimanapun juga ..."

"Dalam pandangan kami itu adalah fabrikasi. Ini digunakan hanya untuk mengganggu negosiasi," jawab duta besar.

Rusia telah membuat tuduhan seperti itu sebelumnya, dengan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov sebelumnya mengklaim bahwa rekaman mayat di Bucha "dipentaskan" setelah Rusia menarik diri.

Ini bertentangan dengan banyak laporan saksi mata dari penduduk, yang mengatakan kepada BBC bahwa pasukan Rusia telah secara singkat mengeksekusi orang yang mereka cintai.

"Dia hanya seorang pria yang damai, seorang pria keluarga, seorang tukang las, yang berjuang dengan patah tulang belakang dan cacat sepanjang hidupnya," kata seorang pria tentang menantu laki-lakinya yang terbunuh.

Citra satelit juga tampaknya secara langsung bertentangan dengan posisi Moskow, menunjukkan mayat tergeletak di jalan hampir dua minggu sebelum Rusia meninggalkan kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.