Gunung Api Bulusan Meletus Lagi, Sejumlah Kota di Filipina Diselimuti Kolom Abu Vulkanik

Oleh Tanti Yulianingsih pada 13 Jun 2022, 11:52 WIB
Diperbarui 13 Jun 2022, 12:05 WIB
Pekerja menyapu jalan raya yang tertutup abu di Juban akibat letusan gunung berapi Bulusan di Filipina. (Sharbyn Sayat/AFP)
Perbesar
Pekerja menyapu jalan raya yang tertutup abu di Juban akibat letusan gunung berapi Bulusan di Filipina. (Sharbyn Sayat/AFP)

Liputan6.com, Juban - Sebuah gunung berapi di Filipina memuntahkan kolom abu besar ke langit pada Minggu 12 Juni 2022, menyelimuti wilayah yang masih belum pulih dari letusan minggu lalu.

"Ledakan dari gunung berapi Bulusan berlangsung selama 18 menit," kata Badan Seismologi Filipina seperti dikutip dari AFP, Senin (13/6/2022).

"Merusak visibilitas jalan dan memaksa maskapai penerbangan untuk membatalkan penerbangan," imbuh badan tersebut.

Pada tanggal 5 Juni, Gunung Bulusan mengirimkan gumpalan abu-abu yang membubung setidaknya satu kilometer (0,6 mil) dan menutupi 10 desa dengan abu.

Penduduk Kota Juban di Provinsi Sorsogon, yang masih belum pulih dari letusan gunung berapi itu minggu lalu, dibangunkan pada hari Minggu oleh guntur gunung berapi.

"Saya pikir itu hanya hujan, tetapi ketika saya melihat ke luar, ada abu di mana-mana," kata penduduk Antonio Habitan kepada AFP. "Sungai kami dulunya jernih tapi sekarang berwarna seperti abu."

Tidak ada korban yang dilaporkan, tetapi badan seismologi menaikkan tingkat siaga menjadi satu pada sistem lima tingkat, yang menunjukkan low level unrest atau sedikit kegempaan.

"Kita belum bisa bilang sudah selesai. Masih ada kemungkinan erupsi ini disusul letusan lagi, makanya kita harus hati-hati dengan Gunung Bulusan," kata Kepala Badan Renato Solidum kepada stasiun radio lokal DZBB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Visibilitas Menurun hingga Penerbangan Dibatalkan

Gunung Bulusan Filipina
Perbesar
Foto selebaran pada 5 Juni 2022 menunjukkan kendaraan melaju di sepanjang jalan yang dipenuhi abu di kota Juban, provinsi Sorsogon, Filipina, setelah gunung berapi Bulusan meletus dan mengirimkan gumpalan abu ke daerah tersebut. Pihak berwenang menaikkan peringatan menjadi level satu pada sistem lima level yang menunjukkan "keresahan tingkat rendah". (Handout / Sorsogon Provincial Public Information Office / AFP)

Pekerja darurat dikerahkan untuk membersihkan jalan yang dipenuhi abu dan memandu pengemudi yang berjuang untuk melihat kendaraan yang melaju.

Lima penerbangan di daerah itu dibatalkan.

Kantor bencana lokal Juban mengatakan 366 orang berada di tempat penampungan darurat, dengan sebagian besar dievakuasi beberapa hari sebelum letusan karena serangkaian gempa vulkanik.

Gunung berapi Bulusan telah aktif dalam beberapa tahun terakhir, dengan selusin letusan serupa tercatat pada tahun 2016 dan 2017.

Filipina terletak di jalur "Cincin Api" Pasifik yang aktif secara seismik dan memiliki lebih dari 20 gunung berapi aktif.

Menurut PNA.gov.Ph, otoritas Bandara Internasional Manila mencatat sedikitnya delapan penerbangan domestik dibatalkan akibat aktivitas Bulusan.

Penerbangan yang terkena dampak adalah Cebu Pacific (5J) 325/326, Manila-Legazpi-Manila; CebGo (DG) 6111/6112, Manila-Naga-Manila; dan PAL Express (2P) 2923/2924 dan 2P 2919/2920, Manila-Legazpi-Manila.


136 Gempa Vulkanik dalam 24 Jam

Gunung Bulusan Filipina
Perbesar
Foto selebaran yang diambil dan dirilis pada 5 Juni 2022 menunjukkan rumah-rumah dan vegetasi yang tertutup abu di kota Juban, provinsi Sorsogon, Filipina, setelah gunung berapi Bulusan meletus dan mengirimkan gumpalan abu ke daerah tersebut. Di Kota Juban, dua desa mengalami "visibilitas nol" karena abu yang tebal. (Handout / Sorsogon Provincial Public Information Office / AFP)

 

Seminggu setelah Gunung Bulusan meletus, Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) pada Minggu pagi kembali mencatat letusan freatik akibat aktivitas hidrotermal dangkal.

Letusan freatik terbaru pada pukul 3:37 pagi berlangsung selama 18 menit, tetapi Phivolcs mengatakan letusan itu tidak terlihat di monitor kamera.

Phivolcs sebelumnya memperingatkan bahwa peningkatan aktivitas seismik atau jumlah gempa vulkanik yang diamati dapat mengindikasikan bahwa letusan freatik dapat terjadi.

Selama 24 jam terakhir, tercatat 136 gempa vulkanik yang disebabkan oleh pergerakan atau letusan magma dari gunung berapi tersebut. Gumpalan yang mencapai ketinggian 150 meter juga telah diamati selama 24 jam terakhir.

Letusan yang lebih lemah didasarkan pada ketinggian gumpalan yang keluar dari kawah.

Fluks belerang dioksida adalah 613 ton pada 10 Juni, menurut Phivolcs.

 


Imbauan untuk Penerbang

Gunung Bulusan Filipina
Perbesar
Foto selebaran yang diambil dan dirilis pada 5 Juni 2022 menunjukkan kendaraan melaju melewati rumah-rumah dan vegetasi yang tertutup abu di kota Juban, provinsi Sorsogon, Filipina, setelah gunung berapi Bulusan meletus dan mengirimkan gumpalan abu ke daerah tersebut. (Handout / Sorsogon Provincial Public Information Office / AFP)

Peringatan Level 1 tetap ada.

Masuk ke zona bahaya permanen radius 4 kilometer harus dilarang keras dan kewaspadaan di zona bahaya diperpanjang 2 kilometer di sektor tenggara harus dilakukan, karena meningkatnya kemungkinan letusan freatik yang tiba-tiba dan berbahaya.

Pilot disarankan untuk menghindari terbang dekat dengan puncak gunung berapi karena abu dari letusan freatik yang tiba-tiba dapat berbahaya bagi pesawat.

Phivolcs juga mendesak mereka yang tinggal di dalam lembah dan di sepanjang sungai atau saluran sungai, terutama di sektor tenggara, barat daya dan barat laut bangunan, untuk waspada terhadap aliran sungai yang sarat sedimen dan lahar jika terjadi hujan deras dan berkepanjangan jika letusan freatik terjadi.

Infografis 7 Tips Naik Gunung Minim Sampah
Perbesar
Infografis 7 Tips Naik Gunung Minim Sampah. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya