Sukses

Kronologi Pemulangan Jenazah Eril dari Bern hingga ke Pemakaman Keluarga di Bandung

Berikut ini kronologi pemulangan jenazah Eril dari Bern, Swiss ke Tanah Air hingga ke pemakaman keluarga di Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Kementerian Luar Negeri melalui KBRI Bern tengah berkoordinasi terkait pemulangan jenazah Eril (Emmeril Kahn Mumtadz) ke Tanah Air. 

Sejak jasad Eril ditemukan pada 8 Juni 2022 lalu, langkah-langkah repatriasi yang dilakukan oleh KBRI Bern adalah pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah. Kemudian melakukan death certificate dengan otoritas setempat, penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern lalu melakukan pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam hingga pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan.

Berikut ini kronologi pemulangan jenazah Eril dari Bern, Swiss ke Tanah Air hingga ke pemakaman keluarga di Bandung, merangkum konferensi pers dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sabtu (11/6/2022):

1. Diterbangkan ke Tanah Air 11 Juni 2022

Ilustrasi Bandara (sumber: unsplash)

Direktur PWNI dan BHI Kemlu RI Joedha Nugraha dalam konferensi pers secara virtual mengatakan, menurut informasi yang didapat dari KBRI Bern, Ridwan Kamil didampingi penjabat KBRI Bern telah berada di Zurich airport Sabtu 11 Juni 2022. "Akan take off pukul 10.10 waktu setempat atau pukul 15.10 Waktu Indonesia Barat (WIB)."

2. Satu Pesawat dengan Ridwan Kamil

Ilustrasi bandara. (iStock)

"Jenazah ananda Eril akan diterbangkan dalam satu flight dengan Bapak Ridwan Kamil beserta keluarga", imbuh Joedha Nugraha.

3. Tiba di Bandara Soetta Minggu 13 Juni 2022

Ilustrasi Bandara Soetta. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

"Ridwan Kamil dan jenazah Eril akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Minggu tanggal 12 Juni 2022 pukul 15.45 WIB," papar Joedha.

"Selanjutnya jenazah akan langsung dibawa ke Bandung melalui jalan darat," imbuhnya.

Doa pun dihaturkan agar prosesi tersebut berjalan lancar. "Kita doakan beasama agar proses kepulangan jenazah ananda Eril lancar hingga proses pemakaman. Kemlu menyampaikan duka cita mendalam," ucap Joedha.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Dibawa ke Bandung Via Jalur Darat

Setibanya di Bandara Soetta, jenazah Eril bakal dibawa menuju Bandung via jalur darat.

Rombongan jenazah Eril (Emmeril Kahn Mumtadz) diperkirakan akan tiba di Gedung Pakuan, Bandung pada Minggu 12 Juni 2022 pukul 22.00 WIB.

5. Warga Diizinkan Takziah, Ini Waktunya

Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan. (Foto: Rizal/Biro Adpim Jabar)

Masyarakat pun diizinkan untuk takziah, datang dan mendoakan jenazah Eril di Gedung Pakuan, akan dibuka mulai Minggu 12 Juni pukul 23.00 hingga Senin 13 Juni pukul 08.00 pagi.

Hal ini disampaikan oleh Wahyu Mijaya, selaku Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat.

6. Pemakaman Jenazah Eril 13 Juni 2022, Ini Rutenya

Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @aniesbaswedan)

"Kemudian pukul 09.00 akan diberangkatkan (ke pemakaman keluarga), dan bagi keluarga ataupun yang akan turut serta, tidak berangkat dari Pakuan tetap langsung ke Cimaung. Jadi rangkaian tidak terlalu panjang," ujar Wahyu Mijaya, selaku Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat.

Ia menambahkan bahwa rute dari Gedung Pakuan, Tol Pasteur, keluar Tol Seroja dan langsung mengarah ke Cimaung.

"Mohon berkenan bagi warga yang ada di sekitaran rute tersebut, dapat mengantisipasi dan menggunakan jalur alternatif, jika terjadi kemacetan."

"Mohon maaf jika ada warga terdampak rencana pemakaman. Dari pihak keluarga menjadwalkan pukul 09.00 WIB, mempertimbangkan ada yang sekolah dan kerja sehingga tidak mejadwalkan terlalu pagi. Mudah-mudahan dengan demikian tak akan terganggu," jelas Wahyu.

3 dari 4 halaman

7. Ziarah Kubur Eril Anak Ridwan Kamil 13 Juni 2022 hingga Sebelum Magrib

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya mengatakan bahwa di lokasi pemakaman jenazah Eril pada Senin 13 Juni, masih dibuka bagi yang berkenan ziarah kubur hingga sebelum magrib. "Sekitar pukul 17.45."

8. Ziarah Kubur Selanjutnya Selasa 14 Juni - Minggu 19 Juni 2022

<p>Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)</p>

Untuk selanjutnya, Wahyu mengatakan, masyarakat yang masih ingin mendoakan, masih dibuka Selasa 14 Juni sampai Minggu 18 Juni 2022. Mulai pukul 08.00-17.00.

"Jika ada perubahan akan diberitahukan. Sementara demikian," pungkas Wahyu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Luar Negeri dan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad agar membantu kepulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri dan kepada duta besar untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia dan kita harapkan Insyaallah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya,” kata Presiden di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat, dikutip Antara.

Presiden sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil dan menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Eril.

“Dua hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam, Alhamdulillah sudah ditemukan,” ujar Presiden Jokowi.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad sebelumnya mengumumkan Jasad Emmeril Kahn Mumtadz telah ditemukan pada Rabu (8/6) waktu setempat, berdasarkan keterangan dari Kepolisian Kanton Bern.

4 dari 4 halaman

Kronologi Penemuan Jasad Eril di Bandungan Engehalde

Jenazah Eril anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare telah ditemukan setelah 14 hari pencarian. Kepolisian Swiss dalam pernyataan resminya menyatakan Emeril Khan Mumtadz ditemukan di bendungan Engehalde di Bern.

"Sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan Bern, sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada pihak keluarga," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia.

"Sekitar 2 jam yang lalu, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril," imbuh Dubes Muliaman Hadad.

Setelah itu, "KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim dipenuhi sesuai syariat Islam."

Jasad Eril ditemukan spesialis dari polisi maritim dari polisi cantonal Bern di cekungan wilayah sungai yang kemudian mengevakuasinya. Namun dipastikan bahwa Eril anak Ridwan Kamil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern melaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare Pada Rabu (8/6) pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Kamis 9 Juni.

"Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.