Sukses

Kemlu: Jenazah Eril Akan Tiba di Bandara Soekarno Hatta 12 Juni Pukul 15.45 WIB

Jenazah Eril, anak Ridwan Kamil tengah menunggu proses pemulangan ke Tanah Air dari Bern, Swiss.

Liputan6.com, Bern - Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang terbawa arus Sungai Aare di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 telah ditemukan Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50. Polisi wilayah Bern melaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern.

Setelah diserahterimakan oleh pihak berwenang Bern, jenazah Eril kemudian dimandikan, dikafani sesuai syariat Islam. Kemudian menunggu proses pemulangan ke Tanah Air.

"Telah dilakukan penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern, pemulasaraan jenazah sesuai syariat Islam, pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan," ujar Direktur PWNI dan BHI Kemlu RI Joedha Nugraha dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (11/6/2022).

Joedha mengatakan, Kemlu di Jakarta juga telah mengadakan rapat koordinasi Jumat 10 Juni kemarin dengan berbagai instansi terkait untuk mematikan kelancaran ketibaan jenazah Eril di Tanah Air.

"Jenazah ananda Eril akan diterbangkan dalam satu flight dengan Bapak Ridwan Kamil beserta keluarga," tutur Joedha.

Saat ini, sambung Joedha, menurut informasi yang didapat dari KBRI Bern, Ridwan Kamil didampingi penjabat KBRI Bern telah berada di Zurich airport. "Akan take off pukul 10.10 waktu setempat atau pukul 15.10 Waktu Indonesia Barat (WIB)."

"Ridwan Kamil dan jenazah Eril akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Minggu tanggal 12 Juni 2022 pukul 15.45 WIB," papar Joedha.

"Selanjutnya jenazah akan langsung dibawa ke Bandung melalui jalan darat," imbuhnya.

Doa pun dihaturkan agar proses tersebut berjalan lancar.

"Kita doakan beasama agar proses kepulangan jenazah ananda Eril lancar hingga proses pemakaman. Kemlu menyampaikan duka cita mendalam," ucap Joedha. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditemukan di Bandungan Engehalde

Jenazah Eril anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare telah ditemukan. Kepolisian Swiss dalam pernyataan resminya menyatakan Emeril Khan Mumtadz ditemukan di bendungan Engehalde di Bern.

"Sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan Bern, sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada pihak keluarga," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia.

"Sekitar 2 jam yang lalu, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril," imbuh Dubes Muliaman Hadad.

Setelah itu, "KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim dipenuhi sesuai syariat Islam."

Jasad Eril ditemukan spesialis dari polisi maritim dari polisi cantonal Bern di cekungan wilayah sungai yang kemudian mengevakuasinya. Namun dipastikan bahwa Eril anak Ridwan Kamil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern melaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare Pada Rabu (8/6) pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Kamis 9 Juni.

"Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022."

 

3 dari 4 halaman

Kronologi Ditemukannya Eril

Kepolisian Bern, Swiss, berhasil menemukan jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hanyut di Sungai Aare.

Jasadnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan, awalnya pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil menerima informasi dari kepolisian Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 bahwa ada temuan jasad yang diduga Eril sekitar pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pada Kamis siang ini waktu Swiss, lanjut dia, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril.

Hal itu pun turut disampaikan secara resmi oleh kepolisian Swiss lewat pemberitaan resmi.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum kepolisian Swiss, kepolisian menyiapkan berkas ke Pengadilan Bern untuk serah terima kepada keluarga," jelas dia.

Kemudian sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

"KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam," kata Muliaman.

4 dari 4 halaman

Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan Jadi Sorotan Media Swiss

Pihak berwenang di Swiss telah menemukan tubuh dari Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang hanyut di Sungai Aare, kota Bern, Swiss. Pemuda itu tenggelam pada 26 Mei 2022 ketika sedang berenang. 

Eril berhasil ditemukan pada Rabu 8 Juni waktu setempat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku ayah dari Eril juga dikabarkan sudah berangkat ke Swiss.

Menurut laporan media Swiss Info, Jumat (10/6/2022), pemeriksaan forensik menyebut Eril tenggelam karena mengalami kecelakaan pada Mei lalu. KBRI Bern turut terlibat dalam pencarian dan pihak berwenang di kota Bern mengerahkan drone hingga anjing pelacak untuk mencari korban. 

Keterangan Kepolisian Swiss

Pada Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50 waktu Swiss, polisi wilayah Bern melaporkan ada seorang pria tergeletak di air pada bendungan Engehalde. Spesialis polisi maritim dari kepolisian Cantonal Bern menemukan sesosok tubuh di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

Namun dipastikan bahwa pria yang telah diidentifikasi sebagai Eril anak Ridwan Kamil itu kondisinya telah meninggal dunia.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare pada Rabu 8 Juni pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Kamis (9/6/2022).

"Almarhum merupakan WNI (anak Ridwan Kamil) yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022."

Gubernur Ridwan Kamil juga telah mengumumkan ditemukannya Eril melalui Instagramnya. Ia mengucap syukur atas perkembangan ini, serta menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang membantu pencarian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.