Sukses

Tips Usir Kecoak dan Serangga dengan 5 Bahan di Dapur, Pakai Gula hingga Ampas Kopi

Berikut ini tips usir kecoak dengan lima bahan dapur yang bisa Anda coba,

Liputan6.com, Jakarta - Masalah kecoak bukanlah kejadian yang tidak normal. Hama ini cepat berkembang dalam kondisi manusia dan sangat sulit ditangkap – jadi penting untuk mengetahui cara menyingkirkan untuk selamanya.

Jika Anda sedang berjuang melawan hama ini, Anda dapat segera menghubungi seorang profesional. Namun, pencegah kecoak terbaik mungkin bersembunyi di lemari dapur Anda.

Menurut ahli pengendalian hama, Anda dapat menyingkirkan kecoak dengan lima solusi alami – banyak di antaranya sudah menjadi makanan pokok dapur. Dari ampas kopi hingga deterjen piring – pengusir kecoak ini dapat membantu membasmi kecoak secara alami dan permanen.

Tentu saja, mencegah lebih baik daripada mengobati, dan kami telah menyertakan cara untuk mencegah kecoak memasuki rumah Anda sejak awal.

Menurut Certified Entomologist and Technical Director di Braman Termite & Pest Elimination, Natasha Wright Board, memerangi kecoak tidak perlu melibatkan bahan kimia dan racun yang keras. Berikut ini tips usir kecoak dengan lima bahan yang ada di dapur, seperti dikutip dari situs homes and gardens, Sabtu (11/6/2022):

1. Gula dan Boraks

Ilustrasi gula (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

"Boraks efektif untuk kecoak karena perlahan-lahan akan mengeringkan kerangka luar serangga, mempengaruhi sistem pencernaan mereka dan akhirnya membunuh mereka," kata Natasha.

Ahli Entomologi merekomendasikan untuk mencampur boraks dan gula dalam rasio 3: 1 sebelum menyebarkan deterjen buatan sendiri di tempat kerap munculnya kecoak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu pencegah pengendalian hama yang paling terkenal di pasaran, jadi tidak mengherankan jika ramuan ini juga efektif dalam menyembuhkan serangan kecoak.

Semprotan minyak peppermint dapat mencegah kecoak dengan cara yang tidak beracun dan aman digunakan di sekitar anak-anak, kata Natasha. Pakar menyarankan untuk mencampur 15 tetes minyak peppermint dengan 10 ons air sebelum menyemprotkan formula di sekitar area tempat kecoak bersarang.

3. Deterjen atau Sabun Cuci Piring

Ilustrasi Sabun Cuci Piring Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda tahu cara membersihkan karpet atau noda kopi dari kain favorit, Anda mungkin sudah tahu tentang kekuatan deterjen cuci piring. Bahan ini juga ampuh dalam pertempuran melawan kecoak.

"Campuran air dan sabun dapat mencekik dan membunuh kecoak dan sangat efektif melawan kecoak Jerman. Campurkan empat sendok makan deterjen cuci piring dalam satu liter air dan semprotkan di tempat yang Anda perhatikan ada aktivitas kecoak," kata Entomologis.

 

3 dari 4 halaman

4. Ampas Kopi

Tahukah Anda bahwa Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk membersihkan furnitur? Dan apakah ampas kopi itu baik untuk tanaman? Nah, Anda juga dapat menggunakan beberapa residu dari pembuat kopi Anda untuk mencegah hama ini – tetapi tidak dengan cara yang mungkin Anda harapkan pada awalnya. Kecoa tertarik dengan aroma kopi bubuk – artinya bisa membuat jebakan yang sempurna.

"Masukkan ampas ke dalam cangkir kertas kecil dan tempatkan cangkir itu di stoples berisi air, lalu letakkan toples di dinding atau alas tiang di mana Anda pernah melihat serangga," instruksi etimologi.

Aromanya akan memikat hama ke dalam perangkap di mana mereka tidak dapat melarikan diri, sehingga Anda dapat membuang isinya keesokan harinya.

5. Jus Lemon

ilustrasi buah lemon untuk detoksifikasi/pexels

"Jus lemon memberikan pilihan penghilangan bau manis, karena lemon memiliki sifat anti-patogen alami yang menjauhkan kecoak," kata Natasha.

Berbagi tips pembersihan, ahli merekomendasikan menambahkan dua sampai tiga sendok makan jus lemon dengan air dalam ember sebelum mencampur dan mencuci area bermasalah.

Sekarang Anda tahu cara menghilangkan kecoak (cara alami), hanya satu pertanyaan yang tersisa – solusi mana yang Anda mulai?

 

4 dari 4 halaman

Jurus Usir Kecoak Permanen

Cara terbaik untuk membasmi kecoak secara permanen adalah dengan menyingkirkan apa pun yang menarik perhatian mereka. Ini membutuhkan sedikit lebih dari pembersihan rumah dan dapur yang baik.

Berikut ini lima jurus usir binatang tersebut agar tak kembali datang:

  1. Kosongkan sampah secara teratur atau tutup rapat. Kecoak benar-benar tidak rewel tentang apa yang mereka makan dan tidak ada kejutan yang lebih buruk saat mengangkat tutup sampah untuk menemukan mereka mencari-cari di dalamnya.
  2. Jangan tinggalkan piring di wastafel: kecoak selalu berburu makanan dan ini sama menariknya bagi mereka seperti makanan yang tertinggal di atas meja (yang juga perlu disimpan dalam wadah tertutup).
  3. Jangan tinggalkan makanan hewan yang belum dimakan. Ini juga menarik hewan pengerat.
  4. Vakum lantai setelah makan. Ini menyakitkan, tentu saja, tetapi jika Anda memiliki masalah kecoak, bahkan remah-remah dari lantai makanan yang baru saja Anda makan atau masak sudah cukup untuk membuat mereka makan, seperti halnya tikus.
  5. Hilangkan genangan air. Ingat wastafel yang penuh air? Keran kamar mandi menetes? Semangkuk air untuk hewan peliharaan? Mereka semua juga merupakan sumber air yang bagus untuk kecoak yang haus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.