Sukses

Bentrok antar Geng Terjadi di Hong Kong, 3 Orang Alami Luka

Bentrokan antar geng terjadi di Hong Kong sehingga mengakibatkan tiga orang terluka.

Liputan6.com, Hong Kong - Sebuah geng yang menggunakan parang menyerang kelompok saingannya di salah satu distrik kehidupan malam tersibuk di Hong Kong pada dini hari Jumat (10 Juni), dengan bentrokan itu menyebabkan satu orang dengan luka tembak dan dua lainnya terluka, kata polisi.

Rekaman dashcam yang dramatis, menunjukkan pria bersenjata pisau melompat keluar dari mobil dan menyerang kendaraan di dekatnya sebelum tiba-tiba berbalik dan melarikan diri, telah beredar luas.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Sabtu (11/6/2022), pengawas senior Tony Ho mengatakan insiden itu adalah kasus "pembalasan" antara dua kelompok kejahatan terorganisir - yang dikenal sebagai triad - atas pembagian keuntungan dari kegiatan kriminal seperti perdagangan narkoba dan perjudian ilegal.

"Insiden itu dipicu oleh dua kelompok triad, mereka telah saling menyerang selama beberapa waktu," kata Ho kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa empat pria telah ditangkap.

Tiga mobil milik satu geng sedang menunggu di lampu lalu lintas ketika mereka diserang oleh setidaknya delapan penyerang, kata Ho, tetapi penyergapan itu dengan cepat berhasil dihalau.

Setidaknya dua tembakan dilepaskan ke arah para penghasut, inspektur menambahkan, meskipun tidak ada rincian yang diberikan tentang identitas penembak.

Sebelumnya pada hari itu, bagian jalan di dekat daerah Lan Kwai Fong yang populer ditutup oleh petugas bersenjata, saat mereka menggeledah sebuah Lexus dengan sisi dan depan yang kusut untuk mencari bukti.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi

Sebuah video dashcam, yang lokasi, stempel waktu, dan peristiwanya sesuai dengan deskripsi polisi tentang bentrokan itu, muncul pada hari Jumat, meskipun AFP tidak dapat melacak asal pasti rekaman itu.

Video tersebut menunjukkan barisan kendaraan yang berhenti di persimpangan lalu lintas, ketika penyerang mengacungkan pisau seperti parang keluar dari mobil yang tampaknya yang ditinggalkan di tempat kejadian pada hari Jumat, dan mulai menyerang mobil putih yang berdekatan.

Ketika orang-orang itu memulai serangan, sebuah van hitam yang diposisikan di belakang mobil putih menabrak mobil penyerang, menabrak setidaknya dua penyerang sebelum melaju menjauh dari tempat kejadian.

Beberapa pria lain dengan pisau menabrak bingkai, tetapi setelah menekan serangan selama beberapa detik, sebagian besar pelaku tiba-tiba berbalik dan melarikan diri dari tempat kejadian.

Polisi menerima laporan bentrokan pada pukul 2.40 pagi waktu setempat dan tiba di tempat kejadian untuk menemukan enam pria, semuanya adalah anggota kelompok yang memulai serangan.

3 dari 4 halaman

Ditangkap Polisi

Petugas menangkap tiga dari mereka, berusia antara 23 dan 42 tahun, karena mencoba melukai dan memiliki senjata ofensif, dan juga menangkap seorang pria berusia 36 tahun setelah dia dibawa ke rumah sakit karena cedera kaki.

Dari dua pria yang tersisa, satu berusia 25 tahun menjalani operasi pada Jumat sore karena luka tembak di perut dan seorang pria berusia 30 tahun terluka di kepala.

Satu peluru 9mm yang mungkin ditembakkan dari pistol semi-otomatis, satu selongsong peluru dan sembilan pisau ditemukan di tempat kejadian, menurut polisi.

Inspektur Ho mengatakan polisi berusaha memulihkan senjata api yang digunakan, tetapi menambahkan bahwa masyarakat tidak boleh khawatir atas "satu insiden yang terisolasi". Hal ini menunjukkan bahwa kejahatan senjata di Hong Kong masih jarang terjadi.

Beberapa jam setelah serangan, polisi menemukan puing-puing mobil yang terbakar di daerah pedesaan Pat Heung, yang diduga milik geng yang diserang.

4 dari 4 halaman

Maraknya Geng di Hong Kong

Triad Hong Kong melacak asal-usul mereka ke organisasi persaudaraan China abad ke-19.

Sementara mereka memiliki sedikit kekuatan masa kejayaan mereka di tahun 1970-90-an, mereka tetap hadir di kota, terutama dalam hal pemerasan dan penyelundupan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.