Sukses

Jepang Kembali Buka Perbatasan untuk Turis Asing, Aturannya Kian Ketat

Pemerintah Jepang kembali membuka perbatasannya untuk turis asing dengan syarat aturan yang lebih ketat.

Liputan6.com, Tokyo - Seorang turis asing, Neasa Ronayne berencana mengunjungi Jepang untuk pertama kalinya tahun ini.Dia telah membayar lebih dari $4.390 (Rp 63,9 juta) untuk perjalanan selama 16 hari, karena di bawah pembatasan COVID-19 negara itu dia tidak diizinkan melakukan perjalanan sendiri.

Namun Ronayne, yang tinggal di Inggris, masih ingin melakukan perjalanan tersebut.

"Ini akan menjadi pertama kalinya saya di Jepang dan juga pertama kali di Asia. Saya menantikannya. Saya telah menonton [acara reality TV Jepang] Terrace House untuk mempelajari beberapa frasa," katanya. Demikian seperti dikutip dari laman BBC, Sabtu (10/6/2022). 

Namun, ia tidak sendirian.

Beberapa agen perjalanan mengatakan kepada BBC bahwa mereka melihat lonjakan pertanyaan tentang liburan ke Jepang - meskipun peraturan ketat negara itu masih membuat beberapa pengunjung menjauh.

Jepang sebagian besar telah ditutup untuk pengunjung asing sejak 2020, karena menerapkan beberapa pembatasan Covid-19 terberat di dunia.

Dan bahkan sekarang, saat membuka perbatasannya untuk turis dari hampir 100 negara dan wilayah pada hari Jumat, negara itu memberlakukan pembatasan baru. Ini termasuk persyaratan bagi wisatawan untuk menjadi bagian dari paket wisata.

Mereka juga harus membeli asuransi kesehatan dan memakai masker di semua tempat umum, termasuk di luar.

Di bawah aturan, wisatawan juga harus menghindari apa yang disebut "tiga C": ruang tertutup, tempat ramai dan pengaturan kontak dekat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Ketat

Awal pekan ini, Badan Pariwisata Jepang mengatakan para pemimpin tur perlu menemani pengunjung "dari masuk hingga keberangkatan", sambil mengingatkan mereka tentang persyaratan Covid seperti mengenakan masker.

“Pemandu wisata harus sering mengingatkan peserta tur tentang tindakan pencegahan infeksi yang diperlukan, termasuk mengenakan dan melepas masker, di setiap tahap tur,” kata badan tersebut dalam 16 halaman pedoman yang dikeluarkan pada hari Selasa.

"Bahkan di luar ruangan, pemakaian masker harus berlanjut dalam situasi di mana orang-orang berbicara dalam jarak dekat," tambahnya.

Namun, agen perjalanan mengatakan mereka telah melihat lonjakan minat untuk mengunjungi negara itu.

Chan Brothers Travel dari Singapura mengatakan telah menerima pemesanan untuk 50 grup wisata ke Jepang, dengan masing-masing termasuk sebanyak 30 orang.Juru bicaranya, Jeremiah Wong, mengatakan kepada BBC bahwa penyelidikan telah "mengalir secara eksponensial" sejak pembukaan kembali Jepang diumumkan.

"Untuk menebus waktu yang hilang dalam dua tahun terakhir atau lebih, para pelancong tidak ragu untuk pergi berlibur yang telah lama ditunggu-tunggu," kata Wong.

3 dari 4 halaman

Aturan Masuk Jepang

Tetapi dia tidak yakin kapan tur pascapandemi pertama perusahaan ke Jepang akan dapat dilanjutkan: "Keberangkatan yang berpotensi paling awal adalah setelah pertengahan Juli karena persyaratan untuk aplikasi visa turis ... untuk semua pelancong."

Zara Bencheikh, direktur pelaksana Perjalanan Intrepid, mengatakan ada "permintaan terpendam yang besar untuk mengunjungi Jepang".

Perusahaannya berharap untuk memulai kembali turnya - yang mencakup tujuan populer seperti Gunung Fuji - mulai Agustus. Namun, Bencheikh mengatakan masih dalam proses mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang Jepang.

Jepang telah melarang sebagian besar pengunjung asing selama dua tahun terakhir karena memberlakukan langkah-langkah untuk memperlambat penyebaran Covid-19.

Tahun lalu, pengunjung luar negeri bahkan dilarang mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 yang tertunda.

Negara itu hanya melonggarkan pembatasan perjalanan bagi penduduk asing dan pelancong bisnis awal tahun ini.

4 dari 4 halaman

Pariwisata Jepang

Bulan lalu, Jepang mengatakan akan menggandakan batas harian untuk kedatangan asing menjadi 20.000."Strategi pembukaan kembali yang sederhana" ini tidak akan membawa banyak manfaat bagi ekonomi Jepang - yang merupakan terbesar ketiga di dunia, kata Kentaro Koyama, kepala ekonom di Deutsche Bank Japan.

"Tanggapan pemerintah agak tertunda. Penduduk Jepang yang menua lebih takut akan infeksi daripada negara lain," kata Koyama.

Sebelum pandemi, pariwisata adalah bisnis besar di Jepang dengan rekor 31,9 juta pengunjung asing ke negara itu pada 2019. Tahun lalu, ada kurang dari 250.000.Namun industri pariwisata dari destinasi Asia yang dulu populer ini masih memiliki jalan menuju pemulihan.

Rad Sappany mengatakan kepada BBC bahwa dia telah membatalkan rencananya untuk mengunjungi Jepang bulan depan dari Australia karena pembatasan.

"Kami tidak tertarik dengan paket wisata - ini bukan cara kami bepergian," katanya.

Wanping Aw, yang menjalankan agen perjalanan butik TokudAw yang berfokus di Jepang, mengatakan bahwa perusahaannya belum mendapatkan pemesanan apa pun, meskipun mendapatkan dua hingga tiga pertanyaan setiap hari.

"Kami belum memiliki pemesanan final karena tidak ada yang mau membuat komitmen," katanya. Aw menambahkan: "'Kami tidak ingin menjadi kelinci percobaan' adalah ungkapan yang sering saya dengar."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.