Sukses

Kerap Bikin Tak Nyaman, Tips Keluarkan Air dalam Telinga

Ketika air ada di saluran telinga Anda, bakteri yang hidup di sana sepanjang waktu dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Liputan6.com, Jakarta - Anda baru saja selesai berenang atau mandi. Lalu, telinga Anda merasa tersumbat oleh air. Bagaimana cara mengeluarkannya dengan aman bagi kesehatan telinga?

Pada intinya, kondisi seperti ini jangan terlalu lama dibiarkan. Jika Anda tidak segera menanganinya, kondisi ini dapat berakhir dengan infeksi yang dikenal sebagai otitis externa.

Ketika air ada di saluran telinga Anda, bakteri yang hidup di sana sepanjang waktu dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Tetapi Anda harus mengeluarkan air dengan aman. Jika gendang telinga atau tabung pecah di telinga, Anda harus ekstra hati-hati dengan cara mengeringkan telinga.

Pertama, keringkan telinga luar Anda dengan handuk atau kain dengan lembut. Jangan masukkan kain ke dalam telinga.Angkat kepala Anda ke satu sisi untuk membantu air mengalir keluar.

Tarik cuping telingamu dengan lembut. Ini akan meluruskan saluran telinga Anda dan membantu aliran air.Hidupkan blow dryer Anda pada pengaturan terendah dan tiupkan ke telinga Anda. Pegang setidaknya dengan jarak satu meter.

Selain itu, dalam situasi semacam ini Anda juga diminta untuk menghindari penyeka kapas. Sebab, alat ini malah dapat menghilangkan lilin yang melindungi telinga Anda, mengganggu bakteri alami di saluran telinga, atau mengiritasi kulit tipis saluran telinga.

Jangan menempelkan jari atau kuku di telinga Anda atau menggaruk kulit saluran telinga yang halus. Jangan gunakan hidrogen peroksida atau pengeringan tetes.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Lain

Menguap dan mengunyah bisa membantu mengeluarkan air dari saluran telinga Anda dengan mudah. Melakukan hal ini memberi tekanan pada telinga tengah, sehingga memindahkan cairan masuk ke dalam.

Garam dikenal dengan kemampuannya yang hebat untuk menyerap kelembaban. Plus, bisa digunakan tanpa resiko apapun. Berikut cara-caranya:

- Panaskan 1 sdm garam dalam microwave.

- Masukkan garam ke dalam handuk katun.

- Letakkan kain tersebut di telinga Anda kurang lebih selama lima menit. Ulangi seperlunya.

3 dari 4 halaman

Atasi Sakit Kepala

Meskipun pusing atau sakit kepala sangat umum dan banyak yang sering mengalaminya, itu tidak membuat orang jadi terbiasa. Ketegangan dan rasa pusing yang mengganggu di bagian kepala mana pun dapat memengaruhi suasana hati, pekerjaan, dan bahkan kehidupan sosial Anda.

Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit alih-alih langsung mengonsumsi obat-obatan.

Dilansir dari laman Bright Side, berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala:

1. Melakukan Pijatan di Telinga

Banyak grafik menggambarkan titik-titik akupresur di telinga kita sebagai seorang anak dalam posisi janin, dan ada banyak titik-titik tekanan di telinga kita yang sesuai dengan berbagai bagian tubuh kita.

Menerapkan tekanan lembut pada titik yang terletak tepat di belakang daun telinga dapat meredakan sakit kepala, dan menekan titik di bagian tengah paling atas telinga dapat meredakan ketegangan yang sering menyertai migrain.

2. Menghindari Makanan yang Diasap

Makanan yang diasap kaya akan histamin, bahan kimia yang secara alami ditemukan di dalam tubuh tetapi dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang. Menghilangkan makanan kaya histamin dari diet Anda dapat membantu meredakan migrain yang sering terjadi.

4 dari 4 halaman

3. Kompres dengan Air Dingin

Jika sakit kepala Anda begitu kuat sehingga Anda hampir tidak bisa bangun, maka Anda bisa mengompres dengan air dingin ke leher atau kepala Anda dapat membantu meringankan gejala yang mengganggu. Karena menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, mengoleskan kantong berisi es atau paket gel dingin ke kepala dapat mengurangi nyeri migrain.

4. Minum Kopi

Banyak pecinta kopi tahu bahwa tidak ada yang bisa membuat sakit kepala di pagi hari hilang lebih cepat daripada secangkir kopi panas. Selain meningkatkan mood dan membantu Anda menghadapi hari, menyeruput kopi terbukti memiliki efek positif pada sakit kepala.

Ingatlah untuk tidak meminumnya terlalu banyak karena penghentian kafein dapat menyebabkan migrain alih-alih membantu meredakannya.

5. Pilih Olahraga yang Tepat

Tetap aktif dan berolahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda, tetapi jika Anda terbiasa dengan sakit kepala yang mengganggu, Anda mungkin ingin memperhatikan jenis olahraga yang Anda pilih.

Beberapa aktivitas berdampak tinggi, seperti mengangkat beban berat, dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai "sakit kepala angkat besi".

Latihan yang lebih pelan, sebaliknya, dapat membantu ketika berhadapan dengan migrain. Misalnya, yoga dapat melepaskan ketegangan di tubuh Anda, yang pada gilirannya menurunkan risiko sakit kepala tegang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.