Gibran Bersama Shopee Bawa Ratusan Produk UMKM Tembus Pasar Eropa dalam Java in Paris

Oleh Tommy Kurnia pada 09 Jun 2022, 15:01 WIB
Diperbarui 09 Jun 2022, 15:01 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di acara Java in Paris oleh Shopee.
Perbesar
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di acara Java in Paris oleh Shopee, 9 Juni 2022.

Liputan6.com, Paris - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara Java in Paris yang digelar Shopee. Acara itu membawa produk-produk Kota Solo dan sekitarnya untuk dipamerkan di Paris. Turut hadir pula Duta Besar RI untuk Prancis Mohamad Oemar, co-founder Shopee Ye Gang, serta penyanyi Anggun C Sasmi.

Dalam sambutannya, Dubes Oemar menjelaskan kenapa Paris adalah lokasi ideal untuk menampilkan produk-produk lokal, sebab kota tersebut merupakan tempat bersaing produk-produk ternama internasional.

"Paris adalah pusat dari karya-karya kreatif di dunia fashion kuliner kerajinan dan berbagai karya-karya kreatif dunia bersaing di sini," ujar Dubes Oemar dalam acara Paris in Java, Kamis (9/6/2022). 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengamini ucapan Dubes Oemar. Putra dari Presiden Jokowi itu juga menyorot bahwa pandemi COVID-19 sangat berdampak kepada usaha-usaha kecil dan menengah, sehingga acara Shopee diharapkan bisa mendongkrak daya saing para UMKM. 

Gibran yang juga pernah berkecimpung di dunia usaha berharap bisa banyak pelajaran yang bisa diambil dari produk-produk Indonesia di Paris. Ia juga mengapresiasi acara Shopee ini karena memberikan kesempatan untuk memamerkan produk-produk dari Solo.

"Ini kesempatan kita satu bulan penuh diberikan kesempatan untuk mendisplay produk terbaik dari Kota Solo dan sekitarnya. Ini adalah momen yang sangat baik sekali lagi untuk memperlihatkan keanekaragaman kebudayaan kita," ujar Gibran.

"Saya berharap teman-teman UMKM yang sudah mendapatkan kesempatan untuk hadir pada acara hari ini dan 1 bulan kedepan bisa lebih Meningkatkan lagi levelnya, menaikkelaskan produknya, memperbaiki packaging-nya, dan ini momen yang sangat baik sekali lagi untuk menembus pasar dunia," ujar Gibran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengenal Indonesia

Anggun C. Sasmi di acara Shopee Java in Paris.
Perbesar
Anggun C. Sasmi di acara Shopee Java in Paris pada 9 Juni 2022. Dok: Shopee

Acara ini turut didukung oleh Amandine de Souza yang merupakan Direktur BHV Marais. Ia bercerita proses kurasi produk-produk Indonesia yang tampil di Paris, serta potensi kolaborasi Indonesia-Prancis.

Amandine de Souza menekankan sisi otentik dan modern dari produk-produk yang bisa memberikan sudut pandang Indonesia. Produk-produk batik, kopi, coklat, dan teh Indonesia juga ia sorot. 

BHV juga berusaha menampilkan produk-produk baru dan menarik bagi pelanggannya yang juga banyak merupakan anak-anak muda. Amandine pun berterima kasih kepada Wali Kota Gibran karena menjembatani BHV dengan para pengrajin dari Solo.

Sementara, Ye Gang berharap acara ini menjadi awal mula untuk mengembangkan UMKM Indonesia ke depannya. 

"Saya harus ini adalah langkah awal, saya harap ini adalah titik permulaan, dan saya harap ada lebih banyak perusahaan yang bergabung dengan kita, bersama-sama dengan pemerintah Indonesia, begitu juga dengan pemerintah-pemerintah daerah," jelasnya.

Penyanyi Anggun C. Sasmi juga hadir untuk menyanyikan lagu tradisional dan lagu Mimpi.

Performa Anggun ditonton warga Indonesia di Paris, serta warga lokal. Saat tampil di jalanan, Anggun hadir ditemani para artis yang juga membawa tarian khas Indonesia.  

 


Shopee Raih Popularitas Tinggi di Ramadan 2022

Produk penjual paling banyak dicari.
Perbesar
Keuntungan didapatkan oleh para penjual ketika kampanye Shopee Bog Ramadan Sale 2022 berlangsung.

Sebelumnya dilaporkan, pada bulan Ramadan 2022 lalu, Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama 3 bulan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Dalam riset Snapcart terkait “Perilaku Belanja Online Masyarakat Selama bulan Ramadan” menunjukkan bahwa 77% responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja persiapan dan kebutuhan selama bulan Ramadan. Hasil ini diikuti Tokopedia (19%) dan Lazada (4%).

Belanja online memang menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan Ramadan. Tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022.

Sebagian masyarakat Indonesia (68% dari hasil riset) memilih untuk berbelanja baju lebaran serta aksesoris melalui e-commerce. Kemudian, diikuti sebanyak 49% responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan. Lalu, sebanyak 45% responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31% responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga.

Kategori produk terpopuler selama bulan Ramadan ini juga nyatanya sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia. Hal ini selaras seperti yang disampaikan oleh Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia,

“Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu.”


Hasil Riset Snapchart

Hasil Riset Snapcart
Perbesar
Hasil Riset Snapcart: Perilaku Belanja Online Selama Ramadan 2022

Hasil riset Snapcart juga menunjukkan bahwa e-commerce tidak hanya dijadikan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan harian atau pendukung dengan keuntungan terbaik. Platform belanja online ini juga dipilih oleh masyarakat untuk menjadi salah satu opsi kegiatan yang dapat menemani waktu menjelang berbuka puasa. Demi menjawab ragam kebutuhan dan hiburan, para pemain e-commerce terus berusaha untuk berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur baru.

“Jika ditelaah saat ini, kami melihat aspek yang membuat masyarakat untuk memilih destinasi belanja online dipengaruhi oleh banyak hal seperti promo, pilihan produk yang ditawarkan, hingga fitur hiburan. Dimana melalui survey ini terlihat bahwa Shopee unggul khususnya dalam hal Membantu Kebutuhan Ramadan, Banyak Fitur, Inovasi & Games serta Sering Promo Ramadan. Hal inilah yang membuat kuatnya nilai saing Shopee khususnya selama bulan Ramadan,” sambung Astrid.

Berdasarkan hasil riset, Shopee tetap unggul dibandingkan Tokopedia dan Lazada dari ketiga aspek yaitu: pemenuhan kebutuhan selama Ramadan, fitur yang tersedia, dan promo yang diadakan dengan persentase sebagai berikut. 

Untuk urusan membantu kebutuhan ramadan: Shopee (74%), Tokopedia (19%) dan Lazada (4%). Sedangan untuk fitur, inovasi dan game, masing-masing persentasenya Shopee (80%), Tokopedia (14%), dan Lazada (3%). Pada bagian promo, persentase Shopee (76%), Tokopedia (18%) dan Lazada (4%).

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya