Sukses

8 Juni 2017: Ledakan Terjadi di Dekat Kedutaan AS di Kiev

Ledakan di area Kedutaan Besar AS di Kiev dianggap sebagai tindakan terorisme.

Liputan6.com, Kiev - Sebuah ledakan terjadi di dekat Kedutaan Besar Amerika Serikat di ibu kota Ukraina, Kiev. Informasi itu disampaikan oleh juru bicara kepolisian setempat, Oksana Blischik pada dini hari tanggal 8 Juni 2017.

"Ledakan di area Kedutaan Besar AS di Kiev dianggap sebagai tindakan terorisme," tulis Blischik pada halaman Facebook-nya yang dikutip dari Tass, Rabu (8/6/2022).

"Tak ada korban cedera dilaporkan," tambah dia.

Layanan pers polisi kemudian mengatakan ledakan tersebut terjadi di Distrik Shevchenkovsky di Kiev pada Kamis pukul 00.05 waktu setempat.

"Penyidik menemukan bahwa orang yang tidak dikenal melemparkan bahan peledak yang belum diketahui di wilayah misi diplomatik," kata polisi.

Saat ini penyidik tengah berada di tempat kejadian, melakukan penyelidikan.

Mengutip Russian Today, insiden yang melibatkan bahan peledak terjadi cukup sering di Ukraina. Sebelumnya pada Senin, 5 Juni 2017 pagi terjadi ledakan granat yang menewaskan seorang pria dan membuat seorang wanita terluka parah di Vyshgorod, sebuah kota 8 km sebelah utara Kiev.

Pada malam 28 Mei, sebuah granat juga dilemparkan pada properti milik pengusaha lokal di Desa Sifievskaya Boshchagovka. Untungnya ledakan itu tidak menyakiti siapa pun dan hanya menghancurkan jendela di rumah tersebut.

Seminggu sebelumnya, sebuah granat dilemparkan pada malam hari ke kantor sebuah organisasi nasionalis Ukraina di Kiev. Dan pada malam 1 Mei, bahan peledak meledak di dekat sebuah sekolah di Les Kurbas.

Polisi Ukraina menyelidiki insiden sebelumnya sebagai kasus holiganisme.

Misi diplomatik juga pernah menjadi sasaran. Pada Maret lalu, konsulat Polandia di Lutsk juga rusak berat akibat ledakan dari peluncur roket anti-tank.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kondisi Ukraina di Tahun 2022

Invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke- 100 pada hari Jumat (3 Juni) tanpa akhir yang terlihat dari pertempuran yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat kota menjadi puing-puing.

Setelah menghentikan serangannya di ibu kota, Kiev, Rusia menekan di timur dan selatan dalam menghadapi sanksi yang meningkat dan serangan balasan Ukraina yang sengit yang didukung oleh senjata Barat. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Jumat (3/6/2022). 

Beberapa peristiwa penting dalam konflik sejauh ini:

24 Februari: Rusia menginvasi Ukraina dari tiga front dalam serangan terbesar terhadap negara Eropa sejak Perang Dunia II. Puluhan ribu melarikan diri.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan "operasi militer khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mentweet: "Rusia telah memulai jalan kejahatan, tetapi Ukraina membela diri."

25 Februari: Pasukan Ukraina memerangi penjajah Rusia di utara, timur dan selatan. Artileri menghantam Kiev dan daerah sekitarnya.

 

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

1 Maret: Seorang pejabat AS mengatakan kolom lapis baja Rusia sepanjang mil yang menahan Kiev dilanda masalah logistik.

Rusia menyerang sebuah menara TV di Kiev dan mengintensifkan pemboman jarak jauhnya terhadap Kharkiv di timur laut dan kota-kota lain, dalam apa yang dilihat sebagai perubahan taktik Moskow karena harapannya untuk menyerang cepat di ibu kota memudar.

2 Maret: Pasukan Rusia memulai pengepungan di pelabuhan tenggara Mariupol , yang dianggap penting bagi upaya Moskow untuk menghubungkan wilayah Donbas timur dengan Krimea, semenanjung Laut Hitam yang direbut Rusia pada tahun 2014.

Pasukan Rusia memasuki pelabuhan Laut Hitam Kherson, pusat kota besar pertama yang direbut.

Satu juta orang telah meninggalkan Ukraina, kata badan pengungsi PBB.

4 Mar: Pasukan Rusia merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia , yang terbesar di Eropa. Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menolak seruan Ukraina untuk zona larangan terbang, dengan mengatakan mereka akan meningkatkan konflik.

4 dari 7 halaman

Peristiwa Penting

8 Maret: Warga sipil melarikan diri dari kota timur laut Sumy di koridor kemanusiaan pertama yang berhasil disetujui. Dua juta kini telah meninggalkan Ukraina, kata UNHCR.

9 Maret: Ukraina menuduh Rusia mengebom rumah sakit bersalin di Mariupol , mengubur orang-orang di reruntuhan. Rusia mengatakan pejuang Ukraina menduduki gedung itu.

13 Maret: Rusia memperluas perangnya jauh ke Ukraina barat, menembakkan rudal ke pangkalan dekat perbatasan dengan anggota NATO Polandia.

16 Maret: Ukraina menuduh Rusia mengebom teater Mariupol tempat ratusan warga sipil berlindung. Moskow menyangkalnya.

25 Maret: Moskow menandakan pergeseran fokus untuk membuat keuntungan di timur, sementara pasukan Ukraina mendesak untuk merebut kembali kota-kota di luar Kyiv.

30 Maret: Lebih dari 4 juta orang telah meninggalkan Ukraina, kata UNHCR.

5 dari 7 halaman

Kejadian selama Invasi

3-4 April: Ukraina menuduh Rusia melakukan kejahatan perang setelah kuburan massal dan mayat orang yang ditembak dari jarak dekat ditemukan di kota Bucha yang direbut kembali. Kremlin menyangkal bertanggung jawab dan mengatakan gambar mayat dipentaskan.

8 April: Ukraina menyalahkan Rusia atas serangan rudal di stasiun kereta api di Kramatorsk yang menewaskan sedikitnya 52 orang yang mencoba melarikan diri dari serangan timur. Moskow menyangkal bertanggung jawab.

14 April: Kapal perang utama Rusia di Laut Hitam, Moskva , tenggelam setelah apa yang dikatakan Ukraina sebagai serangan rudal . Rusia menyalahkan ledakan amunisi.

18 April: Rusia meluncurkan apa yang digambarkan Ukraina sebagai Pertempuran Donbas , kampanye untuk merebut dua provinsi dan menyelamatkan kemenangan medan perang.

21 April: Putin menyatakan Mariupol "dibebaskan" setelah hampir dua bulan pengepungan, tetapi ratusan pembela bertahan di dalam pabrik baja Azovstal yang besar di kota itu.

6 dari 7 halaman

Invasi Berlanjut

25-26 April: Transdniestria, wilayah pro-Rusia yang memisahkan diri di Moldova, mengatakan ledakan menghantam sebuah kementerian dan dua tiang radio. Ia menyalahkan negara tetangga Ukraina. Kyiv menuduh Moskow melancarkan serangan untuk mencoba memperluas konflik.

28 April: Rusia menembakkan dua rudal ke Kyiv selama kunjungan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres , kata Ukraina. Kremlin menuduh Ukraina menyerang wilayah Rusia di dekat perbatasan.

1 Mei: Sekitar 100 warga sipil Ukraina dievakuasi dari reruntuhan pabrik baja Azovstal Mariupol, dalam apa yang dikatakan PBB sebagai "operasi lintas yang aman".

7 Mei: Sebanyak 60 orang dikhawatirkan tewas setelah sebuah bom menyerang sebuah sekolah desa di Bilohorivka, Ukraina timur, kata gubernur regional.

9 Mei: Putin mendesak Rusia untuk berperang dalam pidato Hari Kemenangan yang menantang, tetapi diam tentang rencana untuk setiap eskalasi di Ukraina.

10 Mei: Ukraina mengatakan pasukannya telah merebut kembali desa-desa di utara dan timur laut Kharkiv dalam serangan balasan.

12 Mei: Lebih dari 6 juta orang telah meninggalkan Ukraina, kata UNHCR.

14 Mei: Pasukan Ukraina melancarkan serangan balasan di dekat kota Izium yang dikuasai Rusia timur, kata gubernur.

18 Mei: Finlandia dan Swedia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO , sebuah langkah yang akan mengarah pada perluasan aliansi militer Barat yang ingin dicegah oleh Putin.

20 Mei: Rusia mengatakan pejuang terakhir Ukraina yang bertahan di pabrik baja Azovstal Mariupol telah menyerah. Beberapa jam sebelumnya, Zelenskyy mengatakan militer Ukraina telah memberi tahu para pembela bahwa mereka bisa keluar dan menyelamatkan hidup mereka.

21-22 Mei: Rusia melancarkan serangan di Luhansk, salah satu dari dua provinsi di Donbas, dengan fokus menyerang kota kembar Sloviansk dan Sievierodonetsk.

23 Mei: Dalam pengadilan kejahatan perang pertama dari konflik tersebut, pengadilan Kyiv menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang komandan tank muda Rusia karena membunuh seorang warga sipil yang tidak bersenjata.

7 dari 7 halaman

Situasi Terakhir

25 Mei: Putin menandatangani dekrit yang menyederhanakan proses bagi penduduk distrik yang baru direbut untuk memperoleh kewarganegaraan dan paspor Rusia dalam upaya untuk memperkuat cengkeraman Moskow di wilayah yang disita.

29 Mei: Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyebut "pembebasan" Donbas sebagai "prioritas tanpa syarat" untuk Moskow, sementara pasukan Rusia tampaknya hampir merebut seluruh wilayah Luhansk di sana setelah berhari-hari memperoleh keuntungan yang lambat tapi pasti.

31 Mei: Pejabat setempat mengatakan tidak mungkin lagi mengevakuasi warga sipil yang terperangkap di Sievierodonetsk, di mana pasukan Ukraina masih bertahan tetapi sebagian besar kota itu berada di bawah kendali Rusia.

1 Juni: Rusia mengkritik keputusan AS untuk memasok sistem roket canggih ke Ukraina, memperingatkan bahwa hal itu dapat memperluas konflik dan meningkatkan risiko konfrontasi langsung dengan Washington.

2 Juni: Zelenskyy memohon lebih banyak senjata Barat untuk membantu Ukraina mencapai "titik belok" dan menang dalam perang. Uni Eropa memberikan persetujuan akhir untuk sanksi baru terhadap minyak Rusia dan bank terkemuka Sberbank.

3 Juni: Ukraina tidak berencana menggunakan sistem peluncuran roket ganda yang diterimanya dari Amerika Serikat untuk menyerang fasilitas di Rusia, kata penasihat presiden Ukraina. Kementerian pertahanan Inggris mengatakan bahwa pada hari ke-100 invasi Rusia, Moskow telah gagal mencapai tujuan awalnya untuk merebut Kyiv dan pusat-pusat pemerintahan tetapi mencapai keberhasilan taktis di Donbas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.