Kasus COVID-19 Berkurang, Kehidupan di Beijing Berangsur Normal

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 07 Jun 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2022, 11:00 WIB
Pembatasan Dilonggarkan, Restoran di Beijing Kembali Dibuka
Perbesar
Pelayan melayani pelanggan di restoran yang dibuka kembali di pusat perbelanjaan saat kasus COVID-19 turun di Beijing, Senin (6/6/2022). Pengunjung kembali ke restoran di sebagian besar Beijing untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan sebagai pihak berwenang lebih lanjut melonggarkan pembatasan terkait pandemi wabah COVID-19. (AP Photo/Andy Wong)

Liputan6.com, Beijing - Pada Senin (6/6) pagi, pengunjung yang menggunakan masker melalui pemeriksaan suhu dan laporan tes antigen atau PCR sebelum memasuki restoran masakan Sichuan di Beijing timur. 

Para pengunjung duduk di meja terpisah sambil menikmati makanan mereka.

Dilansir dari laman Xinhua, Selasa (7/6/2022), ini menandai pertama kalinya pelanggan dapat menikmati makanan yang memuaskan di sebuah restoran selama lebih dari 30 hari terakhir setelah ibu kota menangguhkan makan di dalam ruangan untuk menahan gelombang terbaru COVID-19.

Mulai Senin, restoran di Beijing dapat menyambut pelanggan lagi jika yang terakhir telah dites negatif untuk virus corona baru dalam tiga hari sebelumnya, kata pemerintah kota.

Sejak berita itu dirilis, telepon terus berdering di Restoran Meizhou Dongpo cabang Tuanjiehu di Distrik Chaoyang Beijing. 

"Banyak pelanggan menelepon untuk memesan meja," kata Wu Xiuli, kepala cabang.

Meski kapasitas restoran dibatasi hingga setengahnya, Wu merasa yakin bahwa bisnis akan segera kembali normal.

Tidak ada infeksi COVID-19 lokal baru yang dilaporkan di Beijing dalam 15 jam yang berakhir pada pukul 3 sore hari Senin, dan tidak ada infeksi yang terdaftar di tingkat komunitas dari Sabtu hingga Senin sore, Pang Xinghuo, wakil kepala pusat pencegahan dan pengendalian penyakit kota Beijing, katanya dalam konferensi pers, Senin (6/6).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aturan Pembatasan Dilonggarkan

Pembatasan Dilonggarkan, Restoran di Beijing Kembali Dibuka
Perbesar
Seorang wanita bersulang dengan temannya di restoran yang dibuka kembali di sebuah pusat perbelanjaan di Beijing, Senin (6/6/2022). Pengunjung kembali ke restoran di sebagian besar Beijing untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan sebagai pihak berwenang lebih lanjut melonggarkan pembatasan terkait pandemi wabah COVID-19. (AP Photo/Andy Wong)

Ketika wabah terus mereda, kota itu akan semakin melonggarkan pembatasan respons epidemi dan terus kembali normal.

Mulai Senin, kurir juga akan diizinkan memasuki komunitas perumahan, dan orang-orang yang bekerja dari rumah dapat kembali ke kantor. Transportasi umum termasuk bus, kereta bawah tanah dan taksi akan kembali beroperasi normal, kata pihak berwenang setempat, Minggu.

Selain siswa kelas 12 yang telah kembali ke kampus sejak 2 Juni, siswa dari semua kelas lain di SD, SMP, dan SMA dapat menghadiri kelas tatap muka mulai 13 Juni, sementara anak TK dapat melanjutkan kelas offline mulai 20 Juni.

Tempat-tempat umum seperti perpustakaan, museum, bioskop, dan pusat kebugaran diizinkan untuk beroperasi kembali, asalkan tidak melebihi 75 persen dari kapasitas maksimum.

Mereka yang memasuki tempat umum, naik transportasi umum, atau menghadiri pertemuan harus menunjukkan laporan tes negatif dalam waktu 72 jam.


Restoran Kembali Beroperasi

Beijing Perluas Kebijakan Kerja dari Rumah
Perbesar
Pekerja yang mengenakan masker mendorong troli yang berisi makanan untuk dibawa pulang melewati restoran hotpot yang tutup di Beijing pada Senin, 23 Mei 2022. Beijing memperpanjang perintah bagi pekerja dan siswa untuk tinggal di rumah dan memerintahkan pengujian massal tambahan pada hari Senin untuk membendung kasus COVID-19 yang kembali meningkat di ibu kota China. (AP Photo/Andy Wong)

Aturan baru akan berlaku di semua distrik di ibu kota Tiongkok kecuali Distrik Fengtai dan beberapa wilayah di Distrik Changping.

Sekitar pukul 10 pagi hari Senin, lebih dari 40 anggota staf restoran bebek panggang di alun-alun perbelanjaan Huaxi Live berada di tempat, mendisinfeksi ruang makan. 

"Toko kami telah tutup selama setengah bulan karena epidemi. Kami tidak bertemu satu sama lain selama periode tersebut, dan kami benar-benar perlu bekerja sama," kata Ji Weidong, manajer restoran.

"Loker pengiriman mulai digunakan lagi di kompleks perumahan saya. Pagi ini, saya juga menerima paket di depan pintu saya. Semuanya tampak kembali normal," kata seorang warga bermarga Tian dari sebuah komunitas di Chaoyang. Sebelumnya, kurir hanya diperbolehkan meninggalkan paket di luar gerbang kompleks masyarakat.


COVID-19 Mereda

Pembatasan Dilonggarkan, Restoran di Beijing Kembali Dibuka
Perbesar
Orang-orang makan siang di restoran yang dibuka kembali di pusat perbelanjaan saat kasus COVID-19 turun di Beijing, Senin (6/6/2022). Pengunjung kembali ke restoran di sebagian besar Beijing untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan sebagai pihak berwenang lebih lanjut melonggarkan pembatasan terkait pandemi wabah COVID-19. (AP Photo/Andy Wong)

Sejak 22 April ketika kasus Omicron yang ditularkan secara lokal, jenis yang sangat menular, dilaporkan di Beijing, kota tersebut telah mematuhi kebijakan nol-COVID yang dinamis, dan menyesuaikan langkah-langkah anti-virusnya sebagai tanggapan terhadap keadaan yang berubah.

Kemajuan telah dibuat dalam tahap pekerjaan pengendalian epidemi saat ini, dan situasinya menjadi lebih baik, kata Xu Hejian, juru bicara pemerintah kota Beijing.

Namun, tidak boleh ada kelambanan dalam pekerjaan pengendalian dan pencegahan virus, tambah Xu.

Beijing telah melaporkan lebih dari 1.800 infeksi COVID-19 yang ditularkan secara lokal pada Senin sore dalam kebangkitan virus terbaru. Itu masih memiliki satu area yang diklasifikasikan berisiko tinggi untuk COVID-19 dan enam area sebagai berisiko sedang.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya