Sukses

Korban Tewas Akibat Kebakaran Depot di Bangladesh Naik Jadi 49, Bahan Kimia Diduga Jadi Penyebab

Kebakaran di sebuah depot di Bangladesh naik jadi 49.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak berwenang Bangladesh menuduh operator depot kontainer pada Senin (6 Juni) tidak memberi tahu petugas pemadam kebakaran tentang persediaan bahan kimia sebelum meledak dengan konsekuensi yang menghancurkan, menewaskan sedikitnya 49 orang - sembilan di antaranya dari dinas pemadam kebakaran.

Jumlah korban akibat ledakan raksasa, yang diikuti kebakaran di Depot Kontainer BM di Sitakunda dan mengirimkan bola api ke angkasa, diperkirakan akan terus meningkat. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (7/6/2022).

Beberapa kontainer masih menyala pada hari Senin, lebih dari 36 jam setelah ledakan, mencegah penyelamat memeriksa daerah di sekitar mereka untuk mencari korban.

Sekitar selusin dari 300 yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Sembilan petugas pemadam kebakaran yang tewas adalah korban terburuk yang pernah ada untuk pemadam kebakaran di negara yang rawan kecelakaan industri, di mana standar keselamatan lemah dan korupsi sering membuat mereka diabaikan.

"Otoritas depot tidak memberi tahu kami bahwa ada bahan kimia mematikan di sana. Sembilan petugas kami tewas. Dua masih hilang. Beberapa orang juga hilang," kata pejabat pemadam kebakaran Mohammad Kamruzzaman kepada AFP.

Purnachandra Mutsuddi, yang memimpin upaya pemadaman kebakaran di fasilitas seluas 26 hektar pada Sabtu malam, mengatakan pihaknya "tidak memiliki rencana keselamatan kebakaran" dan tidak memiliki peralatan pemadam kebakaran untuk memadamkan api sebelum berubah menjadi kobaran api.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keberadaan Bahan Kimia

"Rencana keamanan menjabarkan bagaimana depot akan memadamkan dan mengendalikan api. Tapi tidak ada apa-apa," kata Mutsuddi, asisten direktur stasiun pemadam kebakaran Chittagong, kepada AFP.

"Mereka juga tidak memberi tahu kami tentang bahan kimia itu. Jika mereka melakukannya, korbannya akan jauh lebih sedikit," katanya.

Depot Kontainer BM di Sitakunda, sebuah kota industri 40 km dari Pelabuhan Chittagong, adalah perusahaan patungan antara pengusaha Bangladesh dan Belanda dengan sekitar 600 karyawan, dan mulai beroperasi pada tahun 2012.

Ketuanya disebutkan di situs webnya sebagai Bert Pronk, seorang warga negara Belanda, tetapi AFP tidak dapat menghubunginya untuk memberikan komentar. Beberapa pengusaha Eropa beroperasi di negara ini.

Surat kabar lokal mengatakan salah satu pemiliknya adalah pejabat senior partai berkuasa Liga Awami yang berbasis di Chittagong, yang juga editor harian lokal Bengali.

3 dari 4 halaman

Penyelidikan Masih Berlangsung

Polisi belum menetapkan dakwaan atas kebakaran tersebut.

"Penyelidikan kami sedang berlangsung. Kami akan memeriksa semuanya," kata kepala polisi setempat Abul Kalam Azad.

Gumpalan asap membumbung ke langit pagi yang cerah dari lusinan kontainer 20 kaki di depot pada hari Senin.

“Sekitar 30 hingga 40 kontainer masih membara,” kata inspektur pemadam kebakaran Harunur Rashid. 

"Api sudah terkendali. Tapi bahan kimia adalah masalah utama."

Setelah api benar-benar padam, tim penyelamat akan mencari lebih banyak korban di daerah itu, katanya.

Mujibur Rahman, Direktur Depot Kontainer BM, mengatakan penyebab awal kebakaran belum diketahui.

Depot kontainer itu menampung hidrogen peroksida, menurut kepala dinas pemadam kebakaran Brigadir Jenderal Main Uddin, dan saksi mata mengatakan seluruh kota berguncang ketika bahan kimia itu meledak.

"Ledakan itu mengirim bola api ke langit," kata Mohammad Ali, (60) yang mengelola toko kelontong di dekatnya. "Bola api jatuh seperti hujan.

"Kami sangat takut sehingga kami segera meninggalkan rumah kami untuk mencari perlindungan," tambahnya. "Kami pikir api akan menyebar ke wilayah kami karena penduduknya sangat padat."

4 dari 4 halaman

Timbulkan Kerugian

Elias Chowdhury, kepala dokter di Chittagong, mengatakan dokter di beberapa rumah sakit telah dipanggil kembali dari liburan untuk membantu merawat ratusan orang yang terluka.

Sekitar 90 persen dari sekitar 100 miliar dolar Bangladesh dalam perdagangan - termasuk pakaian untuk H&M, Walmart, dan lainnya - melewati pelabuhan Chittagong di puncak Teluk Benggala.

Rakibul Alam Chowdhury dari Asosiasi Produsen dan Eksportir Garmen Bangladesh (BGMEA) mengatakan bahwa pakaian senilai sekitar US$110 juta musnah dalam kebakaran tersebut.

"Ini kerugian besar bagi industri," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.