Sukses

7 Juni 2017: Misteri Pesawat Militer Burma Hilang di Atas Laut Andaman

Sebuah pesawat militernya, Myanmar Air Force Y-8 aircraft, dilaporkan hilang ketika tengah mengudara di atas Laut Andaman.

Liputan6.com, Laut Andaman - Rabu 7 Juni 2017 tercatat sebagai hari kelam bagi militer Burma (saat ini dikenal sebagai Myanmar). Sebab sebuah pesawat militernya, Myanmar Air Force Y-8 aircraft, dilaporkan hilang ketika tengah mengudara di atas Laut Andaman.

Mengutip BBC, harapan memudar bagi 120 orang di dalam pesawat militer Burma yang hilang di atas Laut Andaman.

Tentara mengatakan pesawat itu terbang antara kota selatan Myeik dan Yangon (Rangoon). Upaya pencarian dan penyelamatan pun dilakukan.

"Komunikasi terputus tiba-tiba sekitar pukul 13:35 [07:05 GMT] ketika mencapai sekitar 20 mil sebelah barat kota Dawei," kata militer Burma dalam sebuah pernyataan.

Ada 106 personel militer dan anggota keluarga serta 14 kru di dalamnya.

Pesawat, Myanmar Air Force Y-8 aircraft atau jenis pesawat pengangkut Y8 buatan China, sudah setengah jam menjalani penerbangan rutin singkat.

Tidak ada laporan cuaca buruk saat itu. Pesawat itu dibeli dari China pada Maret tahun 2016 dan telah mencatat 809 jam terbang, kata militer.

Myanmar telah mengalami sejumlah kecelakaan pesawat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Februari 2016, lima awak pesawat angkatan udara tewas ketika pesawat itu jatuh di ibu kota Nay Pyi Taw. Beberapa bulan kemudian, tiga perwira tewas ketika sebuah helikopter militer jatuh di Myanmar tengah.

Sementara itu, sebuah pesawat komersial Air Bagan melakukan pendaratan darurat pada tahun 2012 dan terbakar, menewaskan dua orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temuan Puing dan Jasad Sehari Kemudian

Sehari kemudian, Kamis 8 Juni, tentara Burma mengatakan puing-puing dan jasad telah ditemukan setelah laporan sebuah pesawat militer hilang dengan 122 orang di dalamnya.

"Puing-puing yang tersebar ditemukan di Laut Andaman," kata militer Burma dalam sebuah pernyataan di halaman Facebook.

Pesawat pengangkut Y-8 buatan China itu membawa 14 awak. Sebagian besar penumpang adalah personel militer dan anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Pesawat itu terbang dari Myeik ke Yangon dan puing-puingnya ditemukan di laut lepas kota pesisir Dawei.

Komunikasi dengan penerbangan terputus pada hari Rabu 7 Juni, setengah jam dalam perjalanan rutin singkat.

Menurut militer, pada Kamis 8 Juni siang, tim pencari telah menemukan 29 jasad - 20 wanita, delapan anak-anak dan satu pria.

Sebuah roda, beberapa jaket pelampung dan beberapa barang bawaan ditemukan sebelumnya.

Jika semua orang di dalam pesawat tewas dalam kecelakaan itu, jumlah korban tewas akan menjadikannya salah satu bencana penerbangan terburuk di negara itu, kata koresponden BBC Myanmar Jonah Fisher.

Penyebab kecelakaan masih belum jelas. Sejauh ini belum ada laporan tentang panggilan mayday dan sifat puing-puing yang tersebar menunjukkan itu bisa pecah di udara.

Meskipun musim hujan di Myanmar, tidak ada laporan cuaca buruk saat itu.

 

3 dari 4 halaman

Hilang Kontak di Ketinggian 18.00 hingga Misteri Penyebab

Mengutip Sky News, militer Myanmar mengatakan kehilangan kontak saat terbang di ketinggian 18.000 kaki di atas Laut Andaman, 29 menit setelah lepas landas.

Sebuah pernyataan di halaman Facebook komandan militer Jenderal Senior Min Aung Hlaing mengatakan pesawat itu diyakini berada sekitar 20 mil (32 km) di sebelah barat Dawei ketika hilang.

Enam kapal angkatan laut dan tiga pesawat militer dikerahkan untuk mencarinya, dengan perburuan berlanjut saat kegelapan.

Seorang pejabat penerbangan sipil di Bandara Myeik, Kyaw Kyaw Htey, mengatakan: "Kami tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat ini setelah kehilangan kontak," menambahkan bahwa cuaca saat lepas landas "normal", dengan jarak pandang yang baik.

Pesawat dengan kapasitas maksimum 200 orang itu dibeli pada Maret 2016 dan memiliki 809 jam terbang.

Ada 2,4 ton pasokan di kapal, kata militer.

4 dari 4 halaman

Evakuasi Korban

Laporan Sky News menyebut, tim pencarian dan penyelamatan Myanmar mengevakuasi jasad dari laut di lepas pantai selatan negara itu Kamis 8 Juni, setelah sebuah pesawat militer itu jatuh dengan lebih dari 120 orang di dalamnya.

Kantor panglima tertinggi Myanmar mengatakan 10 jasad, termasuk lima anak-anak dan empat wanita, telah dievakuasi dari Laut Andaman di dekat tempat pesawat itu jatuh pada Rabu di perairan Launglon, dekat Kota Dawei.

Sebuah sumber polisi setempat, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, menyebutkan jumlah jasad yang ditemukan mendekati 20. Ia mengatakan kepada AFP: "jasad masih dibawa ke pantai terdekat."

Kapal angkatan laut dan pesawat angkatan udara telah menjelajahi ombak sejak Rabu sore, ketika pesawat buatan China menghilang dalam penerbangan rutin dari kota selatan Myeik ke pusat komersial Yangon.

Pada Kamis pagi, sebuah kapal pencari angkatan laut menemukan jasad seorang pria, wanita dan anak-anak, serta koper, jaket keselamatan, dan ban yang diduga berasal dari roda pesawat.

Ada informasi yang saling bertentangan tentang jumlah orang di dalam pesawat Shaanxi Y8 ketika menghilang, tetapi dalam pembaruan terbaru militer mengatakan bahwa pesawat itu membawa total 122 orang.

Lebih dari setengah penumpang berasal dari keluarga militer, termasuk 15 anak-anak, bersama dengan 35 tentara dan 14 awak, kata kantor panglima militer dalam sebuah pernyataan.

Beberapa bepergian untuk pemeriksaan kesehatan atau bersekolah di Yangon.

Kerabat penumpang bersiap untuk yang terburuk saat upaya penyelamatan berlanjut.

Wai Lin Aung mengatakan ibunya, yang berusia 50-an, telah terbang kembali setelah mengunjungi saudara perempuannya, yang menikah dengan seorang tentara yang berbasis di Myeik.

"Seluruh keluarga sangat sedih dan kami menunggu kabar," katanya kepada AFP, suaranya penuh kekhawatiran setelah semalaman tidak bisa tidur.

Ini adalah musim hujan di Myanmar (Burma), tetapi tidak ada badai besar yang dilaporkan di sepanjang jalur penerbangan pesawat pada Rabu sore.

Wakil Direktur Biro Meteorologi, Kyaw Moe Oo, mengatakan "tidak ada cuaca buruk di rute itu" ketika menghilang.

Catatan Keamanan yang Buruk

Militer mengatakan pesawat itu terbang di ketinggian lebih dari 18.000 kaki (5.486 meter) ketika kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara pada pukul 13.35 (07:05 GMT) pada Rabu, sekitar setengah jam setelah lepas landas.

Militer menyebut kapten itu sebagai pilot "berpengalaman" Letnan Kolonel Nyein Chan, yang dikatakan memiliki lebih dari 3.000 jam pengalaman terbang.

Dia menerbangkan turboprop empat mesin Shaanxi Y8, pesawat angkut jarak menengah buatan China yang populer berdasarkan Soviet Antonov An-12, pesawat yang banyak digunakan yang telah mengalami banyak kecelakaan selama beberapa dekade.

Mantan junta Myanmar membeli beberapa unit selama 50 tahun pemerintahan mereka yang terisolasi, ketika mereka diperas oleh sanksi Barat.

Militer mengatakan pesawat yang jatuh itu dikirim pada Maret 2016 dan memiliki total 809 jam terbang.

Puing-puing itu ditemukan di Laut Andaman, di utara lokasi terakhir yang diketahui dari Malaysia Airlines penerbangan 370.

Pesawat itu hilang pada Maret 2014 dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan 239 orang di dalamnya, tetapi tidak ada puing-puing yang pernah ditemukan.

Armada militer Myanmar memiliki sejarah kecelakaan pesawat.

Seorang mantan eksekutif di kementerian penerbangan mengatakan banyak dari pesawat itu tua.

"Angkatan udara Myanmar memiliki kinerja keselamatan yang sangat buruk," katanya, meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Lima kru tewas ketika sebuah pesawat angkatan udara terbakar segera setelah lepas landas dari ibu kota Naypyidaw pada Februari tahun 2016.

Tiga perwira militer juga tewas pada bulan Juni ketika helikopter Mi-2 mereka menabrak lereng bukit dan terbakar di Bago selatan-tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.