Sukses

Parade LGBT Digelar di Bangkok Pertama Kali dalam 16 Tahun

Bangkok menggelar parade LGBT yang menyuarakan kebebasan berekspresi.

Liputan6.com, Bangkok - Ibu kota Thailand menyaksikan ledakan kemewahan dan kemilau pada hari Minggu (5 Juni) saat komunitas LGBTQ negara itu merayakan parade pertama mereka dalam hampir 16 tahun. Namun di sisi lain, para hadirin memperingatkan bahwa kesetaraan sejati masih jauh.

Bangkok's Naruemit Pride 2022 - Naruemit berarti ciptaan dalam bahasa Thailand - diselenggarakan oleh koalisi kelompok non-pemerintah dengan gubernur kota yang baru diratifikasi Chadchart Sittiput juga mendukungnya. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Senin (6/6/2022).

Para peserta dan orang-orang dari semua jenis kelamin, termasuk artis drag, pekerja seks, feminis dan bahkan beberapa berbulu - orang yang tertarik atau berpakaian sebagai karakter hewan dengan kepribadian manusia - dibatasi salah satu jalan utama megalopolis untuk parade resmi pertama sejak 2006.

"Saya merasa sangat bahagia," kata waria bernama Johnnie Phurikorn, yang telah memasangkan lipstik merahnya dengan gaun ruffle merah yang meriah untuk parade pertamanya.

"Saya merasa senang dan bersyukur memiliki momen ini," kata pria berusia 31 tahun itu, tetapi menambahkan bahwa negaranya perlu berbuat lebih banyak untuk mendukung individu LGBTQ.

Sementara negara Asia Tenggara memiliki komunitas LGBTQ yang sangat terlihat, banyak yang masih menghadapi rintangan besar dan diskriminasi di kerajaan mayoritas Buddha yang konservatif.

"Saya tidak ingin orang berpikir kami berbeda," kata Maysa Petkam, salah satu kontestan kontes kecantikan transgender Miss Tiffany Universe.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangkan Hak Dasar

"Kami tidak menginginkan lebih banyak hak daripada jenis kelamin lain, kami hanya menginginkan hak-hak dasar," katanya, mencatat bagaimana masyarakat masih menghadapi diskriminasi setiap hari.

"Saya berharap undang-undang pernikahan sesama jenis disahkan sehingga akan ada undang-undang yang melindungi dan mengurangi ketidaksetaraan gender," tambahnya, memantapkan mahkota pusingnya saat dia menekankan maksudnya.

Untuk pasangan bertunangan, Anticha Sangchai dan Vorawan Ramwan, pertanyaan tentang kesetaraan pernikahan sangat relevan.

Pasangan dalam gaun putih yang hening menarik perhatian orang banyak - dan kemudian media sosial - dengan upacara pernikahan mereka di tengah-tengah parade.

"Teman-teman tercinta saya berjalan bersama dan memberi kami momen spesial dalam hidup kami," kata Anticha kepada AFP, menyebut pengalaman di antara orang banyak itu sebagai suatu "kehormatan".

3 dari 3 halaman

Belum Legal

Parlemen Thailand belum melegalkan pernikahan sesama jenis, dengan kabinet Thailand pada bulan Maret mendorong kembali proposal yang mengakui serikat pekerja secara setara.

"Setiap orang berhak membesarkan keluarga, cinta, dan pernikahan dengan siapa pun yang mereka cintai," kata Anticha.

"Mengapa kita tidak bisa melakukan itu sebagai manusia?"

Sekelompok besar berkumpul di bawah salah satu stasiun metro kota - sebagian memblokir jalan utama - dan memberikan pertunjukan drag dadakan dengan lagu-lagu Madonna, Lady Gaga dan Katy Perry.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.