Sukses

CDC: Lebih dari 700 Kasus Cacar Monyet Menyebar di Dunia, 21 di AS

CDC AS menyatakan bahwa lebih dari 700 kasus cacar monyet sudah menyebar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan Jumat (3 Juni) bahwa pihaknya mengetahui lebih dari 700 kasus cacar monyet global, termasuk 21 di Amerika Serikat, dengan penyelidikan sekarang menunjukkan bahwa itu menyebar di dalam negeri.

Enam belas dari 17 kasus pertama termasuk di antara orang-orang yang diidentifikasi sebagai pria yang berhubungan seks dengan pria, menurut laporan CDC baru, dan 14 dianggap terkait dengan perjalanan. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (5/6/2022). 

Semua pasien dalam pemulihan atau telah pulih, dan tidak ada kasus yang fatal.

"Ada juga beberapa kasus di Amerika Serikat yang kami tahu terkait dengan kasus yang diketahui," Jennifer McQuiston, wakil direktur Divisi Patogen dan Patologi Konsekuensi Tinggi CDC, mengatakan kepada wartawan melalui telepon.

"Kami juga memiliki setidaknya satu kasus di Amerika Serikat yang tidak memiliki hubungan perjalanan atau mengetahui bagaimana mereka memperoleh infeksi mereka."

Cacar monyet adalah penyakit langka yang terkait dengan penyakit cacar, tetapi tidak separah cacar, menyebabkan ruam yang menyebar, demam, kedinginan, dan nyeri, di antara gejala lainnya.

Umumnya terbatas di Afrika barat dan tengah, kasus telah dilaporkan di Eropa sejak Mei dan jumlah negara yang terkena dampak telah bertambah sejak itu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebaran Cacar Monyet di Eropa

Kanada juga merilis angka baru pada hari Jumat, menghitung 77 kasus yang dikonfirmasi - hampir semuanya terdeteksi di provinsi Quebec, tempat vaksin telah dikirimkan.

Meskipun penyebaran barunya mungkin terkait dengan festival gay tertentu di Eropa, cacar monyet tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual, dengan faktor risiko utama adalah kontak kulit-ke-kulit yang dekat dengan seseorang yang menderita luka cacar monyet.

Seseorang menular sampai semua luka berkeropeng dan kulit baru terbentuk.

Raj Panjabi, direktur senior untuk keamanan kesehatan global dan divisi biodefense Gedung Putih, menambahkan bahwa 1.200 vaksin dan 100 kursus pengobatan telah dikirimkan ke negara bagian AS, di mana mereka ditawarkan untuk menutup kontak dari mereka yang terinfeksi.

Saat ini ada dua vaksin resmi: ACAM2000 dan JYNNEOS, yang awalnya dikembangkan untuk melawan cacar.

3 dari 3 halaman

Cadangan Vaksin

Meskipun cacar telah dieliminasi, Amerika Serikat menyimpan vaksin di cadangan nasional strategis jika digunakan sebagai senjata biologis.

JYNNEOS adalah yang lebih modern dari dua vaksin, dengan efek samping yang lebih sedikit.

"Kami terus memiliki lebih dari cukup vaksin yang tersedia," Dawn O'Connell, asisten sekretaris untuk kesiapsiagaan dan tanggapan di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, mengatakan kepada wartawan.

Pada akhir Mei, CDC mengatakan memiliki 100 juta dosis ACAM200 dan 1.000 dosis JYNNEOS yang tersedia, tetapi O'Connell mengatakan Jumat bahwa angka-angka itu telah bergeser, meskipun dia tidak dapat mengungkapkan angka pastinya karena alasan strategis.

CDC juga telah mengizinkan dua antivirus yang digunakan untuk mengobati cacar, TPOXX dan Cidofovir, untuk digunakan kembali untuk mengobati monkeypox.

"Siapa pun bisa terkena cacar monyet dan kami dengan hati-hati memantau cacar monyet yang mungkin menyebar di populasi mana pun, termasuk mereka yang tidak mengidentifikasi diri sebagai laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki," kata McQuiston.

Karena itu, CDC sedang melakukan penjangkauan khusus di komunitas LGBT, tambahnya.

Kasus yang dicurigai "harus siapa saja dengan karakteristik ruam baru," atau siapa saja yang memenuhi kriteria kecurigaan tinggi seperti perjalanan yang relevan, kontak dekat, atau menjadi pria yang berhubungan seks dengan pria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.