Sukses

Pangeran Harry dan Meghan Markle Disoraki Rakyat Inggris Usai Hadiri Acara Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry dan Meghan Markle datang ke Inggris untuk menghadiri rangkaian acara Jubilee Platinum dari Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Kontroversi Megxit ternyata masih menyisakan kontroversi di benak rakyat Inggris. Terbukti, Pangeran Harry dan Meghan Markle disoraki keras oleh para rakyat Inggris di acara peringatan 70 tahun masa kekuasaan Ratu Elizabeth II alias Platinum Jubilee. 

Sorakan terhadap Harry dan Meghan terjadi ketika pasangan itu beranjak St. Paul's Cathedral, Jumat (3/6).

Pangeran Harry sempat mengobrol dulu dengan sepupunya, Zara dan Peter (anak-anak Putri Anne), kemudian ia menuruni tanda katedral untuk menuju mobil. Awalnya terdengar tepuk tangan sukacita, kemudian mulai terdengar sorakan kesal dari para rakyat Inggris.  

Proses Platinum Jubilee ini berlangsung meriah di Inggris. Ada banyak acara simbolis menarik untuk merayakan 70 tahun masa kekuasaan Ratu Elizabeth II. Tahun ini, Ratu Elizabeth II dan ditemani suaminya, Philip, yang tutup usia pada April 2021.

Meghan Markle menuai kontroversi karena menuding ada anggota keluarga kerajaan Inggris yang bersikap rasis ke anaknya yang baru lahir. Meghan menyebut hal itu dalam acara bersama Oprah Winfrey. Ia tak mengungkap siapa sosok yang rasis tersebut, sehingga rumor bermunculan.

Usai menikah dengan Meghan Markle, Pangeran Harry secara resmi memutuskan untuk berhenti melaksanakan tugas-tugas kerajaan. Namun, ia masih bisa mewarisi takhta kerajaan Inggris. 

Saat ini, Pangeran Harry berada di urutan keenam. Dua anak Pangeran Harry, Archie dan Lilibet, berada di urutan ketujuh dan kedelapan untuk mewarisi takhta Inggris. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dijemput Mobil Anti-Peluru

Pangeran Harry dan Meghan Markle dikabarkan telah mendarat di Inggris jelang peringatan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II yang akan berlangsung mulai Kamis (2/6). Pasangan mantan anggota senior kerajaan itu membawa serta dua anak mereka, Archie Harrison dan Lilibet Diana.

Pasangan Sussex disebut tiba secara rahasia menggunakan pesawat jet pribadi pada Rabu, 1 Juni 2022. Mereka lalu disambut tiga petugas penjaga Ratu. Sebuah mobil anti-peluru juga dikirimkan nenek Pangeran Harry itu untuk mengangkut keluarga tersebut dari Bandara Farnborough, Hants, ke Frogmore Cottage di Windsor.

 

"Sang ratu meyakini itu hal yang benar yang harus dilakukan," ucap seorang sumber, dikutip dari laman The Sun.

Keluarga Harry dan Meghan diduga masuk ke bagian belakang mobil Volkswagen berkaca gelap. Mereka bepergian tanpa rombongan besar mereka atau staf senior dari lembaga amal Archewell mereka.

Kru kamera dari Netflix, yang dikatakan merekam pasangan itu di rumah mereka yang bernilai 11 juta poundsterling di Montecito, juga tidak ikut dalam perjalanan tersebut. Mobil yang ditumpangi mereka tanpa pengawalan polisi itu lalu mengarah ke Windsor setelah 40 menit mengemudi. Di sana, mereka akan menginap di Frogmore Cottage yang sewanya telah diperpanjang setahun ke depan. 

Sementara, Ratu Inggris yang berusia 96 tahun itu dijadwalkan tampil di balkon Istana Buckingham untuk menikmati pertunjukan terbang bebas RAF, angkatan udara Inggris, menandai rangkaian perayaan Platinum Jubilee-nya. Namun, dia tidak akan menghadiri Trooping the Color bersama Meghan dan Harry, tempat Pangeran Charles akan memberi penghormatan.

3 dari 4 halaman

Ikut di Balkon Istana

Sementara itu, Harry dan Meghan mendarat di Inggris pada siang hari setelah melakukan penerbangan nonstop dari Santa Barbara, California. Mereka diberikan kursi utama untuk menonton Trooping the Colour. Polisi belum bisa memastikan apakah Archie dan Lilibet akan bergabung.

Pejabat istana mengkonfirmasi Harry dan Meghan akan berbaris dengan Duchess of Cambridge dan Duchess of Cornwall. Perayaan itu juga akan diikuti oleh Beatrice dan Eugenie serta Zara Tindall di Kantor Mayor Jenderal yang menghadap ke Parade Penjaga Kuda. Tetapi, tidak ada tempat untuk Pangeran Andrew yang terbelit masalah pelecehan seksual.

Setelah penampilannya di balkon Istana dengan bangsawan yang bekerja seperti William, Kate dan Camilla, Ratu diperkirakan akan makan siang pribadi di Istana Buckingham bersama keluarganya. Sementara,  Pangeran William akan bergabung dengan neneknya dalam pencahayaan ganda suar Jubilee di tempat terpisah sejauh 25 mil.

Ratu secara simbolis akan menyentuh bola dunia, memicu kilatan cahaya di sepanjang Quadrangle menuju Menara Bulat Kastil Windsor. Cahaya itu akan mengarah pada penerangan suar oleh William di patung Pohon Pohon Kanopi Hijau Ratu di luar Istana Buckingham.

4 dari 4 halaman

Jutaan Orang Ikut Rayakan Platinum Jubilee

Ratu sebelumnya akan kembali ke Kastil Windsor pada Rabu malam. Di sana, dia akan menekan tombol untuk menyalakan suar Platinum Jubilee. Untuk menandai tonggak sejarah tersebut, pihak istana merilis foto baru Her Maj yang diambil di apartemen pribadinya di Kastil Windsor. Dia tampak mengenakan mantel Angela Kelly biru kehitaman dan gaun yang dihiasi dengan mutiara dan hiasan diamante.

Ratu juga menyampaikan terima kasih kepada jutaan orang yang terlibat dalam persiapan pesta jalanan dan mereka yang menunggu perayaan tersebut. "Terima kasih kepada semua orang yang telah terlibat dalam mengumpulkan komunitas, keluarga, tetangga, dan teman untuk menandai Platinum Jubilee saya, di Inggris dan di seluruh Persemakmuran," kata Ratu dalam pesan resmi yang dibagikan akun resmi Platinum Jubilee.

"Saya terus terinspirasi oleh niat baik yang ditunjukkan kepada saya, dan berharap bahwa hari-hari mendatang akan memberikan kesempatan untuk merenungkan semua yang telah dicapai selama 70 tahun terakhir, saat kami menatap masa depan dengan percaya diri dan antusias," ia melanjutkan.

Trooping the Color akan menjadi acara kerajaan pertama yang diikuti pasangan Sussex dalam dua tahun terakhir. Harry dan Meghan tidak lagi terlihat bersama keluarga Kerajaan Inggris sejak menghadiri acara kebaktian Commonwealth Day di Westminster Abbey pada Maret 2020 setelah menandatangani kesepakatan Megxit mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.