Sukses

Bertemu Vladimir Putin, Uni Afrika Sebut Jadi Korban Perang Rusia - Ukraina

Negara-negara Afrika adalah korban perang yang tidak bersalah di Ukraina dan Rusia harus membantu meringankan penderitaan mereka, kata kepala Uni Afrika kepada Vladimir Putin pada pertemuan di Rusia.

Liputan6.com, Moskow - Negara-negara Afrika adalah korban perang yang tidak bersalah di Ukraina dan Rusia harus membantu meringankan penderitaan mereka, kata kepala Uni Afrika kepada Vladimir Putin pada pertemuan di Rusia.

Setelah pembicaraan di Sochi, Macky Sall mengatakan pemimpin Rusia itu telah berjanji untuk melonggarkan ekspor sereal dan pupuk, tetapi tidak memberikan rincian.

Putin membantah Moskow mencegah pelabuhan Ukraina mengekspor biji-bijian.

Lebih dari 40% gandum yang dikonsumsi di Afrika biasanya berasal dari Rusia dan Ukraina, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (4/6/2022).

Tetapi pelabuhan Ukraina di Laut Hitam sebagian besar telah diblokir untuk ekspor sejak konflik dimulai. Kyiv dan sekutunya menyalahkan Moskow karena memblokade pelabuhan, yang telah ditambang Ukraina untuk mencegah serangan amfibi Rusia.

"Kegagalan untuk membuka pelabuhan-pelabuhan itu akan mengakibatkan kelaparan," kata koordinator krisis PBB Amin Awad di Jenewa.

Dia mengatakan kekurangan biji-bijian dapat mempengaruhi 1,4 miliar orang dan memicu migrasi massal.

Perang telah memperburuk kekurangan yang sudah ada di Afrika yang disebabkan oleh panen yang buruk dan ketidakamanan.

Harga makanan telah melonjak di seluruh benua sejak Rusia menginvasi Ukraina 100 hari yang lalu, mendorong sejumlah besar ke arah kelaparan.

Kepala Program Pangan Dunia, Mike Dunford, mengatakan lebih dari 80 juta orang sangat tidak aman pangan, sangat lapar di Afrika - naik dari sekitar 50 juta orang kali ini tahun lalu.

Chad telah menyatakan darurat pangan nasional. Sepertiga dari populasi membutuhkan bantuan makanan, menurut PBB dan pemerintah telah meminta bantuan internasional.

Mr Sall, yang merupakan presiden Senegal, mengatakan kepada Putin bahwa dia harus "sadar bahwa negara-negara kita, bahkan jika mereka jauh dari teater [aksi], adalah korban dari krisis ekonomi ini".

Dia mengatakan dia juga memohon atas nama negara-negara lain di Asia, Timur Tengah dan Amerika Latin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusia Siap Melanjutkan Ekspor Biji-Bijian Ukraina

Putin mengatakan Rusia siap menjamin ekspor biji-bijian Ukraina yang aman melalui pelabuhan di laut Azov dan Hitam yang dikendalikannya. Dia mengatakan solusi terbaik adalah mencabut sanksi terhadap Belarus, sekutu dekat Rusia, sehingga biji-bijian dapat dikirim dengan cara itu.

Beberapa analis berpendapat Kremlin berharap bahwa krisis pangan yang membayangi akan memberikan tekanan politik pada Barat dengan memprovokasi arus pengungsi baru yang besar menuju Eropa dari negara-negara rawan pangan di Timur Tengah dan Afrika.

Sebelum pertemuan hari Jumat, Putin mengatakan dia selalu berada di pihak Afrika, tetapi tidak secara eksplisit menyebutkan krisis pangan benua itu.

Seperti banyak negara Afrika, Senegal telah menghindari memihak dalam konflik dan pemimpin Senegal itu juga mengatakan pasokan makanan harus "di luar" sanksi Barat terhadap Rusia. Dia mengatakan dia telah membuat poin ini ketika dia berbicara dengan Dewan Eropa awal pekan ini.

Jumat lalu, Presiden AS Joe Biden menolak gagasan bahwa Barat memikul tanggung jawab atas kenaikan harga global.

"Ini adalah kenaikan harga Putin. Perang Putin telah menaikkan harga makanan karena Ukraina dan Rusia adalah dua keranjang roti utama dunia untuk gandum dan jagung, produk dasar untuk begitu banyak makanan di seluruh dunia," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Rusia Kuasai 20 Persen Wilayah Ukraina

Invasi militer Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-100. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, pasukan Rusia kini telah merebut 20% wilayah negaranya .

Dilansir dari laman BBC, Jumat (3/6/2022), berbicara kepada anggota parlemen di Luksemburg, dia menambahkan bahwa garis depan pertahanan Ukraina telah diperpanjang lebih dari 1.000 km.

"Semua formasi militer Rusia yang siap tempur terlibat dalam agresi ini," katanya kepada anggota parlemen melalui tautan video.

Pasukan Rusia telah mengintensifkan serangan di kota Severodonetsk di wilayah Donbas timur. Pejabat pertahanan Inggris mengatakan Rusia telah merebut sebagian besar kota dan membuat "keuntungan lokal yang stabil, dimungkinkan oleh konsentrasi artileri yang berat".

Severodonetsk adalah kota paling timur di bawah kendali Ukraina dan gubernur regional Serhiy Haidai mengatakan, Rusia berusaha menerobos pertahanan di kota itu "dari segala arah".

Namun dia mengatakan pasukan Ukraina melakukan serangan balik, "mendorong mundur musuh di beberapa jalan dan menangkap beberapa tahanan". Pertempuran sengit di jalan-jalan di kota telah menghambat evakuasi, katanya, menggambarkan upaya seperti itu "sangat berbahaya".

Dalam pidato video pada Kamis 2 Juni malam, Zelensky mengatakan situasi di Donbas tidak berubah secara signifikan hari itu, tetapi Ukraina telah mengalami "beberapa keberhasilan" dalam pertempuran di Severodonetsk.

Sekitar 15.000 warga sipil tetap terperangkap di kota, dengan banyak dari mereka berlindung di pabrik kimia besar Azot.

 

4 dari 4 halaman

Perluasan Invasi Rusia

Lebih jauh ke selatan, walikota kota Mariupol yang diduduki menuduh pasukan Rusia mengeksekusi pegawai negeri sipil yang menolak bekerja sama dengan otoritas kota baru yang didukung Moskow.

Vadym Boychenko, yang dievakuasi dari Mariupol sebelum jatuh, mengatakan puluhan warga ditahan di Penjara Olenivka dan dia telah menerima laporan tentang penduduk setempat yang disiksa oleh pasukan pendudukan.

BBC tidak dapat memverifikasi tuduhan ini.Pekan lalu, seorang penasihat Boychenko mengatakan kepada CNN bahwa setidaknya 22.000 orang telah tewas selama pengepungan dan pemboman Rusia di kota itu.

Di timur laut, penembakan Rusia menewaskan seorang wanita dan melukai seorang pria di Kharkiv, kata pejabat regional.

Dan di Ukraina barat lima warga sipil terluka dalam serangan rudal di Lviv, kata kepala regional Maksym Kozytskyi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.