Sukses

Update Pencarian Eril: Hingga Jumat Masih Belum Ada Titik Terang

Eril dikabarkan meninggal di Swiss. Keluarga Ridwan Kamil telah ikhlas.

Liputan6.com, Bern - Sudah seminggu lebih Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) terbawa arus di Sungai Aare, kota Bern, Swiss. Pencarian pemuda itu masih belum menemukan titik terang dan pihak keluarga telah mengikhlaskan kepergian Eril

"Polisi juga menerjunkan anjing pelacak sepanjang 2 KM di area Wohlensee. Hingga Jumat sore, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan," tulis keterangan KBRI Bern, Sabtu (4/6/2022).

Ayah dari Eril, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, telah melakukan shalat gaib di tepi Sungai Aare.  Menurut laporan KBRI, shalat gaib itu juga diikuti pihak kedutaan besar dan WNI yang berada di Swiss

"Pada Kamis pagi (2/6), sebelum meninggalkan Swiss, Bapak Ridwan Kamil dan keluarga ditemani KBRI dan diaspora Indonesia di Bern telah melakukan Shalat Ghaib untuk mendoakan Sdr. Eril di tepi sungai Aare. Orang tua Sdr. Eril juga telah meninggalkan marka pengingat pada lokasi terakhir Sdr. Eril terlihat. Kamis sore (3/6) Dubes RI untuk Swiss mengantarkan Ridwan Kamil berangkat untuk kembali ke Indonesia," tulis pernyataan KBRI Bern. 

KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aare pada hari Kamis (26/5) pukul 11.24 waktu setempat. Menurut penjelasan Kepolisian, Eril mengalami situasi darurat pada saat berenang. 

Tim SAR setempat telah berusaha mencari Eril dengan jalur darat, laut, dan udara. KBRI Bern berjanji akan terus mengawal pencarian Eril.

Setelah Gubernur Ridwan Kamil pulang ke Indonesia, utusan keluarga masih berada di Swiss untuk mendampingi proses pencarian.

Ungkapan dukacita kepada Ridwan Kamil dan keluarga juga terus mengalir di media sosial oleh para netizen dan para public figure.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Pamit ke Eril: Sungai Aare, Aku Titipkan Jasad Anak Kami Kepadamu

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mengunggah suasana kedukaan yang menyentuh hati. Hal itu ia sampaikan di akun media sosial Instagram pribadinya, @ridwankamil pada Jumat (3/6/2022). 

Unggahan kali ini masih terkait dengan pencarian putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang diikhlaskan meninggal syahid akhirat di Sungai Aare, Swiss, sepekan lalu.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengabarkan keikhlasan keluarga atas hilangnya Eril di Sungai Aare di Kota Bern.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun. Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta Ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tulis Emil.

Gubernur Jabar itu juga mengabarkan jika ia beserta istri Atalia Praratya dan putrinya Camillia Laetitia Azzahra sudah berada di Kota Bandung. Ada beberapa kegiatan keluarga yang akan dilaksanakan untuk mendoakan Eril.

"Kami sekeluarga sudah kembali ke Tanah Air dan akan melaksanakan doa bersama bada zuhur dan bada asar, besok Sabtu bagi yang berkenan di kediaman Gedung Pakuan Bandung," ujarnya.

Emil menambahkan, pencarian jasad putranya Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Eks Wali Kota Bandung itu juga menuliskan pesan mengharukan dalam unggahannya sebagai berikut.

Wahai Sungai Aare,

Sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu.

Sudah kukumandangkan adzan terbaikku di hadapanmu..

Bahagiakan dia dalam keindahanmu.

Selimuti dia dalam kehangatanmu.

Lindungi dia dalam kemegahanmu.

Sucikan dia dalam kejernihanmu.

Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu.

Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik sejatinya, Allah SWT.

Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

3 dari 4 halaman

Ridwan Kamil dan Istri Tiba di Bandung, Keluarga: Mohon Privasi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan istri, Atalia Praratya, serta anak perempuannya, Cammilia Laetitia Azzahra sudah tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (4/6/2022).

Proses pencarian terhadap Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Ridwan Kamil, masih terus berlangsung. Pihak keluarga sendiri sejatinya sudah mengikhlaskan dan menyatakan bahwa Eril telah meninggal dunia.

 Untuk itu, Ridwan Kamil dan sang istri yaitu Atalia Praratya, memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Kendati demikian, proses pencarian terhadap Eril masih akan terus berlanjut.

Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dan anak perempuannya, Cammilia Laetitia Azzahra tiba di Gedung Pakuan, Rumah Dinas Gubernur Jabar pada pukul 18.35 WIB.

Keterangan disampaikan kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman. Erwin menerangkan, adik kandungnya itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.30 WIB. Kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Kota Bandung.

"Terima kasih atas kehadiran, atas kesediaannya menunggu. Alhamdulillah, Kang Emil, Teh Lia, Zara, sudah berada di Tanah Air, tadi mendarat sekitar setengah empat dan langsung ke sini. Alhamdulillah sudah tiba kembali di Pakuan," ujar Erwin.

Lebih lanjut Erwin mengatakan, adik kandungnya itu kini sudah berkumpul dengan keluarga inti di Gedung Pakuan. Pihaknya pun meminta agar keluarga Ridwan Kamil diberi waktu untuk memberikan pernyataan kepada publik.

"Kami mohon maaf untuk sementara waktu, kami mohon diberikan ruang waktu dan privasi buat Kang Emil dan Teh Lia untuk penguatan bersama keluarga inti. Pada waktunya, Insya Allah Kang Emil bisa beraktivitas kembali, tapi untuk sementara ini kami mohon ruang waktu dan ruang privasi," ungkapnya.

Masa izin Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan berakhir pada 4 Juni 2022. Ia akan kembali bekerja pada hari Senin (6/6/2022) mendatang.

4 dari 4 halaman

Karangan Bunga Duka Berjejer di Depan Rumah Dinas Ridwan Kamil

Ratusan karangan bunga ucapan belasungkawa berjajar di depan Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Pakuan, Jalan Pasirkalimi, Jumat (3/6). Hal itu menyiratkan warga Bandung tengah berduka atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, karangan bunga terlihat dari tokoh, perusahaan multinasional, hingga warga biasa mengirimkan karangan bunga sebagai ungkapan belasungkawa.

Petugas keamanan Gedung Pakuan Nedi Efendi mengatakan, karangan bunga tersebut mulai berdatangan sekitar pukul 15.00 WIB.

"Tadi mulai datang jam 1-an, sehabis hujan. Nanti akan dipajang keliling, kalau dimasukin kan takutnya mengganggu kebersihan," ucapnya.

Perlu diketahui, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz dinyatakan wafat karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss, pada Jumat kemarin.

Setelah tujuh hari pencarian Eril di Sungai Aare, dijadwalkan pada hari ini Ridwan Kamil sekeluarga kembali ke Indonesia. Ia akan kembali bekerja pada hari Senin (6/6/2022) pekan depan. 

"Beliau akan beraktivitas dalam pekerjaan mulai hari Senin seperti biasa," ucap Wahyu di Gedung Pakuan.

Adapun rombongan keluarga Gubernur diperkirakan tiba dalam waktu dekat di Tanah Air. Setelah itu, Ridwan Kamil dan istri akan memulai aktivitas dengan pengajian keluarga pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Juni. 

"Insya Allah, pak gubernur dan keluarga segera tiba di Bandung untuk kemudian Sabtu dan Minggu akan ada pengajian keluarga," kata Wahyu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.