Sukses

Rusia Kuasai 20 Persen Wilayah Ukraina, Pasukan Volodymyr Zelensky Lakukan Serangan Balik

Rusia dilaporkan sudah menguasai 20 persen wilayah Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Invasi militer Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-100. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, pasukan Rusia kini telah merebut 20% wilayah negaranya .

Dilansir dari laman BBC, Jumat (3/6/2022), berbicara kepada anggota parlemen di Luksemburg, dia menambahkan bahwa garis depan pertahanan Ukraina telah diperpanjang lebih dari 1.000 km.

"Semua formasi militer Rusia yang siap tempur terlibat dalam agresi ini," katanya kepada anggota parlemen melalui tautan video.

Pasukan Rusia telah mengintensifkan serangan di kota Severodonetsk di wilayah Donbas timur. Pejabat pertahanan Inggris mengatakan Rusia telah merebut sebagian besar kota dan membuat "keuntungan lokal yang stabil, dimungkinkan oleh konsentrasi artileri yang berat".

Severodonetsk adalah kota paling timur di bawah kendali Ukraina dan gubernur regional Serhiy Haidai mengatakan, Rusia berusaha menerobos pertahanan di kota itu "dari segala arah". 

Namun dia mengatakan pasukan Ukraina melakukan serangan balik, "mendorong mundur musuh di beberapa jalan dan menangkap beberapa tahanan". Pertempuran sengit di jalan-jalan di kota telah menghambat evakuasi, katanya, menggambarkan upaya seperti itu "sangat berbahaya".

Dalam pidato video pada Kamis 2 Juni malam, Zelensky mengatakan situasi di Donbas tidak berubah secara signifikan hari itu, tetapi Ukraina telah mengalami "beberapa keberhasilan" dalam pertempuran di Severodonetsk.

Sekitar 15.000 warga sipil tetap terperangkap di kota, dengan banyak dari mereka berlindung di pabrik kimia besar Azot.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perluasan Invasi Rusia

Lebih jauh ke selatan, walikota kota Mariupol yang diduduki menuduh pasukan Rusia mengeksekusi pegawai negeri sipil yang menolak bekerja sama dengan otoritas kota baru yang didukung Moskow. 

Vadym Boychenko, yang dievakuasi dari Mariupol sebelum jatuh, mengatakan puluhan warga ditahan di Penjara Olenivka dan dia telah menerima laporan tentang penduduk setempat yang disiksa oleh pasukan pendudukan. 

BBC tidak dapat memverifikasi tuduhan ini.Pekan lalu, seorang penasihat Boychenko mengatakan kepada CNN bahwa setidaknya 22.000 orang telah tewas selama pengepungan dan pemboman Rusia di kota itu.

Di timur laut, penembakan Rusia menewaskan seorang wanita dan melukai seorang pria di Kharkiv, kata pejabat regional.

Dan di Ukraina barat lima warga sipil terluka dalam serangan rudal di Lviv, kata kepala regional Maksym Kozytskyi. 

3 dari 4 halaman

Sanksi Terhadap Rusia

Para pemimpin Barat juga meningkatkan sanksi terhadap sekutu utama Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pejabat Departemen Keuangan AS meluncurkan sanksi baru pada hari Kamis, dengan target termasuk beberapa kapal pesiar yang diduga terkait dengan Putin dan pemain cello yang diduga bertindak sebagai perantara bagi pemimpin Rusia. 

Para pejabat AS akan berusaha untuk menyita dua kapal, Graceful berbendera Rusia dan Olympia berbendera pulau Cayman, yang diidentifikasi sebagai aset pribadi Putin.

Pemain cello, Sergei Roldugin, diduga sebagai penjaga kekayaan luar negeri presiden Rusia.

Lima oligarki yang memiliki hubungan dengan Putin serta juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova juga akan membekukan aset AS dan dilarang berbisnis dengan perusahaan yang berbasis di AS. 

Para diplomat UE dikatakan telah menyelesaikan paket sanksi keenam terhadap Moskow.

Sanksi, yang mencakup larangan terbatas pada impor minyak Rusia, dilaporkan disetujui setelah para pejabat menerima permintaan Hongaria untuk menghapus Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, dari daftar sasaran.

4 dari 4 halaman

Rumor Laboratorium Biologis

Media pemerintah Rusia mendadak mengabarkan berita terkait laboratorium biologis di Jakarta. Di tengah invasi ke Ukraina, Rusia mengaku menginvestigasi laboratorium-laboratorium milik AS.

Basis pemberitaan media Rusia tersebut adalah laporan media nasional tentang misi kemanusiaan Pacific Partnership 2016 di kota Padang. Pada misi sosial tersebut, AS memberikan operasi ringan kepada masyarakat.

Media pemerintah Sputnik lantas mengaitkan hal tersebut ke laboratorium biologis NAMRU-2 milik Angkatan Laut AS yang ada di Jakarta pada 1970-2009.

"US Naval Medical Research Unit (NAMRU) memiliki akarnya di Guam di bawah Rockefeller Foundation. Unit itu didirikan pada 1955, sementara detasemen NAMRU-2 di Jakarta dibuka di 1970 untuk 'mempelajari penyakit-penyakit menular yang memiliki potensi militer signifikan di Asia,'" tulis Sputnik, Kamis (2/6/2022).

Pihak Sputnik kemudian mengutip ucapan Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari yang berkata selama 40 tahun hasil penelitian NAMRU di Jakarta tidak signifikan.

Pada Mei 2022, Kementerian Luar Negeri AS baru saja merilis laporan terkait taktik disinformasi Rusia terkait laboratorium biologis. Topik ini disebut digunakan pihak Kremlin (Rusia) sebagai justifikasi untuk invasi ke Ukraina. 

"Dugaan-dugaan tak berdasar dan telah disangkal yang disebar oleh Kremlin bahwa Amerika Serikat dan Ukraina menggelar aktivitas-aktivitas senjata kimia dan biologis merupakan taktik disinformasi yang rapih dari Rusia," tulis laporan berjudul The Kremlin's Chemical Weapons Disinformation Campaigns.

"Kremlin memiliki catatan panjang untuk menuduh pihak-pihak lain atas pelanggaran yang mereka lakukan. Amerika Serikat tidak memiliki atau mengoperasikan laboratorium-laboratorium di Ukraina dan mematuhi secara penuh tanggung jawab-tanggung jawab di bawah Konvensi Senjata Kimia (CWC) dan Konvensi Senjata Biologis (BWC)," tulis pihak AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini