Sukses

Hal Aneh di Sidang Johnny Depp: Amber Heard BAB di Kasur hingga Luka yang Hilang

Amber Heard menuduh bahwa anjing BAB di kasur, namun pegawainya berkata justru Amber sendiri yang BAB. Hal itu menjadi salah satu hal aneh di sidang pencemaran nama baik Johnny Depp.

Liputan6.com, Fairfax - Persidangan kasus pencemaran nama baik antara Johnny Depp dan Amber Heard telah berakhir dengan kemenangan Johnny Depp. Aktris film Aquaman itu terbukti menyampaikan berita bohong dalam artikel The Washington Post terkait kekerasan dalam hubungan.

Pada Rabu 1 Juni waktu setempat, para juri di pengadilan negara bagian Virginia memutuskan bahwa Amber Heard memiliki niat jahat untuk mencemarkan nama baik. 

Ada hal-hal aneh selama persidangan berlangsung. Amber Heard dituding buang air besar (BAB) di kasur. Amber Heard berkata bahwa yang BAB itu bukan ulahnya, melainkan ulah anjing mereka yang punya masalah pencernaan akibat mengkonsumsi ganja.

"(Anjing) itu memakan ganja milik Johnny ketika masih kecil dan memiliki masalah pencernaan seumur hidupnya," ujar Amber Heard dalam persidangan. 

"Apa ya yang salah dengan anjing ini. Tak pernah melihat anjing yang seperti ini," kata Amber.

Wanita itu juga terus menyanggah melakukan BAB dan berkata hal seperti itu tidak lucu. 

Namun, sopir dari Amber Heard ikut bersaksi di sidang tersebut. Ia menyebut bahwa memang Amber Heard yang BAB di kasur. Sang sopir mendengar ucapan itu dari Amber sendiri ketika mereka menuju festival musik Coachella. 

"Kita memiliki percakapan terkait kejutan yang ia tinggalkan di kasurnya bos (Depp)," ujar sopir bernama Starling Jenkins. 

Ketika ditanya apa maksud dari kejutan itu, Jenkins menyebut defekasi. Sopir itu juga menyampaikan bahwa Amber Heard melakukan itu sebagai sebuah lelucon. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luka yang Hilang

Hal lain yang diungkit pengacara Johnny Depp adalah luka yang sempat hilang di wajah Amber Heard. Wanita itu mengaku lukanya hilang karena make up. 

Pada salah satu pemeriksaan silang, pengacara Johnny Depp, Camille Vasquez menampilkan foto Amber Heard ketika melaporkan Johnny Depp dengan luka di pipi kanan pada 2016. 

Sehari sesudahnya, Vasquez menampilkan foto Amber Heard sedang berjalan-jalan bersama sahabatnya. Amber Heard awalnya mengaku tidak tahu kapan foto itu diambil, namun Vasquez menampilkan artikel di media bahwa foto itu diambil sehari setelah Amber tampil dengan luka. 

Ada lagi foto ketika Amber Heard mengaku luka-luka di wajah, namun ada foto lain yang menampilkan wajah Amber yang tampak bersih tanpa luka ketika menghadiri suatu acara. Foto tersebut diambil sehari usai Amber mengaku diserang. 

"Hidup anda tidak tampak terluka di foto ini, benarkan Ms. Heard?" tanya Vasquez. 

"Saya memakai make up," jawab Amber. 

"Dan make up bisa menutupi bengkak?" balas Vasquez. 

Amber Heard kembali membalas bahwa "es bisa menutup bengkak." 

Vasquez pun mendebat lagi argumen Heard. 

"Es bisa menutupi bengkak?"

"Es bisa mengurangi pembengkakan. Biasanya setelah luka seperti itu tidak seburuk yang kau bayangkan. Dan untuk saya itu tidak terlalu parah," kata Amber Heard.

3 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih Johnny Depp

Tuduhan pencemaran nama baik itu berasal dari mantan pasangannya, Amber Heard (36). Usai dinyatakan menang di pengadilan, Johnny Depp lantas berterima kasih pada fans di seluruh dunia atas dukungannya.

"Sejak awal sekali, tujuan membawa kasus ini adalah untuk mengungkap kebenaran, tak peduli bagaimana dampaknya. Berbicara kebenaran adalah utang saya kepada anak-anak saya dan kepada mereka semua yang masih tegas mendukung saya. Saya merasa damai saat mengetahui bahwa saya akhirnya meraih hal tersebut," ujar Johnny Depp dalam pernyataan di Instagram, Kamis (2/6/2022).

"Saya selalu dibanjiri oleh cinta yang deras dan dukungan besar dan kebaikan dari seluruh dunia. Saya harap perjuanganku untuk mendapatkan kebenaran akan menolong orang-orang lain, laki-laki atau perempuan, yang mendapati dirinya di situasi saya, dan mereka yang mendukung mereka agar tidak pernah menyerah," lanjut Depp.

Ia juga mengingatkan terhadap prinsip asas praduga tak bersalah kepada pengadilan dan media massa.

Pada penutup suratnya, Johnny Depp juga menulis frasa veritas numquat perit yang berarti kebenaran tidak akan pernah lenyap. 

Selama pengadilan berlangsung, pengacara Johnny Depp berhasil menampilkan berbagai foto, argumen, dan kronologi yang membantah tuduhan Amber Heard terkait penganiyaan.

4 dari 4 halaman

Amber Heard Mengaku Kecewa

Aktris Amber Heard mengaku kecewa. Ia menyatakan kasus ini adalah sebuah kemunduran. 

"Kekecewaan hari ini tak bisa diungkap kata-kata. Saya patah hati bahwa segunung bukti masih tidak cukup untuk berdiri kepada kekuatan besar, pengaruh, dan pesona mantan suami saya," tulis Amber Heard via Instagram.

Amber berkata kasus ini bisa berdampak negatif kepada perempuan-perempuan lain yang angkat suara.

"Saya lebih kecewa terhadap apa makna keputusan ini bagi para perempuan lain. Ini adalah sebuah kemunduran. Ini memundurkan waktu ketika seorang perempuan yang angkat bicara dan angkat suara bisa secara terbuka dipermalukan dan dipermalukan. Itu memundurkan ide bahwa kekerasan terhadap wanita supaya diambil secara serius," kata Amber.

Lebih lanjut, Amber berkata para kuasa hukum Johnny Depp berhasil mengalihkan perhatian para juri terhadap isu "Kebebasan Berbicara" dan mengabaikan bukti konklusif dari pengadilan mereka sebelumnya yang dimenangkan Heard di Inggris.

Amber pun menyayangkan bahwa ia kehilangan haknya untuk berbicara sebagai orang Amerika.

Selama berargumen di pengadilan, Amber Heard dituduh mengarang cerita penganiayaan kepada Johnny Depp. Namun, pengacara Johnny Depp berhasil mengungkap kronologi dan foto-foto yang menyanggah tuduhan Amber Heard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.