Sukses

AS Setuju Kirim Roket Canggih Untuk Ukraina Lawan Rusia di Donbas

AS sempat menolak permintaan tersebut karena khawatir senjata itu dapat digunakan untuk menyerang sasaran di Rusia.

Liputan6.com, Washington D.C - Amerika Serikat akan mengirim Ukraina sistem roket yang lebih canggih untuk membantu mempertahankan diri, kata Presiden Joe Biden.

Senjata, yang sudah lama diminta oleh Ukraina ini digunakan untuk membantunya menyerang pasukan musuh dengan lebih tepat dari jarak yang lebih jauh.

AS sempat menolak permintaan tersebut karena khawatir senjata itu dapat digunakan untuk menyerang sasaran di Rusia, demikian dikutip dari laman BBC, Rabu (1/6/2022).

Tetapi pada Rabu (1/6) Biden mengatakan bantuan mematikan itu akan memperkuat posisi negosiasi Kiev melawan Rusia dan membuat solusi diplomatik lebih mungkin.

Menulis di New York Times, dia berkata: "Itulah sebabnya saya memutuskan bahwa kami akan memberi Ukraina sistem roket dan amunisi yang lebih canggih yang akan memungkinkan mereka untuk lebih tepat menyerang sasaran utama di medan perang di Ukraina."

Persenjataan baru akan mencakup Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 (HIMARS), kata seorang pejabat senior Gedung Putih -- meskipun dia tidak merinci berapa banyak dari mereka yang akan dipasok.

Sistem tersebut dapat meluncurkan beberapa rudal berpemandu presisi pada target sejauh 70km (45 mil) jauhnya.

Ini akan lebih jauh dari artileri yang dimiliki Ukraina saat ini. Senjata ini juga diyakini lebih akurat daripada milik Rusia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan AS

Bulan lalu, panglima militer Ukraina mengatakan bahwa mendapatkan unit HIMARS akan menjadi "penting" untuk melawan serangan rudal Rusia.

AS mengharapkan Ukraina menggunakan senjata ini di wilayah Donbas timur, di mana pertempuran paling intens, dan di mana mereka dapat digunakan untuk menyerang unit artileri Rusia dan pasukan yang menargetkan kota-kota Ukraina.

Pejabat Gedung Putih setuju untuk memberikan roket, kata mereka, hanya setelah mendapat jaminan dari Presiden Volodomyr Zelensky bahwa senjata itu tidak akan digunakan untuk menyerang sasaran di dalam Rusia.

"Kami tidak akan mengirim sistem roket ke Ukraina yang dapat menyerang Rusia," tulis Biden pada Rabu.

Roket terbaru akan menjadi inti dari paket dukungan US$ 700 juta untuk Ukraina, kata pejabat Gedung Putih.

Helikopter, senjata anti-tank, kendaraan taktis, dan suku cadang akan dimasukkan dalam paket bantuan militer ke-11 yang disetujui AS untuk Ukraina sejak invasi dimulai pada Februari.

 

 

3 dari 4 halaman

Wujudkan Ukraina yang Demokratis

Dalam artikel Rabu (1/6), Joe Biden menulis bahwa tujuan AS hanyalah untuk melihat Ukraina yang "demokratis, independen, berdaulat", bukan untuk menggulingkan Putin dari perannya sebagai presiden Rusia atau untuk mencari konflik yang lebih luas dengan Moskow.

Dia menyalahkan agresi Rusia yang berkelanjutan atas terhentinya upaya perdamaian, menambahkan bahwa AS tidak akan pernah menekan Ukraina untuk mengakui wilayahnya sebagai imbalan untuk mengakhiri konflik.

Secara langsung menangani risiko senjata nuklir yang digunakan di Ukraina, Biden mengatakan "saat ini kami tidak melihat indikasi" bahwa ini adalah niat Rusia - tetapi memperingatkan bahwa hal itu tidak dapat diterima dan membawa "konsekuensi berat".

Segera setelah tulisan Biden diterbitkan, pejabat militer Rusia mengumumkan bahwa pasukan nuklir negara itu mengadakan latihan di provinsi Ivanovo dekat Moskow, kata kantor berita Interfax melaporkan.

 

4 dari 4 halaman

Tuduhan ke Barat

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduh Barat "memompa nasionalis Ukraina dengan senjata" dan mengatakan bahwa setiap muatan senjata yang menuju Ukraina akan menjadi target yang sah bagi Moskow.

Kementerian mengatakan bahwa negara-negara NATO "bermain api" dengan mengirimkan senjata ke Ukraina.

Sementara itu di Ukraina, pertempuran berlanjut di wilayah Donbas timur.

Pada Selasa (1/6) gubernur Luhansk mengatakan bahwa salah satu pertikaian terakhir Ukraina di wilayah itu - kota timur Severodonetsk - sekarang sebagian besar berada di bawah kendali Moskow.

Pasukan Rusia sekarang menduduki hampir seluruh Luhansk dan berfokus untuk merebut Donetsk yang bertetangga, dua wilayah yang secara kolektif membentuk Donbas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.