Sukses

Temui Joe Biden, BTS Pidato dalam Konferensi Pers di Gedung Putih

BTS telah muncul di depan publik dalam penampilan pertamanya di Gedung Putih.

Liputan6.com, Washington D.C - Boy band Korea Selatan BTS bertemu dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih pada Selasa (31 Mei) untuk membahas kejahatan rasial yang menargetkan orang Asia.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (1/6/2022), bintang K-pop membuat pernyataan singkat kepada wartawan sebelum pertemuan, menyerukan penghentian kejahatan yang menargetkan orang Asia-Amerika.

"Kami hancur oleh gelombang kejahatan kebencian baru-baru ini, termasuk kejahatan kebencian Asia-Amerika," kata salah satu anggota, Park Ji-min, lebih dikenal sebagai Jimin, melalui seorang penerjemah. 

"Untuk menghentikan ini dan mendukung tujuan ini, kami ingin mengambil kesempatan ini untuk menyuarakan diri kami sekali lagi."

Anggota lain, Suga, menyerukan toleransi, dengan mengatakan, "Tidak salah menjadi berbeda. Saya pikir kesetaraan dimulai ketika kita terbuka dan merangkul semua perbedaan kita."

Pertemuan itu terjadi ketika bulan Asia-Amerika dan Penduduk Asli Hawaii/Kepulauan Pasifik di bulan Mei hampir berakhir menyusul peningkatan tajam dalam kejahatan rasial terhadap komunitas pada tahun lalu.

Serangan terhadap orang-orang keturunan Asia telah meningkat karena beberapa politisi dan pakar mendorong orang Amerika untuk menyalahkan China atas COVID-19.

Anggota kelompok tidak menerima pertanyaan dari wartawan sebelum melakukan pertemuan dengan Biden dan, menurut Gedung Putih, merekam "konten digital".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Army

Di luar halaman mansion di sisi lain pagar hitam yang tinggi, para penggemar yang menyebut diri mereka "Army" berkumpul dengan harapan bisa melihat sekilas.

Penampilan singkat di hadapan para jurnalis itu sendiri dilaporkan mengumpulkan lebih dari 300.000 pemirsa di saluran YouTube Gedung Putih, lebih dari 10 kali jumlah penonton yang muncul pada acara di ruang pengarahan.

Itu tentu saja sesuatu yang baru bagi penasihat kebijakan ekonomi Brian Deese, yang telah dijadwalkan untuk memberi penjelasan singkat kepada wartawan tentang perjuangan Biden melawan inflasi AS tepat setelah kelompok itu pergi.

"Saya harus pulang dan memberi tahu anak-anak saya bahwa BTS terbuka untuk saya," katanya sambil tertawa.

3 dari 4 halaman

Ajakan Joe Biden

Biden mengeluarkan undangan untuk "membahas perlunya bersatu dalam solidaritas, inklusi dan representasi Asia, dan menangani kejahatan kebencian dan diskriminasi anti-Asia, yang telah menjadi masalah yang lebih menonjol dalam beberapa tahun terakhir," kata Gedung Putih.

Sentimen dan kekerasan anti-Asia di Amerika telah tumbuh selama pandemi virus corona dalam sebuah fenomena yang banyak disalahkan sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

Pendahulu Biden dari Partai Republik Donald Trump sering menyalahkan pandemi, yang berasal dari wabah di Wuhan, China, sebagai "virus China" dan juga mengejek virus mematikan itu sebagai "kung flu".

Tepat pada tahun 2021, kejahatan rasial terhadap orang Asia melonjak 339 persen, menurut Pusat Studi Kebencian dan Ekstremisme.

Tren menonjol dalam peningkatan umum dalam kejahatan kekerasan, dengan insiden paling jelek terjadi di daerah Atlanta, di mana seorang pria menembak mati delapan orang di tempat pijat, enam di antaranya wanita Asia.

Gedung Putih memuji bintang-bintang BTS yang berambut floppy dan bergaya sebagai "duta muda yang menyebarkan pesan harapan dan kepositifan ke seluruh dunia."

4 dari 4 halaman

Citra BTS

BTS dikenal karena menggunakan lirik dan kampanye sosial mereka yang bertujuan untuk memberdayakan anak-anak sejak debut mereka pada tahun 2013. Basis penggemar mereka meluas ke demografi yang lebih tua, mengikat pengaruh pengeluaran mereka ke generasi yang paham internet yang memanfaatkan kekuatan media sosial.

Pada Juni 2020, penggemar BTS mengumpulkan sekitar US$1 juta dalam satu hari dalam kampanye online #MatchAMillion untuk tujuan keadilan sosial AS, sesuai dengan donasi band untuk Black Lives Matter.

Anggotanya yang semuanya berusia 20-an telah memberikan suara di seluruh dunia kepada generasi yang nyaman dengan fluiditas gender.

Mereka dikreditkan dengan menghasilkan miliaran untuk ekonomi Korea Selatan, dan label mereka menikmati lonjakan keuntungan meskipun mengadakan lebih sedikit konser selama pandemi.

Manajemen grup Big Hit Music mengatakan merasa terhormat diundang ke Gedung Putih.

"Saat kami berkunjung sebagai artis yang mewakili Korea Selatan, kami berharap dapat mendiskusikan berbagai topik termasuk inklusi, keragaman, kejahatan kebencian anti-Asia, budaya dan seni," kata Big Hit Music.

Biden, yang pada usia 79 tahun adalah orang tertua yang menjadi presiden, sering menghubungi selebritas muda dan influencer media sosial untuk mencoba dan menyuntikkan pesona ke dalam pesan timnya tentang masalah sosial dan kesehatan.

Ini termasuk penyanyi pop Olivia Rodrigo dan Jonas Brothers dalam kampanye untuk membujuk anak muda Amerika agar mendapatkan vaksin COVID-19 mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.