Sukses

Wajib Tahu, 7 Trik Ini Bisa Bantu Naikin Mood Secara Instan

Trik untuk memperbaiki mood.

Liputan6.com, Jakarta - Mood seseorang bisa berubah kapan saja, tergantung dengan apa yang dialami dan dirasakan.

Tidak ada tombol yang dapat Anda tekan dan langsung merasa senang.

Namun, sains telah berkembang jauh dan telah menunjukkan beberapa hal mengejutkan dan bahkan aneh yang dapat digunakan untuk meningkatkan suasana hati Anda secara instan. 

Dilansir dari laman Bright Side, Rabu (1/5/2022), berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki mood:

1. Letakkan Es Batu di Leher

Menempatkan es batu pada titik yang tepat di leher Anda adalah teknik Tiongkok kuno yang disebut Feng Fu. Hal ini diyakini untuk membantu dengan sejumlah masalah termasuk sakit kepala, kurang tidur, selulit, dan perbaikan suasana hati. Literatur sains terutama menempatkan kekuatan penyembuhannya untuk masalah lokal.

2. Hirup Aroma Rumput Segar

Aroma rumput segar terbukti bekerja dengan sangat baik dalam hal meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Bahkan ada upaya untuk membuat semprotan yang menangkap aroma ini.

3. Lakukan Senam Lidah

Jika Anda ingin memotong dialog internal negatif untuk sesaat, coba santaikan lidah Anda di mulut untuk sementara waktu. Psikiater setuju bahwa cara ini dapat memotong pikiran negatif yang mengalir di kepala Anda dan dapat membantu Anda menjernihkan pikiran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Berdiri dengan Tegak

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki postur tegak dapat membuat Anda merasa lebih waspada dan antusias, merasa kurang takut, dan memiliki harga diri yang lebih tinggi. Ini bahkan dapat membantu Anda merasa lebih bertekad saat menghadapi masalah.

5. Makan Sedikit Garam

Bagi orang yang menderita gelombang kecemasan berat, tampaknya hanya dengan sedikit garam di lidah mereka dapat sangat membantu situasi. Ini melibatkan indra Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari fokus pada hal yang membuat Anda panik. Namun, beberapa orang mungkin mengalami sesak napas karena produksi asam yang dirangsang oleh garam, jadi waspadalah.

6. Bermain Tanah

Jika Anda ingin memperbaiki suasana hati, terkadang Anda harus mengotori tangan Anda... secara harfiah. Para peneliti dari Inggris menemukan bahwa bakteri “ramah” yang biasa ditemukan di tanah mendorong sel-sel otak untuk memproduksi zat kimia serotonin, yang memiliki efek serupa dengan antidepresan. Jangan lupa cuci tangan setelahnya.

7. Makan Cokelat

Cokelat khususnya tampaknya memiliki beberapa kemampuan meningkatkan suasana hati yang sangat ampuh. Antioksidan dalam cokelat ( resveratrol) menghasilkan ramuan endorfin dan serotonin - bahan kimia yang membuat Anda bahagia dan puas.

3 dari 4 halaman

Berlari Bantu Naikin Mood

Berolahraga secara teratur telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan ini menjadi alasan mengapa setiap individu disarankan untuk memasukkannya ke dalam rutinitas harian.

Tapi tahukah Anda bahwa dengan merawat tubuhmu, Anda juga merawat pikiranmu? Saat Anda terus mendorong dirimu lebih keras dan lebih cepat untuk berlari, tubuhmu mulai memproduksi endofrin.

 Hormon-hormon ini bertindak sebagai stimulan dalam tubuh, menyebabkan apa yang disebut banyak orang sebagai “alami tinggi.”

Berikut beberapa manfaat bagaimana lari bisa meningkatkan mood Anda, seperti melansir dari Pinkvilla:

1. Meningkatkan manajemen stres

Ini memperlambat pelepasan hormon stres seperti kortisol, yang bisa membantumu menghindari lonjakan besar stres dan kecemasan. 

Berlari melatih Anda untuk menghadapi stres dan tantangan sehari-hari tanpa panik. Anda akan merasa kurang stres saat Anda berhenti berpikir berlebihan.

Hal ini disebabkan fakta bahwa berlari bisa segera mengurangi aktivitas di korteks frontal. Akibatnya, berlari adalah cara paling sederhana dan paling sehat untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari.

4 dari 4 halaman

2. Meningkatkan produktivitas

Peningkatan produktivitas terlihat dalam beberapa minggu setelah memulai program latihan. Latihan meningkatkan energimu, memerangi stres, memerangi kelelahan dan meningkatkan kesejahteraanmu secara keseluruhan. 

Ketika Anda bahagia dan berenergi, Anda lebih efisien dan efektif di semua aspek kehidupanmu. Jauh lebih mudah untuk fokus pada apa yang Anda lakukan.

Ini akan meningkatkan produktivitasmu dan memungkinkanmu mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika Anda berlari secara teratur, Anda akan melihat bahwa Anda membuat kemajuan. Beberapa pelari menemukan bahwa ketika mereka secara konsisten memenuhi tujuan kecepatan atau jarak tempuh mereka, atau mengalahkan rekor pribadi, harga diri mereka meningkat. 

Selain itu, tampilan kencang yang berasal dari berlari meningkatkan tingkat kepercayaan dirimu. Jadi, jika Anda seorang dewasa dengan harga diri rendah, larilah dan lihat kepercayaan dirimu melambung tinggi.

4. Mencegah penurunan kognitif

Berlari mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab untuk fungsi eksekutif seperti kontrol perhatian, memori kerja, dan fleksibilitas kognitif. 

Ini akan membantumu tetap fokus pada tujuanmu. Menjaga kebugaran fisik bisa membantu menjaga aliran darah normal ke jaringan otak, mengurangi risiko kerusakan atau kemunduran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini