Sukses

Imbas Sanksi Perang, Sejumlah Destinasi Wisata Tak Bakal Terima Turis Rusia

Sejumlah destinasi wisata tidak akan kedatangan turis Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Tujuan wisata utama Eropa ditetapkan untuk musim panas sebagian besar tanpa pengunjung Rusia di tengah sanksi atas perang di Ukraina dan tindakan yang diambil oleh Moskow.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berusaha untuk menghukum negara-negara yang telah menjatuhkan sanksi terhadap negaranya. Demikian seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Rabu (1/6/2022). 

Pada 4 April, ia menangguhkan aspek perjanjian fasilitasi visa 2006 antara Rusia dan anggota Uni Eropa yang "tidak bersahabat" yang telah menjatuhkan sanksi terhadap Rusia setelah invasinya ke Ukraina.

Keesokan harinya, Putin mengeluarkan travel advisory yang mendesak orang Rusia untuk tidak bepergian ke negara-negara Eropa yang "berbahaya". Dia menyarankan mereka pergi ke India, Turki, Sri Lanka dan negara-negara lain yang telah menolak untuk mengkritik invasi Rusia ke Ukraina atau menjatuhkan sanksi.

Namun, di Yunani, banyak pelaku bisnis perhotelan dan pemerintah tetap optimis tentang prospek pariwisata.

“Di hotel kami, orang Rusia telah digantikan oleh pelanggan terutama dari pasar Inggris,” kata Manolis Elpidis, manajer umum di Atlantica Caldera Palace di Kreta. “Musim telah dimulai dengan sangat baik. Jika terus berlanjut dengan kecepatan yang sama, dan hambatan lain tidak muncul, bisnis akan dengan mudah mencapai 80 persen dari level 2019,” katanya.

Itu target yang ditetapkan pemerintah Yunani, berdasarkan fakta bahwa pariwisata tahun lalu rebound hingga 60 persen dari level sebelum pandemi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yunani Kehilangan Pengunjung

Di Yunani, Rusia hanya menyumbang 0,8 persen dari kedatangan dan 1,1 persen dari penerimaan tahun lalu, data Bank of Greece menunjukkan .

“Yunani adalah tujuan yang sangat diminati. Di banyak negara itu adalah tujuan yang disukai,” Sofia Zaharaki, wakil menteri pariwisata, mengatakan kepada Al Jazeera. “Kami melihat bahwa ada diversifikasi kebangsaan yang berarti kami memiliki lebih banyak pariwisata yang masuk dari negara lain.”

Yunani tidak hanya melihat kedatangan yang mendekati tingkat seperti saat sebelum pandemi; Yunani juga melihat peningkatan pendapatan.

“Ada peningkatan 27 persen dalam pengeluaran rata-rata per perjalanan pada tahun 2021 dibandingkan dengan 2019. Beberapa orang mungkin tidak bepergian [pada tahun 2020] karena pandemi, dan mungkin memiliki lebih banyak uang di tabungan, jadi kita harus melihat apakah itu tren yang berkelanjutan,” kata Zaharaki.

Yunani akan menghabiskan 71 juta euro ($76,2 juta) untuk mensubsidi pariwisata domestik untuk rumah tangga berpenghasilan rendah tahun ini, 31 juta lebih banyak daripada yang dihabiskan tahun lalu. Zaharaki percaya ini akan membantu mengimbangi kerugian 115 juta euro ($ 123,4 juta) yang dihabiskan Rusia di sana pada tahun 2021.

3 dari 3 halaman

Turki Siap Berjuang

Sementara itu, Turki akan mendapat pukulan keras – terlepas dari upayanya untuk tetap netral dalam perang dan penentangannya terhadap sanksi terhadap Rusia.

Turki, tujuan utama dunia bagi turis Rusia, menerima empat juta pengunjung Rusia tahun lalu dan berharap enam juta tahun ini tetapi sekarang memperkirakan kemungkinan dua juta, dan kehilangan pendapatan pariwisata sebesar 3-4 miliar dolar. Alasannya adalah bahwa sanksi telah menumpulkan daya beli Rusia.

Pemerintah Turki telah memberikan pinjaman $300 juta untuk perusahaan perhotelan yang melayani orang Rusia. Maskapai negaranya meningkatkan penerbangan ke Moskow.

Hal ini menyebabkan beberapa kekesalan di Kyiv.

“Di satu sisi, Turki bertindak sebagai mediator dan mendukung Ukraina dengan langkah-langkah penting, dan di sisi lain, kami melihat, misalnya, menyiapkan beberapa rute wisata sekaligus, terutama untuk pariwisata Rusia,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

“Anda tidak bisa menghadapinya seperti itu, ini standar ganda.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.