Sukses

Bibir Pecah hingga Kulit Menguning, Ini 8 Pertanda Tubuh Anda Alami Masalah Kesehatan

Pertanda bahwa tubuh Anda mengalami masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh kita berbicara kepada kita dengan berbagai cara, tetapi kita tidak selalu mendengarkannya.

Bahkan, tidak hanya dapat berkomunikasi dengan kita, tetapi juga memiliki trik rahasianya sendiri.

Dalam keadaan darurat, ia bahkan bisa mulai “berbicara” kepada kita melalui berbagai perubahan: mata kita bisa tiba-tiba berubah warna, atau muncul benjolan di tempat-tempat tertentu. Yang perlu kita lakukan adalah memperhatikan dan bertindak cepat.

Dilansir dari laman Bright Side, Rabu (1/6/2022), berikut adalah sejumlah pertanda yang muncul sebagai penanda masalah kesehatan kita:

1. Kulit Menguning

Warna kulit kekuningan, sebagian besar disebabkan oleh penyakit kuning dan masalah hati, adalah penyebab kondisi ini. Kadar bilirubin yang tinggi (pigmen empedu) membuat tubuh Anda tidak mungkin membuangnya sebagai limbah. Akibatnya, kulit dan bagian putih mata menjadi kekuningan.

2. Titik Putih pada Kuku

Titik-titik putih pada kuku mungkin muncul setelah cedera kuku atau akibat menggigit kuku Anda.

Namun, jika semua ini tidak benar untuk Anda, dan Anda masih mendapatkannya, mungkin ada masalah kesehatan yang tersembunyi. Sebagian besar waktu, itu dapat disalahkan pada kekurangan seng, kalsium atau protein.

3. Bibir Pecah-Pecah

Retak atau lecet di sudut bibir muncul karena berbagai alasan. Anda mungkin mengalami dehidrasi atau terlalu banyak terkena sinar matahari. Terlebih lagi, bahkan pasta gigi atau lipstik biasa yang sering Anda gunakan bisa jadi salah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kuku Melengkung

Kuku melengkung di sekitar jari adalah tipikal orang dengan masalah paru-paru kronis . Ini juga dapat terjadi karena beberapa kondisi gastrointestinal. Jika tidak dirawat tepat waktu, kuku akan membesar dan melengkung ke bawah.

5. Sariawan

Luka yang menyakitkan di dalam mulut dapat disebabkan oleh perubahan hormonal atau stres emosional. Selain itu, itu juga dapat berjalan dalam keluarga, jadi Anda mungkin cenderung melakukannya. Kekurangan vitamin B-12 adalah penyebab lain yang mungkin membuat luka muncul.

6. Benjolan di Kelopak Mata

Jerawat kecil di kelopak mata Anda disebut bintitan. Mereka biasanya tumbuh sangat dekat dengan bulu mata dan membuat Anda sakit untuk berkedip, dan mereka juga bisa gatal. Mereka biasanya muncul di kulit jika Anda menderita diabetes atau kulit yang terlalu kering. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu mengganti kontak atau kuas makeup.

3 dari 3 halaman

7. Lingkaran di Sekitar Kornea

Jika Anda melihat lebih dekat pada kornea Anda dan melihat cincin kebiruan, abu-abu, atau putih di sekitarnya, Anda menderita arcus senilis. 

"Cincin" ini sebenarnya adalah timbunan lemak. Kadar  kolesterol yang tinggi membuatnya tampak tepat di mata Anda. Setiap orang pada akhirnya akan mendapatkannya seiring bertambahnya usia namun, jika Anda memperhatikannya saat Anda masih muda, itu adalah alasan untuk khawatir. 

8. Lidah Berwarna Cerah

Lidah merah bukan hanya tanda infeksi tetapi juga jerawat dan kekurangan vitamin. Penyebab lain yang mungkin adalah demam berdarah, yang dapat membuat lidah Anda pucat tetapi dengan bintik-bintik merah cerah. Selain itu, herpes oral juga dapat menyebabkan lidah berwarna cerah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini